Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Rilis Diam-Diam, vivo V20 2021 Hadir dengan Chipset Baru

Menutup bulan Desember 2020, vivo secara diam-diam telah merilis sebuah smartphone kelas menengah terbarunya di India. Namun, berbeda dari biasanya, kali ini yang dirilis adalah vivo V20 2021. Yup, seri yang sama, hanya saja diberi imbuhan penamaan tahun berikutnya. Peningkatannya pun bisa dibilang sangat minor.

Padahal, belum genap tiga bulan, vivo baru saja merilis vivo V20 series termasuk di Tanah Air, yang juga sudah kami ulas pada bulan Oktober lalu. Secara spesifikasi, banyak kesamaan antara varian kemarin dengan varian 2021 yang baru aja diperkenalkan ini. Bahkan desainnya pun saja, hadir dalam dua opsi warna yaitu Midnight Jazz dan Sunset Melody.

Sebelumnya, vivo merilis vivo V20 sebagai smartphone yang unggulkan kemampuan kamera depan. Dalam masa di mana semua orang bisa menjadi kreator konten, sangat penting bagi smartphone masa kini untuk miliki kualitas foto maupun video yang bagus, tidak hanya dari kamera belakangnya saja.

Baca juga: Kolaborasi dengan ZEISS, Terobosan Baru Vivo Perkuat Kemampuan Kamera Smartphone

Prosesor vivo V20 2021 Sedikit Lebih Unggul

vivo v20 2021

Tampak luarnya benar-benar didesain sama, alias tidak ada perubahan sama sekali. vivo V20 2021 tetap hadir dengan profil yang sangat tipis di 7,4mm, dengan bobot sekitar 171 gram saja. Terdapat konfigurasi triple camera di bodi belakang, sementara bagian depannya mengusung desain kamera dengan waterdrop notch. Guna mengakomodir peletakan sensor kamera depan yang superior.

Layarnya berdimensi 6,44 inci, punya resolusi full HD+ 60Hz dengan panel AMOLED. Sensor sidik jarinya juga sudah dibenamkan di bawah layar. Gunakan port USB-C, pengisian dayanya cukup cepat hingga 33 watt untuk mengisi baterai 4,000 mAh. Kapasitas memori internalnya 128GB, dengan RAM 8GB dan slot kartu memori eksternal.

Yang berbeda di vivo V20 2021 hanya satu, yaitu chipsetnya. Kalau sebelumnya gunakan seri Snapdragon 720G, seri terbaru ini ditingkatkan dengan Snapdragon 730G. GPU-nya sama persis, gunakan Adreno 618 dengan proses fabrikasi 8nm. Yang sedikit berbeda hanya ada di jenis CPU serta clock-speed maksimumnya. Seharusnya tak bakal terasa jauh perbedaannya.

Hal yang serupa juga pernah dilakukan oleh realme, yang baru saja rilis realme C15 Qualcomm Edition. Kalau di varian sebelumnya pakai MediaTek Helio G35, yang terbaru gunakan Snapdragon 460. Meski jarak rilis keduanya masih lebih jauh, dibandingkan vivo yang baru sekitar dua bulan saja.

Sisanya juga masih sama, dengan kamera depan 44MP yang dilengkapi Eye Autofocus dan bisa rekam video sampai resolusi 4K. Kamera belakangnya miliki sensor utama 64MP, ditemani sensor 8MP ultra wide-angle dan 2MP depth sensor. Jadi salah satu yang pertama jalankan Android 11, tampilan antarmukanya gunakan FunTouch OS 11.

Harga vivo V20 2021

review vivo v20

Smartphone ini terpantau sudah tersedia di situs penjualan Amazon India. vivo V20 2021 dijual seharga INR24,990, atau sekitar Rp4,8 jutaan. Ya, harganya kurang lebih sama dengan seri vivo V20 yang dijual di Tanah Air. Dikutip dari situs Moneycontrol, keberadaan vivo V20 2021 di India bakal langsung gantikan varian sebelumnya.

Hingga kini, belum ada informasi maupun tanda-tanda bila varian di Indonesia bakal mengikuti alur yang sama seperti India. Jika iya, tentu bakal berikan tambahan keunggulan, terutama apabila dibandingkan dengan saudaranya seperti OPPO Reno4. Namun bagi kamu yang sudah membeli varian dengan Snapdragon 720G, tenang, perbedaannya sangat minor kok.

Tinggalkan komen