Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Saingi Apple Watch SE, Fossil Gen 5E Hadir Mulai Rp3 Jutaan

0 2.078

Dengan semakin maraknya penggunaan smartwatch atau jam tangan pintar, para produsen perangkat jenis tersebut berlomba untuk merilis pembaruan lini smartwatch mereka agar dapat memikat konsumen. Tak terkecuali brand yang lebih dikenal untuk merilis jam tangan stylish nan premium satu ini, yaitu Fossil.

Selain memproduksi jam tangan konvensional, Fossil juga telah merilis banyak seri smartwatch yang menjalankan sistem operasi Wear OS, kini telah mencapai generasi kelima dengan banyak pilihan kustomisasi. Kali ini, Fossil Gen 5E hadir sebagai opsi baru dengan harga terjangkau. Dari namanya, sepertinya Fossil melihat peluang yang menarik setelah Apple merilis produk dengan strategi serupa.

Ya, seperti yang kita tahu, Apple kemarin juga merilis Apple Watch SE selain Series 6 yang menjadi flagship. Perangkat tersebut hadir dengan fitur-fitur esensial saja, dijual lebih murah agar dapat jangkau lebih banyak konsumen. Fossil Gen 5E pun serupa, punya basis dari Fossil Gen 5, dengan beberapa fitur yang dipangkas.

Baca juga: Apple Watch Series 6 Rilis Bersamaan dengan Versi Murah, Watch SE

Fossil Gen 5E Hadir Dalam Dua Ukuran

Fossil Gen 5E

Namun yang menarik di sini, Fossil justru hadirkan dua opsi ukuran, baru di Fossil Gen 5E. Selain diameter 44mm, juga hadir opsi 42mm dengan bezel yang lebih ramping, cocok untuk wanita atau mereka yang miliki pergelangan tangan lebih kecil. Keduanya sama-sama miliki layar 1,19 inci OLED beresolusi 416 x 416 piksel.

Masing-masing hadir dengan total tujuh opsi kustomisasi, mulai dari strap karet, stainless steel polos dan two-tone, stainless steel mesh sampai brown leather, dengan pilihan warna bodi hitam, rose gold dan silver. Banyaknya pilihan ini membuat setiap perangkat dapat terasa lebih personal, ditambah banyaknya pilihan watch face dari Wear OS.

Lalu apa saja fitur-fitur yang dipangkas di Fossil Gen 5E? Jika dilihat di bodi samping kanannya, perangkat ini tak lagi dilengkapi dua tombol pintasan. Tombol yang berada di tengah pun tidak bisa diputar untuk navigasi. Sensor GPS dihilangkan, sehingga pengguna yang ingin mencatat rute olahraga harus membawa smartphone mereka.

Penyimpanan internalnya juga dipangkas menjadi 4GB saja, dan hilangnya ambient light sensor membuat pengguna harus mengatur kecerahan layar secara manual. Kabar baiknya, itu saja yang dipangkas. Prosesornya sama-sama gunakan Snapdragon Wear 3100, dengan RAM 1GB untuk menjamin kelancaran aplikasi. Sensor yang dibutuhkan untuk mencatat aktivitas, kualitas tidur serta detak jantung sampai NFC juga masih ada.

Dan dengan adanya built-in loudspeaker, tak hanya mengirim perintah ke Google Assistant, pengguna Fossil Gen 5E juga bisa angkat telepon langsung dari pergelangan tangan. Dan dengan ketahanan air 5 ATM, smartwatch ini aman untuk digunakan sembari berenang.

Miliki dukungan fast charging (80% dalam waktu 50 menit), Fossil Gen 5E punya berbagai macam mode baterai. Daily Mode untuk penggunaan seharian dengan semua fitur aktif, Extended Mode yang diklaim mampu bertahan sampai 2-3 hari, sampai Time Only Mode yang hanya menampilkan waktu, bisa tahan hingga satu minggu lebih.

Harga Fossil Gen 5E

Fossil Gen 5E

Baik varian 42mm dan 44mm dari Fossil Gen 5E dijual mulai dari USD249 atau sekitar Rp3,6 jutaan. Fossil menyebutkan bila smartwatch terbaru mereka bakal mulai tersedia awal bulan November 2020 mendatang, namun konsumen yang sudah tidak sabar sudah bisa memesannya di Amazon.

Di situs resminya, Fossil Gen 5 sendiri dibanderol USD295 (Rp4,3 jutaan). Harga tersebut sama dengan harga jual yang ada di ritel resmi Indonesia saat ini, yaitu Urban Icon. Semoga harga varian murahnya nanti juga bakal sama ya.