Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

realme Smart TV Hadir dengan Android TV & Empat Speaker Dolby Audio

0 8.101

Berbicara mengenai perangkat Internet of Things (IoT), jenisnya tak sebatas aksesori seperti smartwatch, smartband atau earphone TWS saja. Perangkat elektronik yang bisa tersambung ke internet juga masuk ke dalam kategori tersebut, tidak terkecuali televisi. Bersamaan dengan dirilisnya realme Watch di India, realme juga perkenalkan perangkat AIoT mereka yang punya dimensi fisik paling besar. Ya, apalagi kalau bukan realme Smart TV.

Sesuai dengan namanya, ini adalah televisi pintar yang menggunakan sistem operasi Android. realme tentunya ingin mendominasi beragam jenis produk dalam satu ekosistem, dan sepertinya ingin menyaingi Xiaomi dengan seri Mi TV mereka yang sudah lebih dulu hadir resmi di Indonesia. Apakah spesifikasi yang ditawarkan realme Smart TV lebih baik?

Baca juga: realme Watch Diresmikan, Smartwatch Kaya Fitur Harga Rp700 Ribuan

Keunggulan realme Smart TV

realme Smart TV 32 & 43 inci

Dari segi desain, realme Smart TV sudah memiliki tepian atau bezel yang sangat tipis di bagian atas, kiri dan kanannya, hanya 8,7mm. realme memutuskan untuk hadirkan smart TV pertama mereka dalam dua ukuran, yaitu 32 inci dan 43 inci, menyesuaikan hasil survei konsumen. Panel yang digunakan adalah LED dengan resolusi hingga full HD (768p untuk versi 32 inci) dan sudut pandang sangat lebar hingga 178 derajat.

Kalau kamu adalah pengguna smartphone realme, pasti sudah familiar dengan fitur kamera Chroma Boost yang mampu tingkatkan saturasi foto. Fitur serupa juga hadir ke realme Smart TV. Jika diaktifkan, maka kecerahan, warna, kontras serta kejelasan gambar akan ditingkatkan secara digital. TV ini dapat menyala hingga 400 nits, cukup impresif pada segmen harganya.

Selain reproduksi gambar yang unggul, kualitas audio-nya juga diutamakan oleh realme. Smart TV ini miliki dua pasang speaker yang diletakkan secara simetris, memiliki output hingga 24W dan sudah mendukung efek suara Dolby Audio. Masing-masing terdiri dari speaker utuh serta satu tweeter. Ketika memperkenalkan perangkat ini, realme juga tampilan sebuah soundbar 100W, namun tanpa detil harga serta ketersediaan.

realme Smart TV sudah menjalankan Android TV dengan Google Assistant dan Chromecast built-in. Android TV saat ini diklaim sudah memiliki lebih dari 5000 aplikasi yang dapat diunduh. Bagi kamu penikmat konten video, terdapat pintasan langsung untuk akses konten dari Netflix, YouTube serta Amazon Prime Video langsung pada remote-nya. Smart remote tersebut juga dilengkapi mikrofon untuk berikan perintah lewat Google Assistant.

Untuk memastikan konten berjalan dengan mulus, realme bekerja sama dengan MediaTek untuk membuat chipset khusus, gunakan arsitektur CPU quad-core Cortex A53 dengan GPU Mali-470 MP3. Kapasitas RAM-nya 1GB, dengan penyimpanan internal cukup modis di 8GB. Faktor lain yang cukup penting adalah kelengkapan port, dimana realme Smart TV juga tak kalah unggul. Ada tiga HDMI, dua port USB, tuner port sampai LAN port.

Perangkat ini juga mendukung konektivitas Wi-Fi 2.4GHz serta Bluetooth 5.0. Saat memperkenalkan produk ini, CEO realme India, madhav Sheth menyampaikan jika realme Smart TV dibuat sepenuhnya di India, yang dapat memangkas ongkos produksi.

Harga realme Smart TV 32″ & 43″

smart remote realme smart tv

realme akan mulai menjual smart TV pertama mereka di tanggal 2 Juni mendatang. Varian layar 32 inci dijual seharga INR12,999 (Rp2,5 jutaan), sementara versi 43 inci di INR21,999 (Rp4,2 jutaan). Harga tersebut cukup menarik jika dibandingkan dengan fitur yang berlimpah.

Adanya pandemi saat ini membuat masyarakat mencari perangkat hiburan yang bisa dinikmati selagi berada di rumah. Akan sangat menarik jika realme Smart TV juga hadir di Indonesia, apalagi dengan harga yang relatif terjangkau, untuk menjadi alternatif media hiburan ketika sedang #DiRumahAja. Menurut Gizmo friends, perlukan realme Indonesia membawa smart TV pertamanya?


Beli smartphone realme di:

Shopee.co.id Lazada.co.id Bli bli.com ERASPACE JD.ID