Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy M31s Meluncur dengan Baterai 6.000 mAh & 25W Fast Charging

0 7.440

Hadir untuk melengkapi seri smartphone Android kelas menengah harga Rp1-4 jutaan, Samsung Galaxy M series cukup populer di kalangan konsumen Indonesia. Seri ini mulanya dirilis untuk bersaing dengan merk lain yang unggulkan spesifikasi berbanding harga jualnya. Juga utamakan daya tahan baterainya yang cukup awet, berkat kapasitas besar di semua seri Galaxy M.

Varian terbaiknya di semester pertama 2020, Samsung Galaxy M31 sudah kami ulas sebelumnya, hadir dengan baterai 6.000 mAh yang benar-benar awet. Kini, sebuah suksesor telah diluncurkan di India, dinamakan Samsung Galaxy M31s. Meski kapasitas baterainya sama, Samsung berikan beberapa peningkatan fitur yang membuat smartphone Android Samsung ini terlihat semakin premium.

Dari segi desain, terlihat kurang lebih sama dengan sebelumnya, termasuk modul kamera belakang serta material plastik dengan finishing kaca. Perbedaan yang paling nampak adalah gradasi warna Samsung Galaxy M31s yang berubah dari sisi bawah ke atas, dengan layer warna abu-abu maupun biru. Peletakan sensor sidik jarinya pun dipindah, kini menyatu dengan tombol power seperti seri Galaxy A7 (2018).

Samsung Galaxy M31s Miliki Sensor Sony 64MP

 

Meski sensor sidik jarinya diletakkan di samping, bukan berarti smartphone ini hadir dengan panel IPS. Sama-sama mengusung panel SuperAMOLED dengan dimensi 6,5 ini, kini Samsung Galaxy M31s telah mengadopsi desain Infinity-O display, alias tanpa notch dan digantikan oleh kamera berjenis punch-hole.

Sensor kamera depannya sama-sama punya resolusi tinggi di 32MP. Sementara di bagian belakang, terdapat kamera utama 64MP Sony IMX682, ditemani oleh sensor ultra-wide 12MP dan dua sensor tambahan beresolusi 5MP; satu untuk makro, dan satu sebagai depth sensor. Samsung juga bawa fitur dari seri flagship yaitu Single Take, yang juga hadir di seri Galaxy A51 & A71.

Dalam segi dapur pacu, chipset yang digunakan masih sama, yaitu Exynos 9611. Varian RAM yang disediakan kini hingga 8GB, dengan memori penyimpanan internal 128GB. Samsung Galaxy M31s menjalankan tampilan antarmuka OneUI core 2.1 berbasis Android 10, alias versi yang sedikit lebih sederhana dari yang ada pada Galaxy A series.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Samsung Galaxy M31s masih mengadopsi baterai besar 6,000 mAh. Tidak ada peningkatan, meski memang kapasitas tersebut sudah sangat besar. Seri sebelumnya hanya mendukung adaptive fast charging 15 watt, yang meski cukup cepat, masih kalah dengan realme C15 yang sudah adopsi kecepatan 18 watt.

Bisa Menjadi Powerbank, Berikut Harga Samsung Galaxy M31s

Warna Samsung Galaxy M31s

Agar dapat bersaing mengungguli smartphone terjangkau realme, Samsung berikan dukungan pengecasan 25 watt, dengan charger yang sudah termasuk dalam paket penjualan. Smartphone ini juga dapat berfungsi sebagai power bank, melalui fitur reverse charging. Tentunya dibutuhkan kabel USB OTG tambahan untuk menyambungkannya ke perangkat lain.

Diluncurkan pertama di India, Samsung Galaxy M31s mulai dijual 6 Agustus mendatang. Akan tersedia dalam dua pilihan warna (Mirage Blue & Mirage Black), varian terendah dengan memori 6/128GB dibanderol INR20,499, atau sekitar Rp4 jutaan. Sedangkan RAM 8GB sedikit lebih mahal di INR22,499 (Rp4,4 jutaan).