alexa

Bocoran Pertama Samsung Galaxy S21 FE, Hadir dengan Tampilan Familiar

Sudah menjadi risiko bagi pabrikan perangkat mainstream, bila foto atau informasi terkait produk yang bakal dirilis sudah tersebar lebih dulu di linimasa. Kali ini, yang menjadi ‘korban’ adalah Samsung. Setelah berhasil merilis Galaxy S21 series di Tanah Air, kehadiran Galaxy S21 FE tentunya sudah dinanti-nanti oleh masyarakat.

Pasalnya, tahun lalu Samsung perkenalkan seri Galaxy S20 FE di bulan September, dan animo masyarakat akan perangkat tersebut sangat tinggi. Bagaimana tidak, spesifikasi yang bisa dibilang sama tingginya dengan varian Galaxy S20 series, hadir dalam sebuah kemasan yang justru warna-warni, dan jauh lebih murah—tak sampai Rp10 juta di Indonesia.

Maka konsumen pun menanti kehadiran Galaxy S21 FE. Meski seharusnya masih lama (bila mengikuti aturan Samsung yaitu pembaruan satu tahun sekali), bocoran informasi terkait jadwal peluncurannya sudah ada sejak bulan Maret lalu. Dan kini diperkuat dengan foto render dari smartphone flagship terjangkau tersebut, usung desain yang tak mengagetkan.

Baca juga: Review Samsung Galaxy A72: Naik Kelas, Mid-range Rasa Flagship

Galaxy S21 FE Dikabarkan Bakal Rilis Agustus Mendatang

Samsung Galaxy S21 FE - timeline
Bocoran timeline atau jadwal peluncuran perangkat Samsung beberapa bulan mendatang. (Sumber: evleaks/Voice)

Pertama-tama, informasi terkait kehadiran Galaxy S21 FE muncul dari seorang pembocor informasi yang sangat ternama, yaitu Evan Blass. Dikenal dengan akurasinya yang tinggi, Evan mengunggah sebuah gambar di atas, diketahui sebagai linimasa peluncuran produk Samsung hingga kuartal ketiga 2021 mendatang. Dimulai dari peluncuran Galaxy A series pada bulan lalu.

Terlihat bila di tanggal 19 Agustus 2021, bakal ada sebuah acara bertajuk “FE Unpacked”. Tidak lain dan tidak bukan, hal tersebut menandakan bila Samsung akan perkenalkan Galaxy S21 FE (Fan Edition) dalam sebuah event Unpacked, yang sekarang umumnya dilaksanakan secara daring. Setelah memperkenalkan perangkat PC baru, sebuah tablet terjangkau S7 Lite serta lini A series dengan kemampuan 5G murah.

Namun tentunya, walaupun linimasa di atas resmi, bisa terjadi revisi di kemudian hari yang dibuat oleh Samsung. Yang pasti tidak dalam waktu dekat, karena Galaxy S20 FE pun rilisnya di semester kedua tahun 2021. Sehingga untuk kamu yang tidak sabar, mungkin bisa memilih Galaxy S21 yang hadir cukup murah di tahun ini.

Galaxy S21 FE Tampil Mirip Dua Seri S21 Lainnya

Samsung Galaxy S21 FE

Nah, tetapi kalau masih penasaran dengan Galaxy S21 FE, pembocor informasi yang juga punya jam terbang tinggi, OnLeaks juga telah mengunggah sejumlah foto yang dipercaya sebagai foto resmi atau render dari Galaxy S21 FE. Yang kalau dilihat-lihat, Nampak persis seperti Galaxy S21 Plus, hanya berbeda varian warnanya saja.

Bagian depan dari Galaxy S21 FE bakal dilengkapi layar flat dengan kamera punch-hole di bagian tengah. Dimensinya sendiri dikabarkan bakal berukuran 155,7 x 74,5 x 7,9mm, membuatnya sedikit lebih besar dari Galaxy S21 biasa. Bingkainya gunakan metal, sementara bagian belakang ‘frosted glasstic’, alias material umum di perangkat Samsung, termasuk Galaxy Note 20.

Samsung Galaxy S21 FE

Dimensi layar depannya diperkirakan mencapai 6,4 inci. Sementara panelnya sendiri tak diinfokan, meski secara spesifikasi, harusnya sama-sama Super AMOLED dengan refresh rate 120Hz. Begitu pula dengan spesifikasi dari masing-masing sensor di bodi belakangnya yang sedikit menonjol.

Belum ada informasi juga terkait prosesor yang bakal digunakan. Bila cip Snapdragon 888 memang benar disebut-sebut langka, tak menutup kemungkinan Samsung bakal menunjuk Snapdragon 870 untuk mentenagai Galaxy S21 FE nantinya. Kita nantikan saja ya bocoran selanjutnya.

Tinggalkan komen