TV Sony BRAVIA XR 8K LED & 4K OLED Diresmikan, Kompatibel dengan PlayStation 5

Jakarta, Gizmologi – Adanya keberadaan smart TV tak lagi berikan fungsi yang hanya singular saja, untuk sebuah elektronik rumah berdimensi besar yang bisa dinikmati semua anggota keluarga. Baru-baru ini, Sony Indonesia resmikan lini Sony BRAVIA XR terbaru. Tak hanya hadir dalam ragam jenis dimensi, pilihan panelnya hingga 8K LED.

Jajaran smart TV Sony BRAVIA XR kali ini tentu hadir sebagai rangkaian TV premium dari sebuah vendor yang memang telah lama bermain dalam industrinya. Tidak hanya hadirkan kualitas panel terbaik, seluruh jajaran TV Sony terbaru juga punya kompabilitas tinggi ketika disambungkan ke perangkat lain, terutama konsol gim rilisan Sony sendiri.

Ya, apalagi kalau bukan Playstation 5. Diberikan fitur-fitur khusus yang bisa berikan teknologi audio terdepan, berikan pengalaman menonton seperti di bioskop. Menurut Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia, Sony hadirkan 4 seri televisi Sony BRAVIA XR terbaru di tengah kondisi yang haruskan kita lebih banyak beraktivitas di rumah.

Baca juga: Kamera Vlogger Sony Alpha ZV-E10 Resmi Masuk Indonesia, Harga Terjangkau

Sony BRAVIA XR 2021 Mendukung Teknologi 4K/8K Upscaling

Sony BRAVIA XR Indonesia Launch
(kiri-kanan) Koji Sekiguchi – Marketing Director PT Sony Indonesia dan Kazuteru Makiyama – President Director PT Sony Indonesia.

“Didukung oleh Cognitive Processor XR, rangkaian TV ini akan memaksimalkan pengalaman menonton Anda, sebagaimana mata manusia melihat dan telinga manusia mendengarkan hal yang nyata,” jelas Kazuteru dalam sebuah sesi virtual Kamis (14/10). Menurutnya, seluruh lini Sony BRAVIA XR terbaru kali ini bakal cocok sebagai sarana hiburan terbaik keluarga, dalam menjalani aktivitas apapun.

Ketika smart TV kebanyakan dilengkapi dengan AI untuk sekadar deteksi dan analisis elemen gambar, teknologi Cognitive Processor XR pada Sony BRAVIA XR 2021 mampu lakukan analisa lebih jauh. Disebutkan metode analisis silang tiap titik fokus untuk tingkatkan ketajaman secara simultan—cara yang sama seperti bagaimana otak manusia bekerja.

Sony Bravia XR - Google TV

Masih terkait kualitas gambar, fitur XR Clarity juga bisa tingkatkan tekstur dan detail supaya terlihat seperti aslinya. Pengguna Netflix juga bisa streaming dengan resolusi mendekati 4K pada seri TV X90J, X95J dan A80J, serta mendekati 8K khusus seri Z9J. Di mana masing-masing mendukung teknologi Upscaling ke masing-masing resolusi maksimumnya.

Untuk seri Sony BRAVIA XR X95J dan Z9J, diberikan panel X-Wide Angle yang memungkinkan pengguna untuk menonton dari sisi manapun dengan kualitas gambar terbaik.

Bisa Otomatis Beralih ke Mode Gaming

Sony BRAVIA XR 2021

Rangkaian Sony BRAVIA XR terbaru juga didukung fitur Sound-from-Picture Reality, di mana secara otomatis dapat menyelaraskan posisi suara dengan gambar pada layar. Tentunya fitur ini bakal bikin proses bermain gim lebih imersif, ditambah dengan fitur khusus lainnya yang mampu bekerja dengan PlayStation 5. Sebut saja Auto HDR Tone Mapping dan Auto Genre Picture Mode.

Keduanya mampukan Sony BRAVIA XR terbaru untuk menyesuaikan detail warna dan adegan kontras tinggi dalam gim, serta otomatis beralih ke mode gaming untuk berikan tampilan yang responsif. Mengingat ini adalah sebuah smart TV premium, pengguna cukup memanggil asisten Google lewat suara langsung, berkat terintegrasinya mikrofon khusus.

Selain punya panel yang besar, Sony BRAVIA XR series yang baru diluncurkan kali ini juga sudah tersertifikasi IMAX Enhanced TV, untuk berikan pengalaman IMAX Theater di rumah. Netflix Calibrated Mode juga bisa suguhkan konten berkualitas studio untuk para kreator. Untuk harganya sendiri, dijual mulai dari Rp16,999 juta.

Tinggalkan komen