Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Rilis di Eropa, realme 6s Jadi Seri Menengah dengan Sensor NFC

1 13.077

Saat perkenalkan realme X3 SuperZoom di Eropa beberapa waktu lalu, realme juga memperkenalkan smartphone lain yang masuk ke dalam lini seri 6. Seolah tak cukup ada tiga tipe yang sudah dirilis, realme memperkenalkan realme 6s. Smartphone ini sejatinya memiliki spesifikasi yang hampir sama persis dengan realme 6, sudah hadir secara resmi di Indonesia.

Perbedaannya terdapat pada setup kamera utama yang digunakan, dan adanya tambahan sensor khusus yang memang cukup krusial untuk pasar smartphone di Eropa. Jika dilihat dari sisi luar, tentu tak ada perbedaan antara realme 6 dan realme 6s, masih membawa teknologi layar yang sama, sampai ke chipset yang digunakan.

Baca juga: realme X3 SuperZoom Debut di Eropa, Miliki Kamera Periskop 60x Zoom

Meski Identik, realme 6s Miliki Perbedaan Sensor & Kamera

realme 6s

Awalnya, realme merilis 6 dan 6 Pro dengan keunggulan 90Hz display, baru kemudian memperkenalkan seri 6i di Myanmar. Bisa dibilang, realme 6s memiliki posisi yang tepat di antara realme 6 dan realme 6i. Bagian depannya mengusung layar dengan refresh rate 90Hz, dengan dimensi 6,5 inci, beresolusi full HD+ dan terlapis perlindungan Corning Gorilla Glass. Terdapat sebuah kamera punch-hole beresolusi 16MP yang diletakkan di bagian atas kiri layar.

Sensor sidik jarinya disematkan pada sisi kanan bodi, menyatu dengan tombol power. Chipset yang digunakan juga cukup bertenaga, yaitu MediaTek Helio G90T octa-core dengan clockspeed tertinggi hinga 2,05GHz, dipasangkan dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB. Jika kurang, realme 6s gunakan konfigurasi triple slot, sehingga pengguna dapat gunakan dua nano-SIM plus tambahan kartu microSD bersamaan.

Berbeda dengan kamera realme 6 & 6 Pro yang sama-sama miliki sensor utama 64MP, besaran resolusi kamera realme 6s sedikit lebih kecil di 48MP, dengan bukaan f/1.8. Kamera utama tersebut ditemani kamera ultra wide-angle 8MP f/2.3, kamera makro 2MP f/2.4 serta sensor kamera hitam putih untuk efek potret. Kamera utama realme 6s sanggup rekam video 4K hingga 30fps.

Baterai berkapasitas 4.300 mAh pada realme 6s bisa diisi hingga penuh hanya dalam waktu kurang lebih 60 menit saja, lewat dukungan pengecasan 30W Flash Charge. Nah, yang paling menarik dari realme 6s adalah adanya tambahan sensor NFC. Seperti yang kita tahu, baik realme 6 bahkan realme 6 Pro belum dilengkapi sensor ini. NFC akan sangat bermanfaat bagi pengguna yang sering melakukan top-up e-money atau sebagai metode pembayaran moda transportasi umum lainnya.

Harga realme 6s

realme 6s

Di Eropa, harga resmi yang ditawarkan untuk realme 6s adalah 199 Euro, atau sekitar Rp3,2 jutaan, hadir dalam dua pilihan warna (Eclipse Black, Lunar White). Hingga saat ini, belum ada info apakah smartphone ini bakal hadir juga di region luar selain Eropa. Berbeda seperti realme 6i yang sudah hadir di India, dengan nama lain yaitu Narzo 10.

Dengan harga tersebut, realme 6s bisa saja menarik konsumen di tanah air, terutama mereka yang tinggal di kota besar dan perlu mengandalkan adanya sensor NFC. Belum ada pilihan smartphone di harga serupa yang berikan performa kencang, layar dengan refresh rate 90Hz plus sensor yang lengkap.


Beli smartphone realme di:

Shopee.co.id Lazada.co.id Bli bli.com ERASPACE JD.ID