ShopeePay Talk Edisi HUT RI ke-76, Bahas Pentingnya Adaptasi Bisnis Demi Raih Kesuksesan

Jakarta, Gizmologi – Adaptasi merupakan kunci dari keberhasilan maupun keberlangsungan sebuah bisnis. Bila tidak diterapkan, sebuah bisnis yang sudah cukup sukses bisa merosot turun ketika tak dapat mengikuti demand atau cara berjualan yang berubah seiring berjalannya waktu. Hal tersebut menjadi topik dalam diskusi ShopeePay Talk di bulan Agustus 2021.

Sekaligus menyambut HUT RI ke-76, ShopeePay Talk hadir sebagai platform diskusi interaktif untuk terus membahas beragam topik dan informasi yang ringan, trendy dan insightful. Dengan tema Adaptasi Lintas Generasi, Kobarkan Semangat Majukan Negeri, diundang dua pembicara dari bisnis legendaris, yaitu JNE serta pengusaha dalam bidang kuliner, Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk.

Selaras dengan tema HUT RI, ShopeePay juga hadirkan kampanye ShopeePay 17.8 Semangat UMKM Lokal, sebagai bentuk apresiasi atas perjuangan UMKM bertahan selama pandemi. Kampanye ini ditujukan agar dapat bergerak bersama masyarakat, membantu UMKM bertahan dengan mendorong transaksi pada bisnis mereka.

Baca juga: Kampanye 17.8 Semangat UMKM Lokal ShopeePay, Berikan Voucher Cashback 100%

Dibuka oleh Eka Nilam Dari selaku Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, pihaknya terus berkomitmen untuk bantu perjuangan mitra usahanya untuk terus tumbuh. “Selama 76 tahun, UMKM menjadi salah satu pendorong ekonomi Indonesia untuk terus tumbuh,” tambahnya.

Beberapa bisnis legendaris telah berhasil bertahan meski digempur berbagai macam perubahan, termasuk masa pandemi. tentunya, bukan hasil dari upaya yang mudah dan singkat. Dalam ShopeePay Talk kali ini, disampaikan sejumlah strategi bisnis yang bisa diterapkan pelaku bisnis, supaya dapat bertahan melintasi generasi.

Memahami Konsumen Lewat Riset Pasar

ShopeePay Talk HUT RI

Sebelum menawarkan produk atau jasa sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan, sebuah bisnis harus melakukan riset pasar secara komprehensif dan melakukan penyesuaian berdasarkan hasil riset. Sebuah teknik yang dilakukan oleh Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk secara rutin.

Dimas Setyo Jatmiko selaku Business Development Manager dari usaha kuliner kenamaan tersebut memaparkan tahap yang mereka lakukan, salah satunya ketika pandemi datang. Seperti menerima metode pembayaran digital layaknya ShopeePay, berkat hasil riset yang menyatakan bila pelanggannya lebih memilih metode pembayaran praktis dan aman.

“Pelanggan juga tertarik untuk menggunakan metode pembayaran digital karena beragam promo menarik yang ditawarkan. Kami pun melihad adanya peningkatan penjualan yang signifikan sejak kami mulai menerima pembayaran digital,” jelas Dimas.

Lakukan Inovasi Sesuai Kebutuhan Pasar

Supaya bisnis bisa bertahan seiring perubahan zaman, produk dan layanan yang ditawarkan harus dapat menjawab permasalahan hidup para pelanggan. Dengan tagline “Connecting Happiness”, JNE hadir sebagai solusi pengiriman dan pendistribusian barang ke berbagai penjuru di Indonesia.

Sejak didirikan pada tahun 1990, JNE terus optimalkan penggunaan teknologi demi meningkatkan efisiensi. Tak hanya secara internal, namun juga bagi pelanggan. Kini mereka dapat dengan mudah melacak paket yang mereka kirimkan melalui website dan aplikasi MyJNE.

JNE pun juga telah beradaptasi sekaligus memudahkan proses pembayaran layanan pengirimannya. Pelanggan kini dapat lakukan pembayaran secara digital, termasuk di antaranya adalah ShopeePay.

Maksimalkan Kanal Pemasaran

ShopeePay 17.8 Semangat UMKM Lokal 1

Media promosi jaman dahulu dan sekarang tentu saja berbeda. Bila dulu didominasi oleh media konvensional, sekarang strategi pemasarannya harus berbeda, memanfaatkan kanal baru yang tersedia. Termasuk media sosial yang bisa jadi kanal pemasaran kuat untuk bisnis, didukung kehadiran di platform e-commerce.

Pakar Digital Marketing dan Founder sekaligus CEO Tribelio, Denny Santoso memaparkan informasi penting terkait topik ini. Menurutnya, bisnis harus memaksimalkan upaya pemasaran mereka dengan berbagai kanal pemasaran, seperti media sosial yang cocok untuk segmen pasar yang mereka sasar.

“Pelaku bisnis juga bisa menggali dan saling bertukar informasi melalui komunitas bisnis, seperti Tribelio untuk memastikan mereka mengetahui tren terbaru yang bisa mereka manfaatkan untuk pemasaran mereka,” jelas Denny. Tribelio sendiri merupakan platform media sosial berbasis komunitas, membantu para kreator konten maupun brand dan pelaku bisnis untuk saling bertemu dan membuat komunitas.

Tinggalkan komen