Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Pembaruan Google Chrome Pangkas Pemakaian Memori Tab Hingga 100 MiB

0 89

Penggunaan Google Chrome pada komputer, selalu memakan banyak memori. Tidak seperti Firefox yang masih dalam batas normal dalam menggunakan RAM. Seringkali ini, dapat mengurangi performa perangkat tersebut dalam menjalankan suatu program. Di samping itu, kekurangan Google Chrome juga memiliki potensi bug yang baik. Di dalam browser ini, terdapat sebuah lubang kecil yang bisa berpotensi menyebabkan terjadinya bugs dan juga error.

Baca juga: Rayakan Ulang Tahun Ke-10, Chrome OS Umumkan Beberapa Fitur Terbaru

Dengan beberapa keluhan tersebut, Google segera berbenah untuk memperbarui Browser miliknya. Dikutip dari Engadget, Chrome versi 89 telah diperbarui serta ditingkatkan dalam penggunaan memori browser dan waktu pemuatan di Mac, Windows dan Android.

Memangkas Pemakaian Memori Tab

Update Google Chrome 66. Foto oleh androidheadlines.com

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu berujar jika peramban yang dimiliki sekarang, lebih pintar dalam menggunakan dan membuang memori di seluruh platform. “Chrome sekarang bisa membebaskan memori hingga 100 MiB (mebibyte) per tab, atau lebih dari 20 persen di beberapa situs populer,” ujar Manajer Produk Mark Chang di postingan blog Chromium.

Dengan memangkas memori di tab foreground yang sudah tidak dipakai, misalnya gambar di situs yang tak lagi terlihat karena pengguna sudah scrolling ke bawah. Selain itu, pembaruan dapat mengurangi jejak memori browser di tab latar belakang yang telah dilakukan Chrome di platform lain untuk sementara.

Baca juga: Fitur Perekam Layar Segera Hadir di Chrome OS

Chrome di macOS dapat menghemat memori hingga delapan persen. Untuk peningkatan Nilai Apple Energy Impact untuk tab di background diklaim mengalami peningkatan hingga 65 persen. Pada pembaruan ini, Chrome 89 akan menggunakan PartitionAlloc, memori canggih milik Google yang akan terpasang di perangkat seperti di Android dan Windows 64-bit.

Teknologi ini merupakan memori yang telah dioptimalkan untuk latency, efisiensi, dan sekuriti. Berkat perubahan itu, ini telah meningkatkan respons browser hingga 9 persen, dan menghemat memori hingga 22 persen di Windows.

Membuat Chrome yang Stabil dan Ringan

Chrome OS
ilustrasi Chrome OS (chromeunboxed.com)

Perusahaan dengan Chrome versi terbaru ini memungkinkan pengguna mengemas ulang browser untuk mengurangi kerusakan dan membangun kembali browser agar lebih stabil untuk perangkat Android terbaru. Perusahaan juga memperkenalkan fitur yang disebut “Freeze-Dried Tabs” untuk memulai Chrome di Android hingga 13 persen lebih cepat.

Baca juga: Pembaruan Google Recorder, Cadangkan Data Otomatis dan Sinkronisasi Rekaman Audio

Freeze-Dried Tabs bekerja untuk menyimpan versi ringan dari tab Anda yang ukurannya serupa dengan tangkapan layar, tetapi mendukung pengguliran, pembesaran/ pengecilan, dan ketuk pada tautan. Fitur ini akan muncul saat pengguna pertama kali menjalankan Chrome dan tab sebenarnya dimuat di latar belakang, sehingga Anda dapat melihat laman dimuat lebih cepat dari sebelumnya.

 

Tinggalkan komen