Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy Tab S7 & S7 Plus Bakal Punya Layar 120Hz

0 2.841

Pilihan tablet Android memang tidak terlalu banyak, meski sudah hadir sejak bertahun-tahun lamanya. Mulai dari sistem operasi khusus, Android Honeycomb, sampai sekarang punya versi yang dibuat sama dengan smartphone-nya. Hingga saat ini, belum ada tablet Android yang bisa benar-benar bersaing dengan iPad Pro, misalnya. Yang memang menjadi tablet terbaik, meski harganya pun fantastis.

Salah satu produsen tablet Android terbaik, Samsung sedang menyiapkan tablet baru. Tak hanya satu, melainkan dua seri Galaxy Tab S7, punya spesifikasi dan layar yang berbeda layaknya seri iPad Pro. Informasi ini kembali lagi dibocorkan oleh Roland Quandt dari WinFuture, dengan spesifikasi dan foto yang lengkap, gunakan chipset terbaik Qualcomm.

Baca juga: Review Samsung Galaxy Tab S6 Lite: Hampir Sempurna di Kelasnya

Galaxy Tab S7 Hadir dalam Dua Ukuran

Layar Galaxy Tab S7

Hadir dengan refresh rate 120Hz, ketebalan Galaxy Tab S7 Plus hanya 5,7mm saja. Galaxy Tab S7 bakal gunakan panel LTPS LCD berdimensi 11 inci, sementara Tab S7 Plus pakai AMOLED 12,4 inci dengan resolusi tinggi mencapai Quad HD.

Karena teknologi layar yang berbeda, fitur keamanannya pun tak bisa dibuat sama. Varian biasa menggunakan sensor sidik jari yang diletakkan di samping bodi, sementara varian Plus sudah gunakan teknologi in-display fingerprint sensor. Keduanya bakal hadir dengan stylus S-Pen baru, diklaim sama canggihnya seperti yang dimiliki Galaxy Note 20 dengan latensi 9ms.

Menjadi tablet flagship, Galaxy Tab S7 series bakal gunakan chipset Qualcomm Snapdragon 865 Plus, yang digunakan di ASUS ROG Phone 3 serta Galaxy Z Flip 5G. Setidaknya varian paling rendah bakal punya memori internal 128GB, dengan RAM 6GB LPDDR5x. Ya, ini adalah jenis RAM baru yang seharusnya bisa meningkatkan performa multitasking lebih baik.

Tidak seperti iPad, kedua perangkat tablet baru Samsung ini bakal dilengkapi slot microSD, yang mendukung kapasitas mencapai 1TB. Perbedaan dimensi layar juga menyebabkan keduanya punya kapasitas baterai berbeda—7,040 mAh di Galaxy Tab S7 & 10,090 mAh di Tab S7 Plus. Mendukung fast charging hingga 45 watt lewat charger terpisah.

Bagian belakang Galaxy Tab S7

Di bagian belakang, Samsung menyematkan dua sensor kamera dengan resolusi masing-masing 13MP. Satu adalah sensor utama dengan bukaan f/2.0, sedangkan yang terletak persis di sebelahnya merupakan sensor ultra wide-angle f/2.2. Keduanya dapat merekam video hingga resolusi 4K 30fps. Sementara di depan disiapkan kamera 8MP f/2.0.

Samsung tentunya akan unggulkan sisi produktivitas yang bisa diberikan oleh Galaxy Tab S7. Fitur Wireless DeX bakal hadir, untuk mengubah perangkat menjadi sebuah komputer dengan layar sekunder tanpa kabel. Meski begitu, perangkat ini juga cocok untuk konten multimedia, dengan adanya empat speaker AKG di kedua sisi tablet yang mendukung Dolby Atmos.

Keyboard Cover Galaxy Tab S7 Dilengkapi Trackpad

Galaxy Tab S7 Keyboard Cover

Nantinya, Samsung juga bakal tawarkan sebuah keyboard cover untuk Galaxy Tab S7 series. Tidak dibuat ‘melayang’ seperti Magic Keyboard milik Apple, setidaknya ada sebuah trackpad untuk permudah navigasi.

Udah lengkap banget kan informasinya? Jadinya yang kurang cuma harganya aja, nih. Kalau bakal semahal iPad Pro, apakah Gizmo friends tetap berminat dengan tablet flagship Android ini?