Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Bagaimana Dua Fitur Baru Platform Outsystems Mempercepat Pengembangan Aplikasi Mobile

0 1.845

Mengembangkan aplikasi mobile kelas enterprise  menjadi tantangan besar bagi tim IT. Hal ini seperti tertuang dalam laporan penelitian State of Application Development 2017 yang diterbitkan OutSystems. Menurut laporan yang mensurvei lebih dari 3.200 profesional IT di 40 negara dan 28 industri tersebut, waktu dan keterampilan diidentifikasi sebagai dua hambatan paling penting untuk pengembangan mobile saat ini.

Untuk menjawab permasalahan itu pula, OutSystems mengumumkan dua fitur baru pada platform Low-Code untuk pengembang. Fitur baru tersebut dirancang untuk memecahkan tantangan terbesar dari pengembangan aplikasi mobile enterprise dengan menitik beratkan pada kecepatan dan pengalaman pengguna.

Fitur baru yang pertama yaitu App Templates, membentuk pondasi untuk kecepatan. Setiap template aplikasi mencakup kombinasi layar pre-built yang indah dengan struktur navigasi, logika bisnis, dan data. App Templates juga mendukung kebutuhan mobilitas yang lainya seperti otentikasi ID sentuh, integrasi Google Maps, dan notifikasi dalam aplikasi. Dengan App Template, tim IT dapat mengurangi waktu pengembangan hingga 70%.

Inovasi baru yang kedua, Theme Customizer, yang dapat membantu pengembang dalam membangun pengalaman pengguna (user experience) berkualitas secara cepat, tanpa harus memiliki pengetahuan desain yang luas. Dengan Theme Customizer ini, pengembang dapat mengunggah gambar logo perusahaan, dan OutSystems langsung membuatkan tema aplikasi yang sesuai dengan gaya dan merek mereka.

Developer dapat melihat pratinjau aplikasinya secara real-time dengan emulator built-in. Kemudian menyetelnya secara otomatis ke perangkat yang dijalankan, menciptakan tampilan dan nuansa asli .

Menurut Paulo Rosado, CEO, OutSystems, fitur baru yang ini didekasikan untuk terus mendorong inovasi, memperbaiki pengalaman pengembang Low-Code, dan membantu IT seiring dengan meningkatnya kebutuhan bisnis.

Bagi Anda para developer aplikasi mobile yang telah mencoba platform Low-Code dari OutSystems ini, yuk share pengalaman kalian di sini.