Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

iOS 14.5 Hadirkan Opsi Buka Kunci Layar iPhone Pakai Apple Watch

Tanpa sensor sidik jari, Apple melengkapi lini smartphone terbaiknya dengan sistem keamanan berbasis wajah, alias Face ID. Pertama dikenalkan di iPhone X sejak 2017 lalu, tak disangka fitur ini menjadi ‘tak berguna’ selama pandemi. Pihak Apple pun coba hadirkan solusi, salah satunya lewat pembaruan iOS 14.5.

Baru hadir dalam versi Developer Beta, diketahui bila iOS 14.5 membawa sebuah fitur yang cukup krusial, terutama untuk pengguna Apple yang gunakan smartphone dengan Face ID serta juga memakai Apple Watch. Nantinya, buka kunci layar smartphone tak lagi perlu memasukkan PIN atau password, menghemat waktu sepersekian detik tiap kali ingin akses iPhone.

Ya, sejak pandemi COVID-19 berlangsung, pengguna iPhone X, XS, XR, 11 hingga iPhone 12 series terpaksa harus memasukkan kode PIN tiap sedang memakai masker. Kamera Face ID secara pintar mendeteksi adanya masker, dan langsung berikan opsi input PIN. Masih belum bisa untuk buka kunci tanpa pengguna harus lepas masker.

Sementara pengguna iPhone seri lama maupun iPhone SE (2020) bisa sedikit jumawa, mengingat masih memiliki sebuah sensor fisik berupa Touch ID yang berada di bawah layar. Meski lebih tradisional, namun jauh lebih reliabel di masa-masa seperti sekarang ini.

Baca juga: iBox Pajang Harga Resmi Apple Watch Series 6 & Watch SE

iOS 14.5 Manfaatkan Apple Watch Untuk Buka Kunci Otomatis

iOS 14.5 FaceID
Opsi buka kunci layar dengan Apple Watch di iOS 14.5 Developer Beta. (Sumber: 9to5Mac)

Lantas bagaimana solusi yang diberikan Apple lewat iOS 14.5 untuk pengguna iPhone dengan Face ID? Dikutip dari 9to5Mac yang sudah mencoba versi developer beta-nya lebih dulu, pengguna nantinya bisa buka kunci dengan memanfaatkan Apple Watch. Sistemnya kurang lebih sama seperti pengguna Xiaomi Mi Band yang dipasangkan ke Android.

Dengan iOS 14.5 dan WatchOS 7.4, bakal muncul opsi baru “unlock with Apple Watch” di tampilan menu FaceID iPhone yang mendukung. Layar iPhone bakal otomatis terbuka kalau; FaceID mendeteksi masker, Apple Watch sedang digunakan di tangan, dekat dengan smartphone, dan dalam kondisi tidak terkunci. Bila semua kondisi tersebut sesuai, maka kunci layar otomatis terbuka.

Saat layar kunci iPhone terbuka, Apple Watch bakal tampilkan notifikasi bila sudah berhasil buka kunci tersebut. Fitur ini hanya berlaku untuk buka kunci lockscreen. Sementara untuk pembelian aplikasi dan lainnya seperti transaksi menggunakan Apple Pay, masih harus deteksi wajah secara penuh atau memasukkan password.

Apple Dikabarkan Bakal Tambah Metode Keamanan di iPhone 13

Touch ID iPad Air
Touch ID yang menyatu dengan tombol power iPad Air terbaru.

Selain fitur buka kunci layar yang mudah tersebut, iOS 14.5 beta juga membawa fitur baru lainnya seperti jalankan jaringan 5G di kedua SIM, dukungan kontroler seperti PS5 DualSense dan Xbox Series X, serta pembaruan pada beberapa aplikasi. Karena masih dalam bentuk developer beta pertama, iOS 14.5 versi final bakal masih perlu banyak pengembangan.

Sementara rumor yang beredar belakangan ini menyebutkan bila Apple sedang melakukan konsiderasi untuk menambah opsi sistem keamanan di iPhone terbarunya. Ada dua kemungkinan; membenamkan sensor sidik jari di bawah layar (mengingat semuanya sudah gunakan panel OLED), atau sensor yang diletakkan di bodi samping.

Metode kedua sudah diterapkan oleh Apple lewat iPad Air versi terbaru. Sehingga bukan tidak mungkin bila sistem serupa bakal diterapkan di iPhone 13 nantinya. Metode ini juga memerlukan biaya yang lebih murah daripada in-display fingerprint sensor. Kalau Gizmo friends sendiri, pilih yang mana?

Tinggalkan komen