alexa

OPPO Enco Air Unggulkan Bobot Ringan, Earphone TWS Harga Rp500 Ribuan

Dalam sebuah acara peluncuran virtual yang diadakan 6 Mei 2021 kemarin, OPPO juga meluncurkan sebuah perangkat aksesori baru di China. Masuk dalam kategori wearable berjenis earphone true wireless stereo (TWS), OPPO Enco Air hadir sebagai perangkat audio nirkabel baru yang terjangkau, namun juga punya fitur menarik.

Baru saja beberapa pekan lalu, OPPO Indonesia menghadirkan varian flagship untuk earphone tanpa kabel mereka yaitu OPPO Enco X. Sementara OPPO Enco Air hadir untuk penuhi segmen yang berbeda—sesuai dengan yang ada pada bagian namanya, perangkat ini lebih dikhususkan untuk hadirkan bobot lebih ringan.

Desain charging case dari perangkat ini sendiri tergolong unik. Selain bentuknya yang membulat layaknya seri Enco lainnya, bagian tutup atau atas dibuat semi translucent atau transparan, sehingga bisa terlihat bagian masing-masing earbud di dalamnya. Bobotnya sendiri tak sampai 4 gram, alias hanya 3,75 gram saja tiap earbud (total 40,4 gram dengan case).

Bodi dari case tersebut juga diberikan permukaan soft touch berbahan matte, sehingga tak mudah kotor. Ada empat warna menarik yang ditawarkan, yaitu White, Black, Blue & Green. Dengan bobot ringan, OPPO Enco Air ditujukan agar pengguna tak merasakan beban berat ketika menggunakannya dalam waktu lama.

Baca juga: OPPO Enco Buds, TWS Murah dengan Mode Gaming Rp400 Ribuan

Fitur & Spesifikasi OPPO Enco Air

OPPO Enco Air

Meski ringan, OPPO masih bisa menyematkan kapasitas baterai yang cukup besar baik di tiap earbud serta case-nya. Baterai 25 mAh di tiap earbud sanggup digunakan hingga 4 jam non-stop, sementara kapasitas 440 mAh pada case membuatnya bisa diisi penuh hingga 5 kali, berikan total waktu pemutaran 24 jam.

Sementara untuk pengisian dayanya, seperti smartphone OPPO kebanyakan, didukung fast charging yang bisa digunakan hingga 8 jam hanya dalam waktu 10 menit saja. lalu untuk kualitas audio, OPPO klaim dapat berikan suara “full-spectrum”, alias cocok untuk digunakan mendengarkan beragam lagu dengan bass, treble dan mid-range yang kaya nan seimbang.

OPPO Enco Air

Memanfaatkan R&D yang telah dibangun selama 15 tahun, OPPO Enco Air memiliki driver komposit dengan diameter cukup besar di 12mm, ditambah dengan power bass booster. Dan menggunakan neaural network, dua mikrofon di tiap earbud bisa kurangi background noise saat melakukan panggilan.

Sudah mendukung standar konektivitas Bluetooth 5.2, OPPO Enco Air juga dilengkapi dengan mode gaming rendah latensi. Bukan yang paling singkat di 80ms, namun setidaknya bakal cukup membantu saat bermain gim FPS. Perangkat ini juga sudah tersertifikasi oleh TUV Rheinland untuk standar daya tahan tinggi, plus gestur sentuh yang bisa dikustomisasi lewat aplikasi HeyMelody.

Kompatibel Untuk iOS, Harga OPPO Enco Air Relatif Murah

OPPO Enco Air

Dalam situs resminya, diinformasikan bila TWS OPPO terbaru ini dapat tersambung baik ke Android dan iOS. Namun aplikasi HeyMelody hanya tersedia di Play Store, sementara fitur Rapid Pairing juga khusus perangkat OPPO saja. Meski pengguna kedua ekosistem tersebut bakal tetap nikmati standar daya tahan IPX4 alias tahan cipratan air.

Di negara asalnya, OPPO Enco Air telah tersedia secara pre-order. Harganya? Tergolong cukup murah, hanya CNY249 saja atau sekitar Rp550 ribuan. Namun memang, perangkat ini belum dilengkapi dengan ANC dan punya desain tanpa eartip. Bakal kalah dalam hal jumlah fitur bila dibandingkan realme Buds Air 2 dengan harga setara.

Tinggalkan komen