Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Lebaran Tanpa Mudik, XL Axiata Prediksi Kenaikan Trafik Data Hingga 20%

0 7.612

Presiden Joko Widodo telah mengumumkan untuk melarang masyarakat mudik ke kampung halaman. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 yang sekarang masih sulit dikendalikan. XL Axiata pun mengantisipasi dengan peningkatan kualitas jaringan data menyambut lebaran yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Penguatan jaringan data ini terus dilakukan seiring dengan meningkatnya trafik penggunaan layanan data karena semakin banyaknya aktifitas masyarakat untuk bekerja, belajar dan beribadah #DiRumahAja. Selama bulan Ramadan dan Lebaran tahun ini, aktifitas berkomunikasi masyarakat menggunakan layanan seluler termasuk layanan data di rumah diperkirakan akan terus meningkat dengan adanya larangan pemerintah kepada masyarakat untuk tidak melakukan mudik.

Dian Siswarini, Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata, mengatakan demi memenuhi kebutuhan pelanggan selama periode Ramadan dan sekaligus berdiam di rumah terkait Covid-19, XL telah meningkatkan kapasitas jaringan data hingga 2 kali lipat. “Kami juga menawarkan sejumlah paket spesial selama Ramadan hingga Lebaran nanti, baik untuk pelanggan prabayar maupun pascabayar, termasuk juga XL Home, yang biasanya mendapatkan sambutan positif pelanggan,” ujar Dian.
Baca juga: Asyik! XL Axiata Sediakan Gratis Akses 2GB/hari ke Pelajar dan Pekerja

Peningkatan Trafik Data XL

I Gede Darmayusa, Plt Chief Techology Officer XL Axiata,  mengatakan sejak ada imbauan social distancing, hingga saat ini beberapa area mengalami peningkatan trafik data yang relatif merata. Di antaranya seperti regional Sumatera sekitar 15,9%, regional Jabodetabek dan sebagian Kalimantan 15,8%, regional Central:Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan sebagian Kalimantan 15,5%, East:Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi dan sekitarnya 15,8%.

Dari pola penggunaan data dan aplikasi, layanan berbasis streaming mendominasi mencapai sekitar 66%, Instant Messaging 16%, Social Network 11,5%, dan lain-lain sekitar 6,5%. Secara keseluruhan selama periode waktu diberlakukanya kebijakan bekerja dari rumah (WFH) dan belajar dari rumah, untuk trafik layanan seluler terjadi peningkatan trafik sekitar 18% dari kondisi normal. Sedangkan untuk layanan XL Home peningkatan trafik sekitar 20% dari kondisi normal. Kenaikan trafik terjadi secara merata di berbagai kota/wilayah khususnya di wilayah perumahan/residensial.

XL Axiata juga memanfaatkan Mobile BTS untuk ditempatkan diberbagai rumah sakit yang saat ini merawat pasien Covid-19 seperti Rumah Sakit Rujukan, Rumah Sakit Darurat, Pemukiman/residensial dan lokasi-lokasi strategis lainnya untuk mendukung Lebaran 2020.

Gede menambahkan selama Ramadan dan lebaran, XL memperkirakan akan terjadi kenaikan trafik layanan dibandingkan hari-hari biasa (normal). Untuk layanan data perkiraan akan meningkat sekitar 15%-20%, sedangkan untuk layanan percakapan sekitar 5% dan untuk layanan SMS trafiknya relative stabil. Berdasarkan data trafik lebaran tahun sebelumnya, umumnya kenaikan trafik akan terjadi di kota-kota Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Surabaya, Madura, Medan, Lampung, Makassar, Banjarmasin, Lombok.

Jumlah pelanggan XL Axiata saat ini mencapi lebih dari 56 juta pelanggan dengan dukungan jaringan data 4G yang tersebar hingga pelosok-pelosok Indonesia. XL Axiata memiliki lebih dari 130 ribu BTS, termasuk lebih dari 54 ribu BTS 3G dan lebih dari 40 ribu BTS 4G. Saat ini layanan 4G XL Axiata juga sudah hadir di lebih dari 425 kota/kabupaten di Indonesia. Jaringan XL Axiata juga ditopang fiber optik sepanjang lebih dari 45 ribu km yang membentang dan menghubungkan berbagai wilayah dan kepulauan di Indonesia.

Promo Ramadan XL Axiata

Beberapa program promo yang akan dijalankan selama Ramadan seperti untuk pelanggan XL prabayar adalah fitur Xtra Unlimited TURBO yang memungkinkan pelanggan mengakses aplikasi Youtube, Instagram, Facebook, WhatsApp, Line, dan Gojek tanpa batas kuota dan kecepatan. Fitur ini bisa diaktifkan melalui aplikasi myXL dan saat ini sedang berlangsung promo diskon harga hingga 75%.

Bagi pelanggan non XL yg ingin mencoba bisa membeli Kartu Perdana XL yg sudah dilengkapi dengan fitur Xtra Unlimited TURBO melalui website xl.co.id. Tersedia juga paket Xtra Kuota Ramadan terdiri dari Paket Sahur, pukul: 03.00-05.00 wib, mulai dari Rp. 2.500 dan Paket Ngabuburit, pukul: 15.00 – 17.00 wib, mulai dari Rp 3.500. Hanya di aplikasi MyXL.

Bagi pelanggan AXIS, tersedia Paket AXIS ada Paket Warnet 1GB 1 Jam cuma Rp 490, Paket Sahur 2GB 7 hari cuma Rp 5.500 (Paket ini dapat digunakan pada jam 00-05.59 WIB) dan Paket Bedug 7 hari cuma Rp 5.500 (Paket ini dapat digunakan pada jam 17-19.59 WIB). Paket tambahan, pelanggan bisa melakukan Metode Pembayaran OVO hanya berlaku untuk pembelian paket di aplikasi AXISnet dan Pelanggan bisa melakukan Donasi untuk Covid-19 melalui UMB *123*6116# dan SMS.

Sementara itu pelanggan pascabayar XL Prioritas bisa menikmati manfaat Promo diskon plan bulanan dan booster bagi pelanggan baru dan promo diskon Booster, upgrade plan, dan bonus kuota kepada pelanggan setia. Promo-promo tersebut bisa didapat melalui pendaftaran di XL Center, Promo Diskon 30% myPRIO ditambah Booster komplit hingga 12 bulan, dan isi pulsa PRIO Flex minimal Rp 50.000 dapat bonus kuota 5GB.

Melalui Website atau WhatsApp Bussiness di nomor 0818-8000-55 untuk mendapatkan promo pendaftaran Diskon 30% myPRIO ditambah Booster komplit hingga 12 bulan, dan Bonus Kuota 9GB untuk 3 bulan (3GB/bulan). Kemudian promo melalui myXL Postpaid, pelanggan akan mendapatkan Diskon 15% Booster Data & Voice dan Diskon 15% untuk Upgrade Plan ditambah lagi isi pulsa PRIO Flex minimal Rp 50.000 dapat bonus kuota 5GB.

Kemudian yang saat ini masih berlangsung, program gratis akses data 2GB/hari dengan mengaktifkannya melalui aplikasi myXL, myXL Postpaid, atau Axisnet. Gratis 2GB/hari bisa pelanggan manfaatkan untuk mengakses sejumlah aplikasi atau layanan data yang bisa membantu aktifitas belajar atau bekerja dari rumah.