Tren belanja daring atau online tentunya berubah-ubah di tiap masanya. Jika saat pandemi kemarin masyarakat cenderung membeli peralatan rumah maupun untuk lengkapi kebutuhan work from home, berbeda lagi dengan masa penerapan normal baru saat ini. Sebagai perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara, Lazada melihat adanya perubahan terhadap perilaku belanja masyarakat.
Kini masyarakat Indonesia semakin menggemari belanja daring mulai dari kebutuhan rumah tangga, perabot dan peralatan rumah, perawatan pribadi sampai kesehatan. Monika Rudijono, Chief Marketing Officer Lazada Indonesia menyebutkan bila konsumen kini juga memiliki minat untuk belajar hal baru, dari yang awalnya hanya berbelanja untuk penuhi kebutuhan harian.
โSekarang bermunculan hobi atau aktivitas yang menjadi tren di era normal baru. Melalui Lazada Mid Year Super Sale, konsumen dapat mendapatkan berbagai produk berkualitas dengan harga โbantingโ. Tidak hanya untuk kebutuhan sehari-hari, tapi juga untuk penunjang kebiasaan baru tersebut,โ jelas Monika rilis yang diterima Gizmologi (7/7).
Hobi dan Kebiasaan New Normal

Berdasarkan tren pembelian konsumen di Lazada selama masa โself-quarantineโ, Lazada merangkum 5 hobi atau aktivitas yang banyak dilakukan di rumah dan akan menjadi tren di era new normal.
1. Gaming
Absennya kegiatan nge-mall dan hangout di coffee shop membuat banyak konsumen beralih ke gaming sebagai entertainment utama dalam menghalau kebosanan. Hal ini didukung oleh WHO dengan kampanye Play Apart Together yang baru-baru ini diluncurkan, dimana bermain game bersama teman secara online sangat dianjurkan untuk menjaga kondisi mental dan mengusir kebosanan selama masa karantina di rumah.
Oleh karena itu, tidak sedikit yang mulai melihat gaming sebagai salah satu hobi atau bahkan menjadi sebuah pilihan profesi di masa depan. Di situs belanja, pencinta eSport juga dimanjakan dengan berbagai perlengkapan gaming, seperti konsol, smartphone atau bahkan digital goods untuk kebutuhan bermain mereka.
2. Berkebun
Di awal masa PSBB, salah satu yang menjadi kendala adalah aksesย bahan makanan segar. Jadi banyak yang mulai menyiasati dengan membuat kebun lahan terbatas sendiri (urban farming) di rumah dan akhirnya menjadi salah satu hobi yang paling diminati oleh masyarakat.
Tanaman bumbu, sayur mayur dan buah merupakan sebagian tanaman yang banyak dicari untuk pemenuhan kebutuhan pangan sekaligus menghias rumah. Berbagai metode berkebun seperti sistem hidroponik, vertical garden dan menanam dalam pot memungkinkan kita untuk melakukan aktivitas berkebun di lahan apapun. Seperti pekarangan rumah, pagar, dinding rumah, bahkan dalam ruang rumah sekalipun.
3. Mendekorasi rumah
Selain berkebun, mempercantik rumah dengan mendekorasi ulang atau menata ulang furnitur atau bahkan mengecat ulang dinding dengan warna-warna baru merupakan kebiasaan baru bagi banyak konsumen Indonesia.
Menurut data selama 3 bulan terakhir, terutama sejak pandemi di mulai, Lazada melihat adanya kenaikan transaksi di barang-barang dalam kategori seperti dekor rumah, pencahayaan dan juga kebutuhan elektronik untuk rumah tangga lainnya.
Dalam masa new normal ini, walaupun mobilitas banyak orang sudah mulai leluasa, tapi akan banyak juga yang memilih untuk tetap berada di rumah, sehingga banyak konsumen yang mengambil kesempatan untuk menghadirkan suasana baru di rumah dengan berbagai aksesoris dan juga perabotan rumah agar membuat rumah lebih nyaman, baik untuk belajar, bekerja maupun untuk bercengkrama bersama keluarga.
4. Memasak
Salah satu perubahan perilaku yang terjadi adalah bagaimana masyarakat mulai kembali ke masakan rumah. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan jumlah transaksi di kategori perlengkapan dapur, peralatan makan. Bahkan bahan-bahan pangan pokok dan segar seperti sayur mayur selama 3 bulan terakhir ini. Dengan mengandalkan kecanggihan perangkat elektronik, mereka juga mendapatkan berbagai tips, trik dan juga resep masakan yang disukai melalui internet.
5. Olahraga di Rumah
Tinggal di rumah selama PSBB bukan berarti melupakan kebugaran tubuh. Menjaga kesehatan badan merupakan salah satu prioritas tertinggi selama masa pandemi. Banyak konsumen yang mulai membuat gym pribadi di rumah agar tetap dapat berolahraga dengan maksimal. Peralatan olahraga seperti barbel, resistance bands, yoga mat adalah beberapa peralatan populer dan banyak dicari dan dibeli dalam kategori alat-alat olahraga di Lazada.
Selain 5 hobi ini, adanya New Normal hadirkan juga kebiasaan baru dalam banyak aktivitas utama konsumen seperti belanja, bekerja, mencari hiburan bahkan belajar, sehingga perangkat elektronik yang memadai juga menjadi sebuah kebutuhan yang penting dalam hal penunjang aktivitas.
Lazada Mid Year Super Sale Hadirkan Produk Brand Favorit
Lewat kampanye Mid Year Super Sale, Lazada angkat tema โ#PilihCeritamuโ untuk dukung hobi dan aktivitas baru konsumen. Kampanye ini digelar sejak tanggal 7 hingga 9 Juli 2020 besok, berikan diskon beragam produk original berkualitas. Selama tiga hari diadakannya Lazada Mid Year Super Sale, masyarakat Indonesia bisa mendapat produk original dari brand favorit dengan harga mulai dari Rp3 ribu saja.
Lazada Mid Year Super Sale berikan beragam diskon untuk penuhi hobi dan tren normal baru, termasuk aksesoris dan perabotan rumah, serta peralatan olahraga yang bisa digunakan di rumah. Lewat program Dapur Lazada di channel LazLive, konsumen juga bisa menemukan tips dan trik serta resep masakan dari chef terkemuka.
Lazada selalu berkomitmen untuk penuhi kebutuhan dan permintaan konsumen. โDengan digelarnya kampanye Lazada Mid Year Super Sale, kami mengajak konsumen untuk meneruskan kebiasaan baru di era New Normal, dan berharap dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa perlu ke luar rumah,โ tutup Monika.
Baca juga:ย Promo di Lazada, TCL A5 32 Inci Smart Android TV Frameless Canggih & Murah
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



