Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Alasan Samsung One UI 2 Dirancang Lebih Sederhana

0 3.502

Kalau dulu desain ponsel didominasi oleh berbagai macam variabel termasuk papan ketik, desain smartphone masa kini utamanya hanya terdiri dari sebuah panel kaca berlayar besar pada bagian depan. Dengan navigasi sentuh, apa saja yang ditampilkan di layar tersebut sangat krusial, bagaimana kemudahan akses aplikasi, maupun untuk menelepon orang terdekat. Masing-masing produsen smartphone miliki tampilan antarmuka tersendiri, salah satunya Samsung dengan One UI.

Untuk menyajikan pengalaman penggunaan smartphone yang maksimal, diperlukan tampilan atau user interface (UI) yang baik, serta pengalaman berinteraksi yang disebut sebagai user experience (UX). Samsung merancang One UI dengan mengutamakan dua faktor tersebut, pertama kali diadakan sejak tahun 2018 lalu. Elemen di dalamnya dibuat agar lebih intuitif, konsisten dan efektif.

Masing-masing fitur elemen yang kamu nikmati pada smartphone Samsung terbaru saat ini dirancang oleh tim UI dengan latar belakang spesifik, berdasarkan interaksi pengguna dalam menggunakan objek fisik sehari-hari. Pernah bertanya kenapa pintasan Samsung Pay diletakkan di halaman depan? Gestur untuk menggeser kartu digital Samsung Pay ke atas terinspirasi dari cara pengguna mengeluarkan kartu dari dompet.

Kesederhanaan Menjadi Fokus Samsung One UI 2

Desainer One UI

Konsep dasar One UI dimulai dengan ide untuk membantu pengguna yang sibuk agar tetap fokus dengan menyederhanakan interaksi pada smartphone mereka. Salah satu desainernya, Soyeon Lim, menjelaskan bahwa One UI dirancang untuk membantu pengguna fokus pada tugas-tugas penting dengan menghilangkan gangguan, berdasarkan konsep kesederhanaan sehari-hari.

Ketika mengembangkan versi antarmuka terbaru, One UI 2, para desainer dari Samsung mengutamakan kesederhanaan. Notifikasi yang muncul dalam bentuk pop-up disederhanakan, dibuat lebih ringkas agar tidak mengganggu ketika sedang mengakses aplikasi maupun menggunakan fitur tertentu. Aplikasi kamera juga disederhanakan, dengan mode lain disembunyikan agar pengguna lebih fokus untuk mengambil gambar.

One UI 2

One UI 2 pada smartphone Samsung baru juga didesain agar lebih nyaman dilihat, serta digunakan untuk satu tangan. Meski dimensi layarnya relatif besar, penempatan ikon lebih sesuai, tidak diletakkan di ujung atas sehingga semua terjangkau dengan jari tangan penggunanya. Pada keyboard, pengguna dapat mengatur ukuran papan ketik, dan menentukan kursor dengan presisi hanya dengan menahan bilah spasi.

Tak hanya untuk smartphone dengan layar konvensional, Samsung juga hadirkan One UI 2.0 ke format layar baru, yaitu desain layar lipat seperti pada Galaxy Z Flip. Hyungwoo Shin, perancang yang bertanggung jawab untuk mengembangkan UI Galaxy Z Flip, menjelaskan betapa kompleksnya proses mendesain tampilan antarmuka smartphone layar lipat tersebut.

Ia mengatakan, ”kami tidak memiliki akses ke perangkat sampel mana pun yang dapat kami terapkan UI baru, jadi kami harus mencetak layar, melampirkannya ke produk contoh serta melipat dan membuka lipatan perangkat untuk mengetahui cara terbaik untuk menerapkan One UI.” Baginya, menghadirkan UI yang cocok dalam Flex Mode menghadirkan tantangan nyata, dengan hasil terciptanya tata letak baru.

Baca juga: Review Samsung Galaxy S20 Ultra: Serba Lebih, Meski Belum Sempurna

One UI Dirancang untuk Semua Orang

Aksesibilitas One UI 2

Tak hanya itu, para desainer One UI 2 juga bekerja untuk berikan pengalaman yang sama-sama dapat diakses oleh semua orang, tanpa memandang usia atau disabilitas. Lewat menu aksesibilitas, Samsung hadirkan fitur seperti tampilan kontras tinggi untuk pengguna yang memiliki kemampuan penglihatan berbeda. Ada juga fitur Light Sensing yang mampu deteksi lampu terdekat dan memberi tahu pengguna tentang status mereka dengan getaran, dan Live Transcribe untuk mencatat pesan audio yang otomatis terkonversi ke teks.

Desainer Samsung One UI akan terus bekerja sama untuk memberikan pengalaman yang sebaik mungkin bagi pengguna smartphone Samsung Galaxy. Soyeon Lim menambahkan, kedepannya One UI akan menawarkan lebih banyak konten yang disesuaikan, dengan kustomisasi aktif yang bakal dihadirkan untuk tingkatkan pengalaman pengguna.


Beli Smartphone Samsung di:

ERASPACE.com Lazada.co.id Shopee.co.id Blibli JD.ID