Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO 5G Academy Paparkan Benefit dan Perkembangan 5G di Indonesia

0 336

Meski belum tersedia secara resmi, Indonesia sedang terus mempersiapkan infrastruktur untuk mendukung perangkat dengan jaringan 5G, demi percepatan pengembangan teknologi yang lebih pesat. Bermaksud tak hanya merilis smartphone 5G, OPPO Indonesia ingin lakukan edukasi kepada masyarakat. Salah satunya dengan mengadakan OPPO 5G Academy.

OPPO 5G Academy adalah sebuah kegiatan yang ditujukan untuk mengedukasi jaringan generasi ke-5, kepada media dan khalayak umum. Dihadiri oleh lebih dari 700 peserta secara daring, OPPO 5G Academy Volume 1 membawa topik mengenai 5G dari sisi teknologi dan infrastruktur. Dibahas secara lengkap oleh tiga pihak pemangku kepentingan utama.

Dalam sesi webinar yang diadakan pagi ini (4/2), Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia menyebutkan bila OPPO 5G Academy menjadi sebuah platform OPPO Indonesia untuk melakukan edukasi mengenai jaringan 5G kepada masyarakat. Selain berikan gambaran terkait teknologi dan manfaat 5G, juga diundang para stakeholder dari Qualcomm dan Smartfren Telecom.

Baca juga: OPPO A15s Hadir dengan Memori Lebih Besar, Harga Rp2 Jutaan

OPPO 5G Academy Kenalkan Benefit dan Pengembangan 5G

OPPO 5G Academy
(ki-ka): Sukaca Purwokardjono, Deputy CEO Mobility Smartfren Telecom; Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia & Shannedy Ong, Country Director Qualcomm Indonesia dalam sebuah acara yang diadakan Kamis (4/2).

Selain media dan para tech influencer, kegiatan perdana OPPO 5G Academy yang diadakan secara daring tersebut juga turut mengundang masyarakat umum. Mulai dari mahasiswa, komunitas sampai para pemesan OPPO Reno5 5G. “Acara ini sekaligus menjadi ajang perkenalan teknologi 5G OPPO, dan juga perangkat yang sudah mendukung teknologi ini yaitu OPPO Reno5 5G,” tambah Aryo.

Sepanjang acara, peserta OPPO 5G Academy bisa mendapatkan gambaran umum tentang teknologi 5G, baik dari sisi perkembangan teknologi, implementasi, kegunaan dan pemanfaatan jaringan di masa depan. OPPO sendiri telah merilis smartphone yang sudah mendukung jaringan 5G, yaitu seri flagship OPPO Find X2 series yang sudah hadir resmi di Tanah Air awal 2020 kemarin. Ditambah dengan OPPO Reno5 5G yang lebih terjangkau.

Hadir sebagai perwakilan dari pembuat chipset 5G, Shannedy Ong, Country Director Qualcomm Indonesia menyatakan bila pihaknya siap bekerja sama dengan mitra OEM dan ODM untuk hadirkan perangkat 5G. Salah satu perwujudannya adalah OPPO Reno5 5G yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 765G.

Menurut Shannedy, jaringan 5G akan berikan banyak keuntungan bagi konsumen, terutama untuk kecepatan, latensi yang lebih rendah dan biaya per bit yang lebih rendah. Tak sekadar kencang, latensi rendah mungkinkan penggerakan alat otomasi secara jarak jauh lebih akurat. Seperti alat operasi yang dikendalikan oleh dokter dari jarak jauh dengan sangat minim delay.

Diperlukan Kerjasama dari Seluruh Pihak Stakeholder

Tentu tak hanya chipset saja, namun juga operator menjadi bagian penting dalam struktur pengembangan 5G sebagai penyedia layanan. Smartfren Telecom sebagai salah satu penyedia jaringan di Indonesia mengaku sangat siap untuk siapkan jaringan 5G. Sukaca Purwokardjono, Deputy CEO Mobility Smartfren Telecom turut menyampaikan pendapatnya dalam acara tersebut.

“Smartfren berkomitmen untuk terus wujudkan inovasi-inovasi teknologi, sehingga bermanfaat membuat peluang baru bagi masyarakat. Kami yakin implementasi 5G di Indonesia akan menjadi game changer, bagi industri sekaligus memberikan manfaat besar pada konsumen,” terang Sukaca. Ia menambahkan, diperlukan juga sinergi dari seluruh pemangku kepentingan dalam ekosistem telekomunikasi.

Lewat acara OPPO 5G Academy, OPPO Indonesia berharap masyarakat dapat lebih mengerti mengenai teknologi, pengembangan dan penggunaan jaringan 5G. Sekaligus menegaskan posisinya sebagai penyedia perangkat mobile yang siap dalam menyongsong era jaringan 5G di Indonesia, dengan hadirkan berbagai produk 5G berkualitas.