RAM Plus Sambangi Samsung Galaxy A52, Bikin RAM Jadi 12GB

Jakarta, Gizmologi – Kini hampir semua smartphone Android kelas menengah bahkan entry-level dilengkapi dengan spesifikasi yang serba besar. Mulai dari dimensi layar, kapasitas baterai, sampai kapasitas memori yang diusungnya. Tak hanya memori penyimpanan, namun juga memori untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus alias RAM.

Kalau seri flagship sudah bisa mencapai belasan GB, kini seri menengah pun sudah menyamai kapasitas RAM laptop belasan juta, rata-rata diberikan opsi sampai 8GB. Untuk tingkatkan pengalaman multitasking, para vendor punya caranya tersendiri, seperti mengambil penyimpanan internal yang dikonversikan menjadi virtual RAM. Supaya kegiatan akses beberapa aplikasi bisa berjalan lebih mulus.

Lain vendor, lain pula metode serta penamaannya. Di smartphone Samsung, fitur tersebut dinamakan “RAM Plus”, alias nama yang sangat literal. Fitur ini justru hadir pada salah satu smartphone kelas menengah terbarunya, Galaxy A52s 5G yang baru-baru ini diresmikan beberapa pekan lalu. Tak lama kemudian, menyusul ke seri lainnya.

Baca juga: Samsung Akhirnya Hapus Iklan dari Aplikasi Bawaannya

Hadir Lewat Pembaruan Bulan Oktober 2021

Samsung RAM Plus
Tampilan fitur RAM Plus di Galaxy Z Fold3 (Sumber: sammobile)

Setelah pertama kali diimplementasikan ke smartphone 5G Samsung terjangkau tersebut, vendor asal Korea Selatan ini justru baru menghadirkannya ke seri flagship terbaru, Galaxy Z Fold 3. Alhasil, kapasitas RAM-nya meningkat menjadi total 16GB, dari total RAM bawaan 12GB plus virtual RAM 4GB. Dikutip dari GSMArena, fitur RAM Plus kemudian sambangi beberapa seri lainnya.

Salah satunya varian dari Galaxy S21, Galaxy M52 yang punya baterai besar, kemudian ke Galaxy A52 5G (tanpa ‘S’). Nah, bagi Gizmo friends pengguna varian paling standar alias Galaxy A52 4G, kini ada kabar baik. Lewat pembaruan bulan Oktober 2021 yang baru saja digelontorkan secara bertahap pekan ini, Samsung hadirkan penambahan yang sama.

Lewat firmware terbaru versi A525FXXU4AUI3, pembaruan tersebut membawa keamanan terbaru untuk bulan Oktober dengan penambalan 60 risiko baru. Ya, mengikuti jejak Google Pixel, kini Samsung memang bakal lebih rajin untuk berikan pembaruan baik ke flagship dan kelas menengahnya, seperti pembaruan keamanan bulanan.

Fitur RAM Plus pada Galaxy A52 sendiri berjalan otomatis. Artinya, setelah menggunakan firmware terbaru, bakal otomatis diaktifkan. Kapasitasnya pun juga sudah ditentukan menjadi 4GB. Berbeda dengan vendor lain yang hadir sebagai fitur opsional, atau RAM Expansion pada smartphone OPPO yang setidaknya berikan pilihan tiga ukuran berbeda untuk dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Keunggulan Spesifikasi Galaxy A52

Samsung Galaxy A52

Diluncurkan pada bulan Maret 2021, Samsung Galaxy A52 bisa dibilang naik kelas, membawa cukup banyak pembaruan dari generasi sebelumnya. Secara desain, smartphone kelas menengah satu ini terlihat lebih mirip seperti sang flagship, mulai dari peletakan kamera sampai tampak depannya.

Meneruskan penggunaan panel Super AMOLED yang sudah mendukung in-display fingerprint sensor, Samsung Galaxy A52 juga sudah mendukung refresh rate 90Hz, demi pergerakan konten yang lebih smooth. Sudah terlindungi oleh Gorilla Glass 5, plus tahan air berkat sertifikasi IP67 hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Chipset yang digunakan masih Snapdragon 720G, meski sudah cukup untuk jalankan aplikasi dan beberapa judul gim berat dengan optimal. Sektor kamera juga sudah ditingkatkan, di mana sensor utamanya beresolusi 64MP f/1.8 dan juga sudah mendukung OIS. Plus setup tiga sensor lainnya yang lengkap.

Sementara untuk menunjang konsumsi multimedia, disematkan baterai berkapasitas 4,500 mAh yang sudah mendukung fast charging 25W. Plus speaker stereo yang tentu membuat pengalaman mendengarkan musik secara langsung lebih maksimal.

Tinggalkan komen