Jakarta, Gizmologi โ Deel merilis laporan Global Expansion and Hiring Research yang menunjukkan 91% perusahaan Indonesia akan ekspansi global. Deel sebagai platform SDM all-in-one untuk manajemen tim global juga mengumuman laporan lainnya.
Hasil riset tersebut dipaparkan dengan penekanan khusus pada keterampilan baru yang perlu dimiliki oleh perusahaan di Indonesia, perekrutan SDM secara global, dan rumitnya pembentukan tim di luar negeri, sekaligus sebagai pedoman dalam pembentukan peta perencanaan bisnis perusahaan serta competitive index bisnis di tahun-tahun mendatang. Penelitian yang dilakukan bersama Rakuten Insight ini mewawancarai 900 pelaku bisnis yang berasal dari Singapura, Malaysia, dan Indonesia dengan masing-masing 300 pelaku bisnis dari setiap negara.
Penelitian ini mengkaji minat para pelaku bisnis untuk melakukan ekspansi di luar pasar domestik, tantangan yang dihadapi, dan strategi rekrutmen selama ekspansi. Deel ingin membantu para pelaku bisnis mempercepat ekspansi ke pasar potensial baru, yang mana upaya ini memerlukan investasi waktu dan sumber daya yang cukup besar.
Baca Juga:ย Ekspansi Layanan, Platform Manajemen Karyawan Deel Hadir di Indonesia
Hasil Riset Deel Untuk Perusahaan Indonesia

Hasil penelitian Global Expansion and Hiring yang dihadirkan Deel menunjukkan 91% pelaku bisnis di Singapura, Malaysia dan Indonesia telah merencanakan ekspansi ke pasar potensial baru dalam lima tahun ke depan. Lalu sebanyak 77% perusahaan di Indonesia saat ini sudah melakukan operasi di luar pasar domestik setidaknya di satu negara. Singapura sebesar 87% dan Malaysia sebesar 82%.
Adapun untuk estimasi alokasi investasi, Deel mengungkapkan sebanyak 72% bisnis di Indonesia mencatat peningkatan pengeluaran dalam rangka ekspansi global mereka selama lima tahun terakhir. Hal ini mencerminkan minat yang bertumbuh di pasar internasional.
Rata-rata pelaku bisnis di Indonesia memperkirakan investasi sebesar 1,4 juta USD untuk rencana ekspansi mereka. Sektor manufaktur, jasa profesional dan perdagangan mencatatkan anggaran investasi yang lebih tinggi, dengan rata-rata 2 juta USD. Bisnis berskala besar (lebih dari 100 karyawan) mengalokasikan rata-rata 1,6 juta USD, dengan 20% kelompok teratas mengalokasikan anggaran hingga 5.7 juta USD.
Di beberapa bagian seperti Asia Tenggara (67%) dan Asia Utara (32%) tetap menjadi tujuan utama ekspansi bisnis-bisnis di Indonesia. Namun, dalam lima tahun ke depan, pangsa pasar Asia Utara berpotensi meningkat mencapai 53%.
Jika berbicara mengenai minat, perusahaan yang minat ekspansi ke Amerika Serikat meningkat secara signifikan, tiga kali lipat lebih besar dibandingkan saat ini. Berlanjut ke minat sektor Ritel untuk melakukan ekspansi bisnis ke Asia Utara cenderung sedikit lebih tinggi dibandingkan sektor lainnya.
Tantangan Perusahaan Indonesia Berekspansi ke luar negeri
Dibalik suatu inovasi tentunya ada sebuah tantangan yang harus dihadapi. Perusahaan Indonesia yang ingin ekspansi memiliki tantangan dimana sebanyak 52% responden di Singapura, 62% di Malaysia, dan 68% di Indonesia menyatakan bahwa biaya adalah hambatan utama mereka.
Dari riset ini juga kita menemukan 42% bisnis di Indonesia tidak mempekerjakan tenaga lokal di pasar internasional mereka. Alasannya cukup beragam, mulai dari biaya (52%), kesulitan mencari tenaga kerja yang sesuai (44%), sampai kesulitan mengelola karyawan jarak jauh (30%).
Beberapa perusahaan menggandeng pihak ketiga untuk membantu masalah SDM yang mereka hadapi. Sebanyak 49% (atau 134 perusahaan) responden menggunakan โpihak ketigaโ guna mengurangi biaya terkait ekspansi dan membantu menemukan kandidat tenaga kerja yang tepat.
Dari riset Deel juga ditemukan 92% pengambil keputusan bisnis dari Malaysia, Singapura, dan Indonesia percaya bahwa mempekerjakan tenaga kerja global mampu meningkatkan keterampilan dan kemampuan tenaga kerja lokal. Di Indonesia sendiri, angka ini mencapai 91%. Selain itu perusahaan di Indonesia berencana menaikan gaji karyawannya dalam 12 bulan ke depan.
Empat dari 10 perusahaan Indonesia berencana menaikkan gaji seluruh karyawan perusahaannya. Sebanyak 56% responden memberikan kenaikan gaji yang didasarkan atas kinerja karyawan, dan 40% berencana memberikan kenaikan gaji seluruh karyawannya berdasarkan perubahan tingkat inflasi. Namun dibalik berita bahagia ini tetap ada 4% perusahaan yang tidak berencana memberikan kenaikan gaji dan ada penangguhan perekrutan karyawan baru
Hadir secara resmi di Indonesia sejak bulan Juli 2023, Deel telah membantu perusahaan lokal membangun tim global mereka. Para partner Deel seperti Telin dan BCG di Indonesia menggunakan Deel untuk menguji potensi ekspansi pada target pasar mereka, payroll lintas negara, menyederhanakan proses rekrutmen antar negara, dan membantu meningkatkan pendapatan serta pertumbuhan bisnisnya
di skala internasional.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



