Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tokopedia Kembangkan Open API untuk Penjual Besar

0 1.675

Pandemi COVID-19 menjadi tantangan yang cukup berat bagi banyak orang, berdampak pada berbagai sektor industri, termasuk UMKM. Melihat keadaan tersebut, tim teknologi Tokopedia langsung bergerak menghadirkan berbagai inovasi. Agar dapat digunakan oleh para penjual yang sebagian besar adalah pelaku UMKM untuk dapat berkembang dengan baik di tengah pandemi.

Salah satu inovasi yang dihadirkan adalah merilis Tokopedia Open API Untuk pedangang besar (power merchant) di marketplace. Hal ini terungkap di gelaran START Summit Extension: Empowering Indonesia through Technology yang digelar Tokopedia pada 16 Juni 2020.

Gian Giovanni, Head of Engineering Tokopedia, mengungjapkan platform marketplace Tokopedia saat ini memiliki lebih dari 8 juta penjual. Sebagian di antaranya ada yang sudah memiliki toko offline atau gudang dimana-dimana dengan sistem kerja yang sudah proper.

Hal itu menjadi sebuah tantangan bagi mereka untuk masuk ke Tokopedia dan berjualan secara online yang berarti harus merawat 2 sistem sekaligus. “Oleh karena itu, kami punya ide agar dua sistem ini bisa diintegrasikan dengan mudah melalui Open API,” ujar Gian Giovanni, Head of Engineering Tokopedia.

Baca juga: Ini Sederet Inovasi Tokopedia di Tengah Pandemi

Tokopedia Open API 

Tokopedia OPEN API START SUMMIT 2020Open API Tokopedia adalah platform integrasi terbuka, yang menyediakan fungsi API untuk membantu penjual mengelola toko dengan lebih mudah. API terbuka ini bisa mengintegrasikan enabler pihak ketiga atau sistem mereka ke dalam platform Tokopedia.

Gian mengungkapkan, pengembangan Open API Tokopedia sebenarnya sudah dilakukan selama 3 tahun terakhir.  Namun, melihat fitur-fitur yang dimiliki seperti stock update dan inventory, Tokopedia kemudian membuka Open API ini untuk kategori Power Merchant, sehingga bisa digunakan oleh lebih banyak penjual.

Peran Open API dalam membantu penjual, khususnya penjual besar, adalah dengan memasukkan sistem atau database yang telah dimiliki sebelumnya, baik dalam hal inventory dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar para penjual dapat mengelola toko mereka di Tokopedia dengan lebih mudah.

Sementara itu Paulus Junianto, Open API Lead Software Engineer, memaparkan berbagai solusi yang bisa ditawarkan oleh Open API kepada para penjual di Tokopedia. Solusi ini antara lain mengautomasi tugas penjual, khususnya dalam hal menghubungkan pesanan dari Tokopedia dengan sistem yang sudah mereka miliki sebelumnya. Dengan begitu, penjual dapat menciptakan enabler system yang memungkinkan mereka untuk mengelola beberapa toko sekaligus yang dimiliki di Tokopedia.

Tokopedia START Summit Extension

Tokopedia Start Summit ExtensionIni adalah sebuah konferensi teknologi virtual pertama yang digagas oleh Tokopedia. START Summit Extension pada bulan Juni ini merupakan kelanjutan dari konferensi teknologi pertama Tokopedia yakni START Summit, yang dihadiri oleh lebih dari 2.000 pegiat teknologi dan ditonton oleh lebih dari 76 ribu orang pada Februari 2020.

Ajang ini menghadirkan para ahli teknologi Tokopedia yang ditonton lebih dari 1.500 orang melalui Tokopedia Play dan Youtube Live. Pada acara tersebut, para ahli teknologi Tokopedia untuk berbicara mengenai dua topik utama, yakni ‘The Essentials of Making an App’ dan ‘How Open API Can Help Empower Sellers’.

Sebelumnya pada 23 April 2020 lalu, START Summit Extension telah menyelenggarakan acara serupa dengan tema ‘She Codes with Purpose’ untuk menyambut perayaan Hari Kartini. Tokopedia mengungkapkan akan terus menyelenggarakan START Summit Extension setiap bulannya untuk membuka kesempatan belajar dan diskusi bersama oleh para pegiat teknologi di seluruh Indonesia.
Baca juga: Tokopedia Gelar Konferensi Teknologi ‘START Summit 2020’


Disclaimer: Gizmologi.ID adalah media partner dari ajang Tokopedia START Summit Extension