Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Daftar Terbaru MIUI 12 Global, 4 Seri Redmi Batal Mendapat Update

0 3.505

Selain terus merilis smartphone serta produk ekosistem AIoT terbaru, Xiaomi juga sedang bertahap menggelontorkan pembaruan perangkat lunak untuk smartphone yang sudah dirilis sepanjang tahun, yaitu MIUI 12. Tak hanya untuk seri terbaru saja, MIUI 12 juga bakal hadir di beberapa seri rilisan tahun lalu.

Saat diluncurkan pada April 2020 lalu, Xiaomi sendiri sudah memberikan daftar smartphone Xiaomi mana saja yang kompatibel untuk mendapatkan pembaruan ini. Namun seri yang didaftarkan berbeda, mengingat tipe-tipe yang rilis di Tiongkok beda dengan regional Asia. Pun waktu perilisannya, mengingat MIUI di sana tak perlu hadir dengan layanan Google.

Nah, bagi Gizmo friends yang sudah tidak sabar untuk mengincip fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh Xiaomi, kini MIUI 12 varian global sudah memasuki tahap final untuk beberapa seri smartphone. Membawa peningkatan AI, tampilan animasi serta visual menyeluruh, MIUI 12 sudah tersedia di banyak smartphone Xiaomi di India, dan tentunya bakal menyusul di Indonesia.

Baca juga: Xiaomi Mi 10T & Mi 10T Pro Masuk Indonesia Dibanderol Rp6 Jutaan

Daftar Smartphone Xiaomi yang Mulai Mendapat MIUI 12

Xiaomi Mi 10 series

Untuk saat ini, flagship Xiaomi Mi 10 menjadi salah satu varian global pertama yang mendapat MIUI 12 berbasis Android 11. Tak hanya itu, seri mid-range Redmi Note 9 Pro juga sudah mendapatkannya. Mengingat spesifikasi hardware-nya sama, seharusnya varian Indonesia bakal segera bisa update dalam waktu yang tak lama lagi.

Berikut adalah daftar smartphone Xiaomi yang sudah mendapatkan MIUI 12 secara global, dikutip dari Android Central:

  • Xiaomi Mi 10, Mi 10 Pro, Mi Note 10 Lite
  • Xiaomi Mi 9, Mi 9 Pro 5G, Mi 9 SE, Mi 9T, Mi 9T Pro
  • Xiaomi Mi Mix 2S, Mi Mix 3
  • Xiaomi Mi 8, Mi 8 UD, Mi 8 Explorer Edition
  • Xiaomi Mi CC9, CC9 Pro, CC9 Meitu Edition
  • Redmi K30, K30 5G, K30 Pro
  • Redmi K20, K20 Pro
  • Redmi Note 9
  • Redmi Note 8 Pro
  • Redmi Note 7, 7 Pro
  • Redmi 10X, 10x 5G, 10X Pro 5G
  • Poco X2
  • Poco F2 Pro

Apakah smartphone kamu masuk ke dalam daftar di atas? Bila tidak, mungkin masih bakal menyusul di batch berikutnya. Daftar lengkapnya bisa kamu cek pada artikel kami berikut ini. Dan yang perlu diingat, ada kemungkinan bila Xiaomi bakal perbarui smartphone kamu ke MIUI 12, tanpa menaikkan versi Android alias tetap di Android 10. Sudah umum terjadi di beberapa seri sebelumnya dengan MIUI 11.

MIUI 12 Batal Hadir di Empat Seri Redmi Lawas

Xiaomi Redmi 6
Xiaomi Redmi 6

Sedikit kabar buruk bagi kamu yang menggunakan smartphone Xiaomi kelas entri rilisan agak jadul. Xiaomi baru saja membagikan informasi tambahan terkait MIUI 12 di kanal resminya di Telegram maupun Facebook. Memberitahukan bila ada perubahan rencana, dengan menghapus total enam seri smartphone yang batal mendapat MIUI 12.

Dalam situs resmi MIUI, tertuliskan sebuah informasi tambahan bila keempat seri ini memang awalnya masuk ke daftar penjadwalan MIUI 12, yaitu Redmi Y3, Redmi 6, Redmi 6A dan Redmi 7. Namun setelah pengetesan lebih lanjut, keempatnya tidak akan dapat software terbaru dari Xiaomi.

Bukan tanpa alasan, empat seri Xiaomi tersebut dinilai bakal mengalami isu performa serta kompabilitas. Sehingga lebih baik bagi Xiaomi untuk membatalkannya, daripada pengalaman penggunaan bakal turun dan mengganggu saat dipakai. Bagi yang tidak kebagian, kalau memang ingin menikmati MIUI 12, mungkin memang sudah waktunya untuk upgrade ya.