PPKM Darurat Jawa-Bali, Smartfren Perkirakan Lonjakan Trafik Data 10-20%

Pemerintah telah menetapkan kebijakan baru terkait penanggulangan pandemi Covid-19 melalui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat Jawa-Bali yang berlaku efektif mulai 3 – 20 Juli 2021. Smartfren pun melakukan optimalisasi dan ekspansi jaringan, sebagai dukungan terhadap kebijakan tersebut.

Sebenarnya, optimalisasi serta ekspansi jaringan tersebut telah dilakukan sejak awal 2021 dan terus berlangsung sampai sekarang. Sehingga Smartfren siap mengantisipasi lonjakan traffic data yang berpotensi terjadi.

Hal ini ditegaskan oleh Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren yang mengatakan Smartfren selalu mendukung kebijakan pemerintah. Di mana sejak awal sudah melakukan ekspansi jaringan dan mempertahankannya agar dapat menangani lonjakan traffic yang lebih tinggi dibandingkan hari biasa.

“Dengan diterapkannya PPKM Darurat Jawa-Bali, kami memperkirakan akan terjadi lonjakan traffic data sekitar 10%-20% seiring semakin banyak kegiatan yang dilakukan secara online,” ujar Agus dalam siaran pers yang diterima Gizmologi di Jakarta (4/7).

Perubahan Perilaku Penggunaan Layanan Saat PPKM Darurat Jawa-Bali

Smartfren BTSDia menambahkan, seiring pemberlakuan PPKM Darurat Jawa-Bali akan terjadi perubahan perilaku penggunaan layanan data pada pelanggan. Kegiatan bekerja dan sekolah yang sepenuhnya dilakukan online, akan memicu peningkatan dalam hal pemakaian aplikasi pertemuan online seperti Zoom, Microsoft Teams, atau GoogleMeet. Selain itu konsumsi layanan hiburan digital, seperti media sosial dan game juga diperkirakan ikut meningkat.

Guna memastikan seluruh pelanggan bisa menjalankan aktivitas digitalnya dengan lancar, Smartfren juga menyiapkan tim network yang siaga hingga tingkat kabupaten. Tim network ini akan fokus untuk mencegah dan menangani insiden gangguan agar bisa diselesaikan dengan cepat. Smartfren juga didukung oleh network operation center yang beroperasi 24 jam, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

“Selain dukungan tersebut, Smartfren akan terus melakukan penambahan kapasitas dan coverage hingga akhir 2021, serta menambah berbagai BTS baru. Karena itu kami pastikan seluruh pelanggan Smartfren tetap bisa menikmati jaringan 100% 4G dengan layanan data terbaik ketika menjalani work from home, school from home, maupun menikmati hiburan digital berupa streaming dan gaming,” imbuh Agus Rohmat.

Selain menyiapkan jaringan, Smartfren juga telah meluncurkan sejumlah produk yang dapat mendukung pelaksanaan bekerja dan belajar dari rumah. Smartfren memiliki paket Unlimited yang bisa digunakan selama 24 jam, untuk aplikasi apapun. Kemudian ada juga Smartfren GOKIL MAX yang tersedia di 220 kota, dengan kombinasi kuota nasional dan kuota lokal besar dan serta Extra Kuota (01.00 – 05.00 WIB) yang melimpah, dapat digunakan untuk aplikasi apapun.

Tinggalkan komen