Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Xiaomi Mi 10S 5G Meluncur dengan Snapdragon 870 & Kamera 108MP

0 4.766

Meski sudah meluncurkan seri flagship dengan penamaan angka 11, nampaknya Xiaomi masih belum puas dan hentikan seri sebelumnya yang hadir di Indonesia tahun lalu. Mencoba hadirkan opsi yang lebih murah, Xiaomi Mi 10S debut dengan spesifikasi yang tak kalah mentereng. Terkecuali di beberapa bagian tertentu.

Salah satu yang dipangkas adalah pemilihan chipsetnya. Memang, Xiaomi Mi 10S menggunakan chipset baru dari Qualcomm, dengan clockspeed yang kencang pula. Namun yang dipakai adalah versi over-clock dari generasi tahun lalu, yaitu Qualcomm Snapdragon 870. Sisanya bisa dibilang kurang lebih sama.

Secara desain, smartphone terbaru Xiaomi ini mengusung desain kombinasi baru dan lama. Dari depan, terlihat identik layaknya Xiaomi Mi 11 dengan lengkungan kaca di sisi kiri dan kanan. Sementara sisi belakangnya terlihat hampir persis Xiaomi Mi 10 Ultra, terutama pada modul kameranya. Punya setup empat kamera sejajar, di mana sensor paling atas diberi aksen berbeda.

Baca juga: 16 Maret! Xiaomi Indonesia Bakal Rilis Mi 11 dengan Snapdragon 888

Spesifikasi Xiaomi Mi 10S Masih Cukup Gahar

Xiaomi Mi 10S

Perbedaan lainnya bakal ditemukan pada spesifikasi layar yang diusung. Memiliki layar seluas 6,67 inci, panel yang digunakan sudah AMOLED dengan dukungan refresh rate 90Hz. Hanya saja, secara resolusi bukan yang tertinggi, alias ‘hanya’ mencapai full HD+ saja.

Meski begitu, layar tersebut sudah tersertifikasi untuk dapat memutar konten HDR10+, ditambah lapisan tahan gores Gorilla Glass 5. Selain layar, setup speaker stereo-nya juga bukan main-main. Lewat pengujian dari DxOMark, menjadi salah satu yang terbaik berkat campur tangan dari Harman Kardon.

Chipset Snapdragon 870 yang diusung oleh Xiaomi Mi 10S dipadukan dengan pilihan kapasitas RAM 8 atau 12GB LPDDR5, sementara penyimpanannya sampai 256GB. Selain performa yang seharusnya kencang, spesifikasi kameranya juga mendekati flagship masa kini, dengan satu pembeda.

Di bagian depan, terdapat sebuah kamera punch-hole imut beresolusi 20MP. Sementara di baliknya, ada empat kamera menonjol dengan sensor utama 108MP milik Samsung, lengkap dengan OIS. Tanda bila ini bukan flagship terbaik ada di ketiga sensor lain yang menemaninya.

Selain sensor ultra wide-angle 13MP, dua sisanya hanyalah sensor 2MP untuk macro dan depth. Bahkan Xiaomi tak menyematkan sensor telemacro 5MP-nya yang berkualitas, apalagi telefoto. Yah setidaknya sensor utamanya cukup bertenaga ya.

Untuk kapasitas baterainya sendiri cukup besar di 4,780 mAh. Dukungan pengisian dayanya juga fleksibel; selain 33W lewat kabel dan 30W secara nirkabel (wireless), Xiaomi Mi 10S juga bisa mengisi daya perangkat lain sampai output 10W (reverse charging).

Lewat dukungan fast charging, perangkat yang menjalankan MIUI 12 berbasis Android 11 ini bisa terisi penuh dalam waktu 56 menit. Disematkan juga teknologi vapor chamber liquid cooling untuk penyebaran suhu panas efektif, supaya performa terus optimal.

Harga Xiaomi Mi 10S

Xiaomi Mi 10S

Dengan chipset modifikasi tahun lalu, punya resolusi layar lebih rendah dan spesifikasi kamera lebih sederhana, Xiaomi Mi 10S tentu dibanderol lebih murah dari Mi 11. Rilis perdana di China, Xiaomi berikan bonus 30W wireless charger pada penjualan awal 12 Maret ini.

Lantas berapa harga smartphone kamera Xiaomi yang satu ini? Varian paling sederhana dengan memori 8/128GB dibanderol CNY3,299 atau Rp7,3 jutaan. Sementara yang paling tinggi (12/256GB) lebih mahal di CNY3,799 (Rp8,4 jutaan).

Tinggalkan komen