Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy M02 Punya Baterai 5000 mAh, Harga Rp1,3 Jutaan

Melalui lini seri Galaxy M, Samsung mencoba hadirkan smartphone dengan spesifikasi di atas kertas yang dibuat kompetitif dibandingkan dengan kompetitornya. Sejak awal hadir di tahun 2019, kapasitas baterainya selalu diunggulkan. Termasuk varian barunya, Samsung Galaxy M02 yang jadi paling murah di awal tahun 2021.

Familiar dengan desainnya? Pada dasarnya, Samsung Galaxy M02 adalah varian lain dari Galaxy A02 yang sudah rilis duluan beberapa waktu lalu. Namun Samsung memutuskan untuk bawa seri ini ke India, karena sepertinya penamaan seri M lebih menarik di sana.

Desainnya sendiri merupakan versi sederhana dari Galaxy M02s. Sama-sama mengusung desain layer waterdrop notch di bagian depan, serta bodi belakang yang memiliki tekstur bergaris. Sama dengan sang kakak, belum dilengkapi dengan sensor sidik jari untuk fitur keamanan, sehingga hanya bisa andalkan face unlock atau kode PIN konvensional.

Spesifikasi Samsung Galaxy M02

Samsung Galaxy M02

Di bagian depan, terdapat layar dengan luas 6,5 inci, Infinity-V display yang memiliki resolusi HD+. Dimensi yang cukup besar di kelasnya, dan memang smartphone ini tergolong besar dengan ketebalan 9,1mm dan berat 206 gram. Tidak ada proteksi tambahan, sehingga pengguna harus lebih berhati-hati supaya tidak tergores.

Total ada tiga kamera yang dimiliki Samsung Galaxy M02; satu di depan dan dua di belakang. Kamera utamanya beresolusi 13MP f/1.9 yang mendukung autofokus. Sementara sensor keduanya berjenis macro 2MP f/2.4 untuk memotret objek yang sangat dekat. Tetap bisa hasilkan foto potret, namun bakal terbatas objek manusia saja menggunakan olah digital.

Sementara kamera depannya beresolusi 5MP f/2.0, alias tergolong standar di kelasnya. Untuk urusan dapur pacu, Samsung Galaxy M02s hadir dengan chipset MediaTek MT6739W yang masih gunakan fabrikasi 28nm. Chipset tersebut ditenami dengan kapasitas RAM 2/3GB dan penyimpanan internal 32GB. Masih bisa diekspansi dengan kartu microSD hingga kapasitas 1TB.

Setidaknya, kapasitas baterai smartphone ini sudah cukup besar di 5,000 mAh, sehingga dapat mengakomodir chipset yang belum efisien daya untuk standar 2021. Namun karena masih kelas entri, belum mendukung fast charging dan port yang digunakan pun masih micro USB. Tampilan antarmuka One UI yang diusungnya menggunakan basis Android 10.

Harga Samsung Galaxy M02

Samsung Galaxy M02

Rilis perdana di India, Samsung Galaxy M02 hadir dalam empat opsi warna lengkap mulai dari Black, Grey, Blue dan Red. Penjualannya bakal dimulai pada tanggal 9 Februari mendatang, dan Samsung bekerja sama dengan situs e-commerce lokat terbesar yaitu Amazon India.

Yang dijual lebih dulu adalah varian dasar dengan konfigurasi memori 2/32GB, dijual seharga INR6,999 atau sekitar Rp1,35 jutaan. Bila sudah terdengar murah untuk sebuah smartphone Samsung, harga semasa pre-sale lebih murah lagi, yaitu INR6,799 (Rp1,3 jutaan). Bila ikut hadir di Indonesia, tentu bakal menarik konsumen yang sedang mencari smartphone Android murah kelas entri.

Tinggalkan komen