Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Gojek Bikin Platform Video Streaming Ala Netflix: GoPlay

Gojek benar-benar membuktikan sebagai perusahaan Super Apps alias palugada (apa elu mau gue ada). Perusahaan unicorn besutan Nadiem Makarim tersebut mempunyai produk atau layanan yang  bervariasi. Terbaru, mereka meluncurkan GoPlay yang merupakan platform video-on-demand seperti halnya Netflix, Iflix, dan Hooq.
Baca juga: Aplikasi Navigasi dan Streaming Jadi Favorit

GoPlay disebut memberikan akses lebih luas untuk konten unik dan berkualitas, yang sejalan dengan misi mengoptimalkan industri film di Indonesia. Kehadiran GoPlay memberikan kemudahan bagi para pecinta film dan serial menikmati beragam konten premium.

CEO GoPlay, Edy Sulistyo menyampaikan kehadiran GoPlay dapat mengobati kerinduan masyarakat Indonesia terhadap konten lokal yang berkualitas. Tingginya antusiasme masyarakat terhadap konten lokal dapat dilihat dari pertumbuhan penonton film Indonesia selama tiga tahun terakhir. Menurut data olahan internal Gojek berdasarkan riset Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, penonton film Indonesia meningkat dari 36 juta di tahun 2016 menjadi 46 juta di tahun 2018.

“Dengan GoPlay, kami berharap dapat menjawab kerinduan tersebut. Para pecinta film dan serial bisa menemukan berbagai konten mulai dari drama romantis, kisah hidup sehari hari, thriller, hingga serial komedi dari komika berbakat tanah air,” ujarnya.

Sementara itu Kevin Aluwi, Co-Founder Gojek menyatakan, GoPlay melengkapi ekosistem Gojek yang telah berevolusi dari layanan ride hailing menjadi platform teknologi terdepan di Asia Tenggara. Mereka ingin memberikan dampak sosial untuk kemajuan tanah air.

“Di sisi industri kreatif terutama industri konten dan film, kami melihat masih terdapat tantangan dalam menyediakan akses kepada penonton. Namun di sisi lain, penetrasi internet dan smartphone yang cukup tinggi memberikan peluang bagi para sineas nasional agar karya mereka dapat dinikmati masyarakat banyak,” ujar Kevin, dalam sambutannya saat peluncuran GoPlay di Jakarta (26/9/2019).

Ia menambahkan, kehadiran GoPlay dapat menjembatani para sineas berbakat dengan jutaan pengguna smartphone di Indonesia yang selalu mencari konten berkualitas. Kevin juga berharap GoPlay dapat menciptakan dampak sosial ekonomi yang positif bagi kemajuan ekosistem industri kreatif di Indonesia.
Baca juga: Bidik E-Sports, GoJek Rilis Platform GoGames

Tarif Berlangganan GoPlay

Related Posts
1 daripada 304

Tidak hanya memberikan angin sejuk bagi para pecinta film dan serial, GoPlay dianggap menjadi wadah bagi sineas nasional untuk memperkenalkan karya ke pasar yang lebih luas. Karena selain membeli lisensi dari konten populer, GoPlay juga menyajikan konten yang diproduksi sendiri yaitu melalui GoPlay Originals.

Pengguna dapat mengunduh konten dan menikmatinya secara offline dengan kualitas high definition, menggunakan perangkat mobile. Namun platform ini terpisah dengan aplikasi Gojek. Pengguna perlu mengunduh aplikasi GoPlay ke smartphone mereka.

Di tahap peluncuran ini, pengguna bisa berlangganan GoPlay dengan dua pilihan:

  • Pertama, dengan biaya Rp89.000 dapat mengakses konten GoPlay selama sebulan penuh.
  • Kedua, dengan biaya Rp99.000 dapat menikmati GoPlay sekaligus ongkir GoFood gratis senilai Rp600.000 (60 voucher) selama satu bulan.

Konten Original di GoPlay

Platform hiburan milik Gojek ini menawarkan konten lokal berkualitas untuk memikat para pecinta film dan serial di Indonesia melalui konten GoPlay Originals dan konten eksklusif lainnya.

Konten GoPlay Originals yang merupakan hasil kerja sama dengan berbagai rumah produksi Tanah Air meliputi drama persahabatan Filosofi Kopi The Series, variety show Kata Bocah The Show yang dibintangi Nirina Zubir dan Boy William; dan serial stand-up Haha Club yang menampilkan komedian berbakat tanah air Ge Pamungkas, Mo Sidik, dan Arie Kriting.

Tidak hanya itu, GoPlay Originals juga menampilkan karya sineas Indonesia yang telah tayang di bioskop di mana GoJek menjadi salah satu produsernya. Di antaranya adalah drama komedi romatis Aruna dan Lidahnya, drama keluarga Kulari ke Pantai, film aksi fiktif Buffalo Boys, serta film 27 Steps of May yang mengangkat isu perempuan.

Di sela-sela peluncuran ini, GoPlay mengumumkan rencana produksi tiga serial terbaru dalam waktu dekat. Ketiga serial tersebut adalah Saiyo Sakato dengan Salman Aristo dan Gina S. Noer sebagai showrunners, Tunnel garapan Shanty Harmayn dan Tanya Yuson, serta adaptasi Gossip Girl besutan sutradara Nia Dinata. Seluruh konten hasil kreasi GoPlay Originals akan tersedia secara eksklusif di GoPlay.