Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Gojek & Kominfo Gelar Program Pelatihan Digital Entrepreneurship

0 887

Berbagai pihak saling bantu untuk berlangsungkan UMKM selama pandemi. Baik pihak resmi dari pemerintah maupun swasta bekerja sama meluncurkan berbagai program tertentu. Salah satunya termasuk Gojek, super-app karya anak bangsa. Melanjutkan inisiatif #MelajuBersamaGojek, mereka bekerja sama sekaligus mendukung program terbaru dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Program yang dimaksud adalah “Digital Talent Scholarship 2020”, bertujuan untuk mempercepat ribuan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) go-digital. Melalui program ini, Gojek akan berbagi ilmu mengenai “Digital Entrepreneurship Gojek”. Tak hanya melatih peserta UMKM pengetahuan bisnis daring, namun juga keterampilan untuk adopsi teknologi dalam pengembangan usaha di dunia digital.

Gojek akan berikan pelatihan dengan sistem self-paced learning (belajar mandiri), sertal pelatih khusus di sesi live dimana peserta bisa berkonsultasi langsung dan mendapat solusi akan tantangan yang dihadapi. Hal tersebut ditujukan agar peserta bisa memahami dan langsung mempraktikannya.

Baca juga: Inovasi J3K Agar Konsumen Lebih Aman & Nyaman Naik Gojek

Pendaftaran Digital Entrepreneurship Gojek Telah Dibuka

Digital Entrepreneurship Gojek Kominfo

Bila Gizmo friends termasuk dalam pengusaha UMKM dan ingin mengikuti pelatihan ini, program Digital Entrepreneurship Gojek telah memasuki periode pendaftaran hingga 25 Oktober 2020 mendatang. Program tersebut bakal dimulai di tanggal 2 November 2020. Peserta bisa mendaftarkan diri ke situs resmi Kemkominfo berikut.

Seluruh peserta program ini bakal mendapatkan sertifikat dari Kemkominfo RI. Dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (19/10), Shinto Nugroho, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintahan Gojek memaparkan bahwa pihaknya akan selalu mendukung kewirausahaan di ekonomi digital.

“Digitalisasi UMKM telah terbukti menjadi jawaban untuk akselerasi gerak roda perekomonian, terutama di tengah situasi pandemi seperti sekarang. Sebagai anak bangsa, kami punya semangat gotong royong dengan berbagai pihak, termasuk Kemkominfo supaya semakin banyak UMKM yang bisa menikmati manfaat positif go-digital,” jelas Shinto.

Sementara itu, Kepala Badan Litbang SDM Kominfo RI, Basuki Yusuf Iskandar mengatakan bila Kominfo mengapresiasi Gojek yang menjadi mitranya, berikan pelatihan kewirausahaan bagi lebih dari 2,000 pelaku UMKM. Berbagai materi dalam pelatihan Gojek seperti kewirausahaan dan cara gunakan aset digital menjadi jawaban atas kebutuhan pelaku UMKM, agar dapat beradaptasi di ekosistem digital.

Inisiatif #MelajuBersamaGojek merupakan upaya inklusif dan komprehensif dari Gojek, untuk bantu UMKM agar lebih mudah terapkan digitalisasi pada setiap langkah operasionalnya. Mulai dari pemasaran, pemesanan, pembayaran, pengiriman hingga administrasi.

Solusi Gojek Telah Bantu Jutaan UMKM Semasa Pandemi

Sebelumnya, riset dari Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyebutkan bila solusi yang teknologi dan non-teknologi yang ditawarkan platform digital Gojek membantu jutaan UMKM dapat beradaptasi dan bertahan di situasi pandemi, sembari tetap optimis bertumbuh ke depannya. Program pelatihan dari Gojek yang juga akan mendukung “Gerakan Bangga Buatan Indonesia” ini akan menyasar lebih dari 2,000 UMKM pemula.

Baca juga: Riset LD FEB UI: Gojek Bantu UMKM Bertahan & Beradaptasi Selama Pandemi

Gojek akan memberikan dua pelatihan khusus ke depannya. Yang pertama, berikan pelatihan mengenai kewirausahaan secara umum serta cara manfaatkan platform digital, termasuk pengenalan aplikasi keyboard Selly yang bisa mudahkan proses penjualan. Sementara pelatihan kedua lebih fokus pada UMKM di bidang kuliner, membahas perihal digital marketing, cara mendaftar aplikasi merchant GoBiz dan penerapan protokol kesehatan.