alexa

Tokopedia Alami Lonjakan Transaksi Pesat Saat PPKM Darurat

Jakarta, Gizmologi – PPKM Darurat yang diperpanjang hingga 2 Agustus 2021 di wilayah Jawa-Bali mendorong masyarakat lebih banyak beraktivitas dari rumah, termasuk dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Transaksi digital dan belanja online pun semakin menjadi andalan.

Bank Indonesia (BI) mencatat transaksi digital melalui sistem pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) meningkat signifikan. Bahkan sampai dengan pertengahan Juli sudah mencapai 8.037.518 transaksi.

“Ini ada kenaikan dari sisi jumlah transaksi, kenaikkan 7,63 persen dalam satu minggu periode PPKM. Sedangkan dari nominal transaksi mencapai Rp727,2 miliar,” ujar Budiatmaka, Kepala Grup Departemen Surveilans Bank Indonesia (14/7).

Pertumbuhan tersebut merefleksikan percepatan transisi pembayaran dari yang bersifat tunai menjadi non tunai. Lonjakan transaksi juga terjadi di sektor belanja online. Hal ini dikatakan oleh External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, yang mengaku terjadi peningkatan transaksi terutama untuk keperluan sehari-hari, meski sayangnya tidak menyebutkan secara rinci jumlah kenaikannya.

“Selama tiga minggu pertama masa PPKM Darurat berlangsung, kategori Kesehatan, Makanan dan Minuman, serta Rumah Tangga merupakan tiga kategori di Tokopedia dengan lonjakan penjualan paling signifikan,” kata Ekhel di Jakarta (26/7).

tokopedia nyam

Berikut ini tiga kategori yang mengalami lonjakan transaksi paling pesat selama PPKM Darurat.

1. Kesehatan
Produk kesehatan seperti oximeter, vitamin dan masker menjadi produk yang paling banyak diburu masyarakat lewat Tokopedia selama 3 minggu pertama PPKM Darurat berlangsung.

“Masyarakat bisa mengunjungi ‘Tokopedia Peduli Sehat’ untuk mendapatkan produk kesehatan pilihan yang sudah terkurasi dengan deretan kemudahan lainnya, termasuk diskon hingga 90%,” terang Ekhel.

2. Makanan dan Minuman
Selama masa PPKM Darurat berlangsung, produk kopi, paket dan parsel makanan, serta bumbu dan bahan makanan merupakan beberapa produk di kategori Makanan dan Minuman di Tokopedia yang paling banyak diburu masyarakat.

Masyarakat pun bisa menemukan beragam pilihan makanan dan minuman dari para pegiat usaha, khususnya UMKM lokal makanan dan minuman, melalui ‘Tokopedia NYAM!’.

3. Rumah Tangga
Kesadaran masyarakat akan proteksi kesehatan di rumah pun terus meningkat. Hal ini terlihat dari cairan desinfektan yang semakin banyak diburu oleh masyarakat. Mulai dari kemasan botol kecil yang mudah dibawa-bawa, hingga cairan desinfektan refill dalam kemasan besar.

“Pada kategori Rumah Tangga, produk-produk yang paling populer di antaranya handuk, bantal tidur, serta cairan desinfektan,” ujar Ekhel.

Tinggalkan komen