Mengenal FreshBox, Platform untuk Belanja Kebutuhan Dapur Online & Offline

Jakarta, Gizmologi – Pandemi telah mengubah pola pikir dan perilaku dengan menjalankan aktivitas dari rumah. Mulai bekerja dari rumah, sekolah daring, hingga berbelanja kebutuhan sehari-hari. Peluang ini yang dibidik Freshbox dengan menyediakan aplikasi yang bisa memenuhi kebutuhan dapur.

Mulai dari sayuran, buah buahan, daging, bumbu dapur dan beragam kebutuhan dapur lainnya, semua bisa dibeli secara daring melalui aplikasi FreshBox. Mereka ingin mengedukasi masyarakat dengan kebiasaan baru di masa pandemi. Berbelanja aman, namun dengan jaminan produk yang diterima oleh pelanggan sama segarnya jika mereka membeli di pasar.

FreshBox merupakan start-up company yang berawal menyuplai kebutuhan company yang bergerak di Hotel, Restaurant dan Katering. Berdiri sejak 2018 dibawah naungan PT Berkah Tani Sejahtera, hingga saat ini, mereka telah bekerja sama dengan ratusan klien ternama di bidang hotel dan restoran.

Mengusung slogan “From our farm to your table” FreshBox menjamin kesegaran, kualitas produk dan pelayanan hingga sampai ke pelanggan. Artinya, seluruh produk yang dipanen setiap hari datang langsung dari pertanian FreshBox sendiri, lalu diproses dan dikirim langsung kepada konsumen tanpa perantara.

Inspirasi FreshBox

pendiri Freshbox
Founder FreshBox, Matthew James

Matthew James, Founder FreshBox, mengatakan bahwa FreshBox membawa konsep “farm to table”, yang artinya produk mereka dipanen setiap hari dan datang langsung dari pertanian yang mereka miliki. “FreshBox dimulai dari sebuah mimpi oleh ibu saya untuk menjual sayur-mayur yang segar. Dikarenakan beliau sangat menyukai berkebun. Saya percaya akan mimpi beliau dan bersama dengan tim yang luar biasa, kami kembangkan sampai apa adanya hari ini,” ujar Matthew.

Mengenai pasokan, FreshBox menggandeng para petani di Pulau Jawa untuk menyediakan supply sesuai dengan permintaan pasar. Dengan konsep jadwal produksi antar petani, kerja sama ini menekan risiko hasil panen tidak terjual sekaligus membatasi persaingan di antara mereka.

Produk yang fresh akan dikirim ke fasilitas pemrosesan di mana perusahaan melakukan pemilahan order, quality check dan langsung lanjut untuk delivery ke konsumen. Mereka berkomitmen untuk melakukan pengiriman H+1 untuk menjaga keaslian dan kesegaran seluruh produknya. Sementara untuk daging, mengimport dari Amerika, Australia dan juga Jepang dengan pilihan range biasa hingga high marbling range.

FreshBox juga memiliki beberapa depo Quality Control yang lokasinya dekat dengan kebun, yang berfungsi memilah dan memilih hasil panen terbaik serta pengemasan yang aman, sebelum dilakukan final check. Tujuannya, untuk memastikan produk yang diterima pelanggan tetap segar, aman dan berkualitas.

“Kami dapatkan produk langsung dari kebun sendiri dan mitra petani. Produk segar dikirim ke fasilitas pemrosesan di mana kami lakukan pemilahan order, quality check dan langsung lanjut untuk last mile delivery ke konsumen,” jelas Matthew James.

Ekspansi Bisnis FreshBox

Freshbox aplikasiBerawal dari menyediakan kebutuhan hotel, restoran, dan katering, Feshbox akhirnya ekspansi dengan membuka layanan untuk end user. Pada akhir tahun 2018, mereka mulai masuk ke dalam industri marketplace di Indonesia, yaitu ke JD.ID dan Blibli.com.

Mereka juga mulai membuka offline store pertamanya di Mall of Indonesia (MOI), Kelapa Gading, Jakarta Utara. Dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2020, startup ini berinovasi meluncurkan aplikasi layanan daring untuk pelanggan skala rumahan. Aplikasi ini bisa diinstall untuk smartphone android maupun ios.

Seiring berjalannya waktu dan pengembangan bisnis yang berkelanjutan, saat ini layanan FreshBox sudah bisa dinikmati di semua platform marketplace di Indonesia. Juga telah memiliki 5 offline store yang berada di Mall of Indonesia (MoI), Citywalk Gajahmada, ITC Kuningan, Gandaria dan yang terbaru di Urban Farm PIK (Pantai Indah Kapuk).

Rencananya, beberapa gerai offline tambahan akan dibuka ke depannya melihat animo masyarakat yang cukup tinggi. Selain fokus pada pengembangan offline store, perusahaan juga fokus pada penyediaan layanan pada main supplier seperti JDFreshmart, Shopee seger dan GOfresh.

Untuk distribusi, mereka memakai armada yang dilengkapi dengan chiller yang siap mengantar sampai ke pelanggan dalam kondisi segar dan berkualitas. Bahkan untuk menjangkau pelanggan lebih jauh dan lebih banyak lagi, FreshBox telah bekerjasama dengan Bluebird Group untuk memastikan setiap pesanan akan sampai tepat waktu pada konsumen.

Tinggalkan komen