Amazon Punya Robot Asisten Rumah “Astro”

Jakarta, Gizmologi – Amazon meluncurkan robot asisten rumah bernama Astro. Layaknya robot di film Wall-e, Astro bisa berpatroli menjaga keamanan di dalam rumah yang terintegrasi dengan smarthome Alexa.

Perangkat setinggi kira-kira 60 sentimeter dan berat 9 kilogram itu, memiliki penampilan yang terbilang imut. Meski begitu, Astro dilengkapi sederet kamera dan sensor untuk memetakan area di sekitarnya, sehingga ia dapat bergerak tanpa membentur sana-sini.

“Sekarang ketika Anda pergi, Anda dapat menggunakannya untuk secara proaktif berpatroli di rumah Anda dan menyelidiki aktivitas,” kata eksekutif Amazon Dave Limp, seperti dilansir The Verge, Rabu (29/9/2021).

Robot Astro dapat bekerja bersama asisten digital Amazon Alexa yang dapat dilatih untuk mengenali wajah dan mengikuti aktivitas anggota keluarga di rumah. Robot Astro juga dilengkapi sebuah tablet fungsional dengan layar sentuh berukuran 10 inci dan kamera depan 5 megapiksel.

Pengguna bisa menginstruksikan Astro melalui layar sentuhnya, bisa via aplikasi pendampingnya di smartphone, atau bisa juga dengan memanfaatkan perintah suara. “Inovasi ini mengambil ide dari fiksi ilmiah dan menjadikannya kenyataan.”

Berbasis AI

Robot Amazon Astro

Bicara spesifikasi, Amazon membenamkan chipset neural edge processor AZ1 yang sama seperti pada lini smart speaker Echo-nya. Selain untuk mempercepat respon Alexa, chip ini juga berfungsi untuk mengolah semua tugas berbasis AI secara lokal, termasuk untuk mengenali wajah pengguna.

Soal privasi, pengguna bisa mematikan mikrofon dan kamera Astro, sekaligus menyetop pergerakannya hanya dengan menekan sebuah tombol di bagian atasnya. Pengguna juga bisa menentukan area-area mana saja di dalam rumah yang tidak boleh dihampiri Astro melalui aplikasi pendampingnya.

“Astro dapat mengawasi hewan peliharaan, memeriksa apakah anak mengerjakan pekerjaan rumah mereka, dan mengawasi kejahatan mulai dari pembobolan hingga pelanggaran kecil di keluarga,” bunyi keterangan Amazon,

Selain dapat berpatroli di dalam rumah, Astro juga bisa dioptimalkan untuk mendeteksi alarm kebakaran maupun suara kaca pecah, dari hal-hal yang tidak diinginkan. Nantinya Astro bakal langsung mengirimkan notifikasi kepada penggunanya.

Di periode awal peluncurannya, Amazon mematok harga $1.000 untuk Astro, akan tetapi ke depannya robot ini bakal dijual secara retail dengan harga resmi sekitar $1.450. Perangkat itu juga bisa terhubung dengan layanan Amazon terbaru seperti Alexa Together, dengan langganan senilai US$ 20 (Rp 285 ribu).

Tinggalkan komen