Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

realme 7 5G Dirilis, Gunakan Chipset MediaTek Dimensity 800U

0 4.921

Pabrikan smartphone dan ekosistem AIoT asal Shenzhen, China, ini kembali hadirkan smartphone baru dengan harga terjangkau. Bukan di Indonesia, namun realme menyasar wilayah Eropa, di mana marak smartphone kelas menengah dengan dukungan jaringan 5G. Produk tersebut adalah realme 7 5G.

Ya, sesuai namanya, smartphone ini merupakan varian lain dari realme 7 yang sudah diresmikan di Indonesia. Jika spesifikasinya dibandingkan, ada yang naik, ada juga yang turun. Namanya juga smartphone 5G terjangkau, harus ada yang dikorbankan demi hadirkan dukungan konektivitas masa depan tersebut.

Tampak belakangnya sama persis, dengan potongan dua warna berbeda plus bingkai kamera yang terletak di sudut atas kiri. Sementara sensor sidik jari disematkan di sisi kanan, menandakan layarnya juga masih belum gunakan panel AMOLED. Sama-sama miliki layar berdimensi 6,5 inci dengan resolusi full HD+, di bagian ini terdapat peningkatan yang cukup signifikan.

Peningkatan yang Dibawa realme 7 5G

realme 7 5G

Yaitu naiknya kecepatan refresh rate dari 90Hz menjadi 120Hz. Semakin setara dengan flagship, dan juga Poco X3 NFC yang sedang hangat-hangatnya di pasaran. Sementara di sisi atas kiri, terdapat sebuah kamera punch-hole beresolusi 16MP untuk keperluan swafoto. Bila sensornya sama dengan realme 7, harusnya dapat hasilkan foto memuaskan.

Sementara di bagian belakang, konfigurasi kameranya berbeda. realme 7 5G gunakan setup yang sama dengan versi 4G global, yakni gunakan sensor utama 48MP f/1.8 dengan ukuran sensor 1/1,73 inci. Ya, sayangnya bukan Sony IMX682 64MP. Sementara tiga sensor lainnya sama; 8MP ultra-wide, 2MP mono dan 2MP macro.

Dan karena ada embel-embel “5G” di dalam namanya, realme 7 5G mengusung chipset yang berbeda, yaitu MediaTek Dimensity 800U. Sudah gunakan fabrikasi 7nm, selain lebih kencang, juga bakal lebih efisien daya dari Helio G95. Cip ini mendukung 5G dual standby, dipasangkan dengan RAM 6GB serta penyimpanan internal 128GB. Tentunya, masih bisa ditambah kartu microSD.

Jalankan realme UI berbasis Android 10, realme 7 5G punya kapasitas baterai sama di 5,000 mAh. Belum mendukung wireless charging, setidaknya ada 30W Dart Charge yang bisa mengisi penuh hanya dalam 65 menit saja. Meski speakernya hanya mono, setidaknya ada dukungan Hi-Res Audio plus Dolby Atmos untuk efek suara terbaik saat gunakan earphone tambahan.

Harga realme 7 5G Di Eropa

realme 7 5G

Lalu berapa harga smartphone 5G terbaru dari realme yang satu ini? Dijual di Eropa, realme 7 5G dibanderol seharga 279 Euro atau sekitar Rp4,6 jutaan. Namun realme bakal memberikan promo Black Friday selama tanggal 27 – 30 November 2020 mendatang, menjadi 229 Euro (Rp3,8 jutaan).

Harga tersebut membuat realme 7 5G menjadi smartphone termurah di Eropa, sesuai dengan spesifikasi yang diusungnya. Jika dimasukkan ke Indonesia, bakal bersaing dengan saudaranya sendiri yaitu realme 7 Pro. Dan juga bakal kurang menarik karena masih tidak ada dukungan 5G, setidaknya sampai 1-2 tahun kemudian.