Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Seru! Bermain Game Arcade di MPL Bisa Dapat Saldo Gopay

Mobile Premier League, aplikasi game yang cukup populer India dengan 25 juta pengguna, bulan ini tersedia untuk versi Indonesia. Platform game MPL ini menawarkan berbagai game arcade yang mengadu ketangkasan serta sarat nilai kompetisi, yang bisa dimainkan pengguna dari berbagai kalangan masyarakat.

Munculnya MPL meramaikan industri eSports di Indonesia yang masih didominasi game dengan genre RPG, FPS, Battle Royale, atau Multiplayer pada umumnya. Joe Wadakethalakal, CEO Mobile Premier League Indonesia, mengatakan bahwa MPL merevolusi konsep arcade tradisional yang terpaku pada tempat serta mesin arcade, dan mengemasnya menjadi platform yang mudah diakses pengguna lewat smartphone yang digenggamnya setiap saat.

“MPL hadir sebagai platform turnamen eSports untuk mencetak juara-juara baru dengan ketangkasan terbaiknya di berbagai kompetisi yang kami adakan setiap hari,” ujar Joe.

Ia pun mengakui bahwa pasar industri eSports di Indonesia sangat menarik. Mengutip riset Newzoo di 2018, Indonesia berada di peringkat 17 dunia sebagai pasar game terbesar dengan proyeksi pendapatan sebesar USD 1.084 miliar.

Menurut Joe, genre arcade yang dihadirkan MPL berpotensi menjangkau masyarakat secara lebih luas. Dimana MPL bisa menjadi pionir platform arcade yang dapat memaksimalkan industri eSports dalam negeri, mulai dari penambahan kompetisi hingga penciptaan lapangan kerja berbasis ekonomi kreatif.

Lebih dari itu, MPL akan bekerja sama dengan para pengembang game lokal untuk menambahkan lebih banyak game ke dalam platformnya.
Baca juga: Cloud Gaming Skyegrid Tambah Koleksi Game MultiPlayer Lintas Platform

Fitur Game Arcade di MPL

Hingga saat ini game MPL belum tersedia di Google Play Store. Oleh karena itu, pengguna di Indonesia bisa mengunduh MPL lewat situs resminya di https://id.mpl.live.

Related Posts
1 daripada 29

MPL menerapkan inovasi digital pada game arcade yang selalu populer dan digemari dari masa ke masa. Untuk peluncuran perdana versi Indonesia, platform MPL mengusung 5 judul game yang bisa segera dimainkan, yaitu Fruit Chop, Go-Ride, Runner no.1, Monster Truck, dan Fruit Dart.

Game yang tersedia memiliki konsep yang serupa dengan game arcade pada umumnya, sehingga pemain baru akan merasa familiar dan mudah memahaminya. MPL masih akan menambahkan lebih banyak game di kemudian hari.

MPL juga akan mengadakan turnamen untuk setiap judul game, sehingga para pemain punya kesempatan untuk menjadi juara setiap hari. Juara adalah pemain dengan skor tertinggi dalam turnamen, yang berhak mendapat sejumlah Berlian (alat tukar dalam game) sebagai hadiahnya.

Berlian ini juga digunakan untuk berpartisipasi dalam setiap turnamen. Pemain yang telah mengikuti turnamen dapat memainkan semua game sepuasnya, dan skor tertinggi selama turnamen akan menjadi penentu peringkat mereka dalam leaderboard.

Berlian MPL bisa didapatkan tanpa harus melakukan pembelian dalam game. Masing-masing pengguna mempunyai referral code unik untuk mengundang temannya menjadi user baru MPL, dan setelah proses pendaftaran selesai, si pengundang akan mendapatkan sejumlah Berlian dan Token. MPL juga menyediakan Turnamen yang bisa diikuti dengan menukar Token.

Terintegrasi GO-PAY

Hal yang paling menarik adalah, MPL memperkaya pengalaman pengguna dengan mengintegrasikan fitur GO-PAY milik Go-Jek. Berlian yang diperoleh dari permainan dalam platform MPL bisa diubah menjadi saldo GO-PAY, di mana satu Berlian setara dengan seratus rupiah dalam GO-PAY. Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk menikmati hasil jerih payahnya dalam Turnamen MPL, dan menggunakan produk, jasa, dan layanan GO-JEK serta GO-LIFE sesuai jumlah yang ditukarkan.

Mengapa GO-PAY? Karena MPL sebenarnya masih merupakan bagian dari keluarga GO-JEK. Pada akhir tahun lalu, Go-Ventures, perusahaan investasi milik Gojek melakukan investasi ke platform eSports Mobile Premier League (MPL). Nilainya mencapai $30 juta (lebih dari 431 miliar Rupiah) dan membawa valuasi MPL di kisaran $150 juta.

Sebelumnya, MPL telah mendapatkan pendanaan Seri A dari Sequoia Capital, pemodal ventura asal India yang turut berinvestasi ke Gojek. Nah, Gojek sendiri sebelumnya telah mengakuisisi empat pengembang India dan membangun kantor R&D di Bangalore. Jadi, ini seperti uangnya berputar-putar saja di situ.