Pakai Lensa ZEISS, vivo X60 Series Meluncur 29 Desember

1 1.415

Dalam sepekan terakhir, rumor akan kehadiran smartphone kamera flagship terbaru dari vivo sudah mulai bermunculan. Ya, sejak tahun 2020 ini, vivo cukup sukses untuk menunjukkan kemampuannya merilis flagship dengan kamera canggih. Bila sebelumnya sudah hadir vivo X50 Pro, kini giliran vivo X60 series yang juga unggulkan performa kamera.

Konon bakal hadir dalam tiga seri seperti generasi sebelumnya, yaitu vivo X60, X60 Pro dan X60 Pro Plus yang dirumorkan bakal pakai chipset terbaik dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 888. Nah, per hari ini (14/12), vivo secara resmi berikan teaser fitur unggulan dari vivo X60 series, terlihat langsung dari modul kameranya.

Secara desain, modul kamera vivo X60 masih terlihat serupa dengan generasi sebelummya. vivo masih mengusung desain layer bertumpuk pada kameranya, diletakkan di atas kiri berbentuk persedi panjang. Opsi warna yang hadir juga mirip, dengan warna terang yang juga menyerupai seri vivo V20. Namun ada yang berbeda bila ditelisik lebih dekat.

Baca juga: vivo Perkenalkan UI Terbaru OriginOS, Bakal Hadir di Lebih dari 30 Perangkat

vivo Gandeng ZEISS Untuk Tingkatkan Kamera vivo X60 Series

Kamera vivo X60 series, kini dilengkapi logo ZEISS.

Ya, pada masing-masing unit vivo X60 series yang ada di atas, terlihat penempatan logo baru yang absen di seri sebelumnya. Logo tersebut mungkin Gizmo friends pernah kenali di beberapa seri smartphone Nokia terdahulu. Yup, untuk vivo X60 series, vivo bakal menggandeng salah satu pencipta lensa optik kelas atas asal Jerman, ZEISS.

Tak hanya sekadar teks “ZEISS Vario Tessar” yang diletakkan di sebelah kanan LED flash saja, vivo juga letakkan logo ZEISS berwarna biru, seolah menjadi kebanggaan tersendiri. Peletakannya berbeda-beda dari tiap seri, di mana pada tiga smartphone di atas, terlihat satu seri gunakan tiga sensor dan dua lainnya dengan empat sensor.

Besar kemungkinan bila hanya varian Pro dan Pro Plus saja yang dilengkapi lensa periskop tambahan untuk kemampuan pembesaran gambar lebih jauh. Rentang focal length-nya juga berbeda; 16-50mm (5x zoom) dan 16-125mm (10x zoom). Sementara dimensi sensor paling atas mengindikasikan kembali hadirnya gimbal stabilization di penerus X50 series ini.

vivo X60 Series Bakal Gunakan Exynos 1080 5nm

Selain tampilan kamera belakang, vivo juga mengonfirmasi bila peletakan kamera depannya juga dipindah. Dari posisi atas kiri, dipindah ke bagian tengah layaknya smartphone flagship lain. Selain lensa yang kini didukung oleh ZEISS, vivo juga tanamkan kemampuan AI terbaru, di mana vivo X60 series bakal bawa keunggulan utama yang disebut “Dark Night Vision”.

Bakal diluncurkan secara global 29 Desember nanti, vivo X60 series juga bakal ditenagai oleh chipset terbaru dari Samsung, yaitu Exynos 1080. Saat diluncurkan, memang dikabarkan bila vivo bakal menjadi produsen smartphone pertama yang gunakan cip 5G 5nm tersebut. Namun jadwalnya lebih cepat, dari awal Januari yang sekarang berganti ke akhir tahun 2020. Kita nantikan kehadiran resminya ya.