alexa

Rumor: Sony PSVR 2 Mampu Menyajikan Kualitas Grafis 4K

Sejak diperkenalkan pada Februari 2021 lalu, Playstation Virtual Reality (PSVR) 2 belum juga menampakan bentuknya. Produk aksesoris yang dipersiapkan untuk Playstation 5 (PS5) itu masih terus dikembangkan. Hingga belakangan ini muncul rumor dari UploadVR mengenai PSVR 2, salah satunya tentang kemampuan olah grafisnya yang mencapai kualitas 4K.

Apabila benar PSVR 2 dapat menyajikan kualitas grafis hingga resolusi 4000x 2040 piksel atau 4K, dengan pembagian 2000 x 2040 di tiap mata. Maka kemampuan tersebut sudah jauh melampaui apa yang didapat dari PSVR generasi pertama. PSVR terdahulu hanya memberi batas resolusi maksimal di angka 960 x 1080 piksel tiap mata.

Selain peningkatan kualitas grafis. Fitur lain juga disematkan pada PSVR 2 seperti motor elektrik pada headset untuk memberi efek haptic feedback seperti halnya pada kontrol DualSense PS5. Jika benar terwujud, maka fitur tersebut akan jadi lompatan besar dari penggunaan PSVR. Dan pengembangan game berbasis VR di masa mendatang.

Fitur Eye-Tracking Pada Headset PSVR 2

Fungsi krusial dari sebuah perangkat headset virtual reality terkait dengan penglihatan  mata pengguna. Kemampuan fitur teknologi yang dapat memberi kenyamanan mata saat menggunakannya, sangat berpengaruh pada pengalaman bermain. Itupula yang diterapkan pada PSVR 2 lewat dukungan fitur eye-tracking untuk memaksimalkan fungsi kerjanya.

Kemampuan eye-tracking yang dimiliki PSVR 2 akan membuat visualisasi objek yang lurus dengan tatapan mata akan tampak lebih jelas. Sementara objek di sekitarnya dibuat dalam kondisi sedikit buram. Seperti halnya fungsi retina mata pada saat melihat objek di dunia nyata. Sehingga penglihatan jadi lebih fokus dan tidak mudah terdistraksi lingkungan di sekitarnya.

psvr 2
Sebelumnya Sony telah memperlihatkan tampilan kontrol untuk perangkat PSVR 2.

Dari informasi yang dihimpun UploadVR disebutkan pula, bahwa PSVR 2 mendukung fitur inside-out tracking. Sebuah kemampuan perangkat dalam merespon gerakan kepala gamer ketika bermain. Jadi pergerakan arah dalam dunia virtual terasa lebih presisi, tepat seperti yang dilakukan di dunia nyata.

Fitur dan teknologi tracking tadi merupakan implementasi dari apa yang sudah dipakai pada perangkat virtual reality kelas profesional. Seperti Vive Pro Eye, Pico Neo 2 Eye, dan HP Reverb G2 Omnicept.

Selain itu, Sony akan memanfaatkan konektivitas melalui USB Type C pada PS5 untuk menghubungkannya perangkat PSVR. Sepertinya itu diperlukan untuk mengoptimalkan fungsi kerja perangkat sekaligus menjaga resolusi berada di angka ideal. Termasuk memberikan sumber daya listrik secara langsung pada perangkat headset PSVR 2.

Kehadiran PSVR 2 tentu menjadi hal yang dinantikan. Apalagi Sony juga sudah memperkenalkan kontrol untuk perangkat tersebut. Sebuah kontrol dengan fitur-fitur selayaknya DualSense PS5. Sehingga gamer nantinya tetap dapat merasakan sensasi gerak dalam game virtual reality yang dimainkan.

Tinggalkan komen