Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Sempat Ditunda, Pembaruan Android 10 Resmi Tersedia di Nokia 5.1 Plus

Menyusul Nokia 3.1 Plus yang baru saja mendapatkan pembaruan, seri smartphone lain yang diunggulkan dengan performa gaming mumpuni, Nokia 5.1 Plus kini sudah resmi mendapat pembaruan Android 10. Pembaruan ini dirilis sedikit terlambat, karena adanya sedikit halangan dalam masa pengembangannya. Pembaruan sudah tersedia secara over-the-air (OTA) dan bisa diunduh mulai saat ini.

Juho Sarvikas, Chief Product Officer HMD Global menyebutkan jika pembaruan Android 10 untuk Nokia 5.1 Plus sempat terhalang sebuah bug yang terkait dengan konektivitas Wi-Fi. Hal tersebut membuat tim pengembang perangkat lunak HMD membutuhkan waktu tambahan beberapa hari untuk evaluasi. Sebelum akhirnya secara resmi digulirkan ke pengguna Nokia 5.1 Plus secara global.

Adanya pandemi Covid-19 juga membuat kehadiran Android 10 pada Nokia 5.1 Plus sedikit dimundurkan dari jadwal sebelumnya, menjadi kuartal 2 2020 bersama dengan seri smartphone Nokia lainnya. Dari beberapa tipe yang bakal mendapat pembaruan, untuk perangkat resmi di Indonesia, saat ini hanya tersisa Nokia 1. Cukup impresif mengingat Nokia 1 adalah smartphone yang sangat murah, menjalankan Android Go edition dengan harga ritel kurang dari Rp1 juta saja saat ini.

HMD Global Konsisten Hadirkan Pembaruan Perangkat Lunak

Nokia 5.1 Plus

Menurut penelitian yang dirilis oleh Counterpoint, smartphone Nokia termasuk yang paling cepat dalam menghadirkan pembaruan perangkat lunak terbaru, menjangkau 94% dari portofolio produknya. Hal tersebut menunjukkan komitmen HMD Global yang terus konsisten melalukan pembaruan. Sebagai pemegang lisensi tunggal brand smartphone Nokia, HMD Global memang tak main-main dalam janjikan pembaruan di seluruh lini smartphone-nya, tak hanya seri flagship saja.

Masing-masing smartphone yang termasuk dalam klasifikasi Android One mendapat jaminan pembaruan perangkat lunak selama dua tahun, dan keamanan bulanan tiga tahun sejak smartphone dirilis. Nokia 5.1 Plus sendiri diperkenalkan pada awal 2019 lalu, meluncur dengan Android Oreo. Itu tandanya, kemungkinan besar Android 10 menjadi pembaruan terakhir, kecuali Google bisa menghadirkan Android 11 sebelum tahun 2020 berakhir.

Pembaruan Android 10 untuk Nokia 5.1 Plus berukuran sekitar 1,3GB. HMD Global menekankan beberapa fitur unggulan baru yang bisa dinikmati. Seperti gesture navigation baru dengan kontrol yang lebih intuitif, smart reply, privacy controls, focus mode serta family link yang terkait dengan fitur Digital Wellbeing.

Spesifikasi dan Harga Terbaru Nokia 5.1 Plus

Nokia 5.1 Plus adalah smartphone rilisan HMD Global yang mengusung desain serupa seri lebiih mahal, 6.1 Plus. Notch-nya lebih lebar, dimensi sama-sama kompak dengan layar 5,8 inci HD+, serta dua kamera utama 13+5MP di belakang. Kapasitas memorinya lebih kecil, dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB.

Baca juga: Review Nokia 5.1 Plus: Tampil Berkilau, Dual Camera Memukau

Yang menarik, Nokia 5.1 Plus gunakan chipset Helio P60 dari MediaTek. Chipset ini cukup bertenaga, dan ditambah resolusi layar yang tak terlalu tinggi, performa akses aplikasi serta gaming-nya terasa lebih gegas dari 6.1 Plus. Dirilis dengan harga resmi Rp2,599 juta, saat ini Nokia 5.1 Plus sudah bisa ditemukan di e-commerce lokal mulai Rp1,6 jutaan aja. Bisa dijadikan alternatif buat kamu yang mencari smartphone kompak, murah dan sanggup dipakai nge-game dengan nyaman.


Beli smartphone Nokia secara online di:

JD.ID Shopee Eraspace

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.