alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Razer Hammerhead Pro, Earphone TWS Khusus Gaming Harga Rp2 Jutaan

Razer dikenal dengan produk-produknya yang memiliki fokus untuk kebutuhan gaming, mulai dari aksesoris hingga smartphone Android mereka yang diperbarui tiap tahunnya. Untuk perangkat aksesori, juga hadir perangkat wearable berupa earphone TWS. Untuk kualitas yang lebih baik, dihadirkan generasi selanjutnya yaitu Razer Hammerhead Pro.

Sesuai namanya, perangkat true wireless stereo ini hadir sebagai varian yang lebih canggih. Razer Hammerhead Pro dilengkapi dengan mikrofon berkualitas yang sangat penting untuk bermain gim dalam bentuk tim, desain eartip yang berbeda, kontrol sentuh yang bisa dikustomisasi serta baterai yang lebih tahan lama. Seolah membuktikan bila TWS juga bisa digunakan untuk bermain gim mobile.

Baca juga: Razer Book 13, Ultrabook Tipis Khusus Produktivitas

Razer Hammerhead Pro Didesain Kedap Suara Luar

Razer Hammerhead Pro

Karena Razer Hammerhead Pro memiliki desain in-ear, Razer ingin pastikan bahwa perangkatnya cocok digunakan untuk semua orang. Kalau biasanya produsen sediakan tiga ukuran, Razer Hammerhead Pro dilengkapi dengan tujuh jenis eartip berbeda. Selain ukuran, materialnya pun dibuat berbeda; tiga silikon halus, tiga silikon kasar dan satu dari Comply.

Kalau Gizmo friends belum tahu, eartip dari Comply memiliki bahan foam yang lebih kedap suara luar, serta bisa lebih pas dengan lubang telinga penggunanya. Namun memiliki masa pakai yang lebih pendek, serta mudah terlihat kotor dan tidak bisa dicuci. Razer berikan opsi sebanyak itu juga untuk memastikan fitur hybrid ANC-nya bekerja sempurna.

Masing-masing earbud dilengkapi dengan mikrofon yang menghadap ke luar dan ke dalam. Dan untuk mengetahui apakah sudah memilih eartip yang benar, Razer Hammerhead Pro dapat berikan notifikasi khusus ke penggunanya. Untuk kualitas audio, masing-masing dilengkapi driver 10mm. Lebih kecil dari beberapa TWS lain, namun mengantongi sertifikasi THX audio.

Sertifikasi tersebut memastikan bila perangkat ini punya standar yang tinggi dalam mengantarkan suara, mencakup beberapa aspek seperti distorsi, frekuensi, manajemen bass dan lainnya, memastikan suara lebih realistis. Dengan standar tersebut, Razer Hammerhead Pro tetap bisa antarkan suara berkualitas meski dalam volume tinggi.

Punya Mode Low-Latency, Baterai Masih Kurang Bagus

Razer Hammerhead Pro

Dan yang cukup penting untuk sebuah perangkat earphone TWS gaming, tentu saja konektivitasnya. Menggunakan protokol Bluetooth 5.1, Razer Hammerhead Pro memiliki mode low-latency yang bisa menurunkan jeda suara hingga 60ms, diklaim 50 kali lebih responsif dari perangkat lainnya.

Sertifikasi IPX4 hadir memastikan agar perangkat tahan dari cipratan air maupun keringat. Dan lewat aplikasi dari smartphone, pengguna bisa mengatur pintasan sensor sentuh untuk mengangkat telepon, memanggil asisten suara hingga mode Quick Attention untuk mendengarkan suara luar.

Sementara untuk daya tahan baterainya sendiri, tergolong biasa saja dengan total waktu penggunaan 20 jam. Sekali penggunaan bisa bertahan 4 jam, dan durasi tersebut akan turun Ketika fitur seperti ANC atau mode low-latency dinyalakan.

Menggunakan port USB-C, Razer Hammerhead Pro sayangnya belum mendukung pengisian daya secara nirkabel, meski harganya sudah tergolong cukup mahal di USD 199 atau sekitar Rp2,8 jutaan. Di harga yang lebih murah, ada TWS dari merk lain seperti realme Buds Air Pro dan Samsung Galaxy Buds Live, yang juga tawarkan fitur seperti low-latency mode (meski untuk Galaxy Buds Live, harus gunakan smartphone Samsung).

Tinggalkan komen