5 Pilihan Smartwatch Murah dengan Fitur Oximeter, Kurang Dari Sejuta!

Kalau kemarin kami sudah membuatkan rekomendasi smartband atau gelang pintar terjangkau dengan fitur pemantauan saturasi oksigen (SpO2) dalam darah, kali ini ada beberapa pilihan perangkat murah untuk Gizmo friends yang lebih inginkan jam tangan. Ya, smartwatch murah juga tak kalah banyak kok yang punya fitur pemantauan SpO2.

Kalau smartband dipilih atas alasan kepraktisan, jam tangan pintar atau smartwatch cocok untuk mereka yang memang inginkan sebuah jam tangan, alias tak sekedar gelang dengan layar kecil saja. smartwatch juga lebih cocok untuk mereka yang lebih sering intip notifikasi, tanpa harus mengakses layar smartphone.

Baca juga: Rekomendasi 6 Smartband Terjangkau dengan Fitur Cek SpO2 (Oximeter)

Rekomendasi Smartwatch Murah dengan Oximeter

Nah, langsung saja, berikut adalah pilihan smartwatch murah yang dilengkapi dengan fitur pemantauan saturasi oksigen dalam darah atau SpO2. Sebuah fitur yang paling dicari, terutama di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Agar dapat mendeteski kemungkinan diri terjangkit virus tersebut.

1 Eggel Tempo 2 Sports

Eggel Tempo 2 Sports

Salah satu opsi yang paling murah saat ini dipegang oleh merek Eggel, dengan produk mereka yang stylish yaitu Eggel Tempo 2 Sports. Pada toko resminya di Shopee, jam tangan ini dijual seharga promo Rp349 ribu, sementara harga normalnya pun relatif mudah di Rp399 ribu. Lalu apa saja fitur kesehatan yang ditawarkan?

Layarnya mendukung input sentuh dengan dimensi 1,3 inci, sementara bodinya terbuat dari material zinc alloy dengan strap kulit. Sudah mengantongi sertifikati IP67 alias tahan air dan debu. Sementara baterainya diklaim bisa menyala hingga 7 hari penggunaan.

Menariknya, selain dilengkapi dengan 23 pilihan mode olahraga, smartwatch murah dari Eggel satu ini dilengkapi fitur 24 Hour Health Manager. Artinya, Eggel Tempo 2 Sports bakal cek denyut jantung, SpO2, kualitas tidur hingga temperatur/suhu badan secara otomatis sepanjang hari, tanpa pengguna harus inisiasi secara manual.

2 Mito Gear 50 Pro

Mito Gear 50 Pro

Untuk Gizmo friends yang ingin tampil beda, tidak ada salahnya melirik merek produk lokal satu ini. Ya, Mito sudah cukup banyak merilis seri smartwatch, termasuk rilisan beberapa tahun lalu yang bahkan dilengkapi dengan kamera. Kini hadir Mito Gear 50 Pro dengan harga Rp399 ribu (dari harga normal Rp699 ribu).

Secara tampilan, Mito Gear 50 Pro jadi smartwatch murah paling nyentrik. Sejatinya perangkat ini punya desain dasar generik, namun setiap pembeliannya dilengkapi dengan tiga strap tambahan, dan tiga ring untuk berikan aksen tambahan pada bagian bezel layar luarnya. Layarnya sendiri berukuran 1,4 inci, sementara baterai 300 mAh diklaim bisa standby sampai 30 hari.

Fitur health tracker pada smartwatch murah satu ini juga cukup lengkap. Selain denyut jantung dan SpO2, bahkan bisa cek tekanan darah secara langsung. Meski hasilnya jangan dijadikan patokan dalam rekam medis pasien ya.

3 OASE Horizon W1

OASE Horizon W1

Baru saja diluncurkan pada akhir bulan April lalu, OASE Horizon W1 hadir dalam tampilan yang cukup simpel nan elegan, sembari punya fitur kesehatan lengkap. Dirilis oleh merek yang dikenal dengan lini aksesori terjangkau, dan umumnya menjadi bonus bundling dalam pembelian smartphone OPPO.

Dengan harga resmi Rp699 ribu, OASE Horizon W1 juga dijual secara flash sale di situs e-dagang Shopee seharga Rp549 ribu. Bodinya gunakan material zync alloy dengan ketebalan hanya 12mm saja. Sementara strap karetnya punya lebar 20mm, dan bisa dilepas-pasang. Layarnya 1,28 inci IPS dengan resolusi 240×240 piksel.

Smartwatch murah dari OASE ini dilengkapi berbagai sensor untuk hadirkan fitur kesehatan seperti mencatat aktivitas denyut jantung, jumlah langkah, kualitas tidur, SpO2 hingga suhu kulit lewat sensor temperatur built-in. Diklaim tingkat akurasinya tinggi, hanya selisih 0,2 derajat celsius saja. Plus daya tahan baterai 7 – 10 hari.

4 ODEVA SERVAS

ODEVA SERVAS

Sejatinya, merek yang satu ini juga merilis smartwatch yang tampilan dan fiturnya persis seperti penawaran OASE di atas. Untuk itu, kami pilih yang punya tampilan berbeda. ODEVA SERVAS dibanderol seharga Rp679 ribu, punya tampilan bodi yang kurang lebih mirip seperti Amazfit GTS. Alias layar yang mengotak, dengan lengkungan kaca menarik.

Diameter layarnya cukup besar di 1,69 inci IPS, sementara baterainya diklaim tahan di rentang 7 – 10 hari. Fitur utama yang ditawarkan, selain thermometer, denyut jantung dan SpO2 adalah mendukung mode berenang meski sertifikasinya belum 5 ATM. Sementara untuk jenis olahraga yang bisa dideteksi, jumlahnya ada lebih dari 10.

ODEVA SERVAS juga punya strap berbahan karet yang bisa digonta-ganti. Sementara tampilan watchface-nya juga bisa dikustomisasi, termasuk dengan foto pribadi. Fitur lainnya tergolong standar, dan bisa disambungkan ke smartphone Android maupun iOS.

5 realme Watch 2

realme Watch 2

Menjadi yang paling mahal, realme Watch 2 punya fitur yang tidak kalah lengkap dengan tampilan paling premium. Meski ukurannya kompak, disematkan layar 1,4 inci yang punya kerapatan piksel tinggi di 323ppi, plus kecerahan maksimum sampai 600 nits. Dengan lengkungan kaca 2.5D.

Terdapat tiga sensor yang disematkan pada bodi smartwatch murah realme terbaru satu ini; akselerometer 3 sumbu, denyut jantung hingga oksigen darah. Maka tak heran bila fitur pendeteksi kesehatannya lengkap, hanya saja belum dilengkapi fitur ekstra seperti pengecekan suhu hingga tensi darah.

Melalui pembaruan perangkat lunak, realme Watch 2 bisa mendeteksi lebih dari 90 jenis olahraga. Sementara daya tahan baterainya sanggup bertahan hingga 12 hari. Dan ketahanan airnya satu tingkat lebih tinggi dibandingkan kompetitor, yaitu IP68. Mendukung tampilan watch face bergerak yang beri kesan mewah.

Itulah lima pilihan smartwatch murah kurang dari sejuta, yang mendukung fitur kesehatan lengkap termasuk pengukur kadar saturasi oksigen dalam darah atau SpO2. Tinggal kamu sesuaikan dengan budget serta preferensi tampilan masing-masing ya!

Tinggalkan komen