Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review ASUS ExpertBook P1440FA: Andal dan Terjangkau untuk Bisnis

0 6.360

Pada September 2019 yang lalu, ASUS mengumumkan rebranding untuk segmen bisnis dari ASUSPRO menjadi ExpertBook. Produsen komputer asal Taiwan ini ingin memperkuat segmen komersial bisnis dan profesional dengan serangkaian produk, salah satunya adalah ASUS ExpertBook P1440FA.

Dirancang dengan kebutuhan bisnis dan prioritas yang selalu berubah, jajaran produk ExpertBook pada dasarnya memadukan teknologi terbaru dengan desain minimalis. Hasilnya, seperti pada ASUS ExpertBook P1440FA yang tampil sebagai laptop ringan sekaligus kuat dengan desain minimalis dan elegan. Sehingga cocok dengan lingkungan profesional. Meski demikian ASUS tetap mengedepankan aspek ergonomis dan fungsionalitas yang dapat digunakan di berbagai skenario penggunaan.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai berbagai fitur dan kelebihan yang ditawarkan pada laptop ini, yuk simak review ASUS ExpertBook P1440FA selengkapnya berikut ini.

Desain

ASUS ExpertBook P1440FA desainKesan sebagai laptop bisnis langsung terasa begitu melihat laptop ini. Berbeda dengan seri Zenbook yang lebih stylish, seri ASUS ExpertBook P1440FA lebih menekankan kepada fungsi untuk kebutuhan bisnis. Sehingga desainnya pun terlihat lebih kaku dan tegas.

Dimensi dari ASUS ExpertBook P1440FA yakni 340 x 250 x 23.2 mm (WxDxH). Terhitung cukup tebal untuk sebuah perangkat yang perlu tempat penyimpanan dan dibawa bepergian. Namun bobotnya terhitung ringan, yakni hanya 1.6 kilogram, berkat penggunaan material alumunium tipis.

Laptop ini terlihat memaksimalkan fungsionalitasnya untuk kebutuhan bisnis, dengan banyaknya beraneka colokan port di tiap bagian sisi laptop. Port sangat melimpah di sini.  Asus mengklaim bahwa desain laptop ini dibuat dengan tujuan yang jelas. Untuk memberikan fleksibilitas, serba guna, dan kenyamanan bagi para pebisnis dalam mengolah hasil kerjanya. Asus menyebutnya sebagai business-focused design.

Tak hanya itu, laptop ini juga memiliki engsel bersudut 180°. Engsel flat-lay yang kokoh ini memiliki gerakan 180° penuh. Sehingga bisa menampilkan sudut pandang maksimal yang nyaman di lingkungan apa pun, seperti penggunaan di lokasi industri, atau untuk berbagi layar yang mudah dalam rapat.

Oh iya, satu hal yang perlu menjadi perhatian. Laptop ini labelnya bukan ExpertBook, melainkan ASUSPRO. Tidak perlu bingung, karena ASUS ExpertBook P1440FA adalah produk yang lahir di masa transisi. Di mana saat rebranding, desain perangkatnya sudah diproduksi.
Baca juga: Review Asus ROG Phone II: Layak Beli dari Segala Sisi

Display

ASUS ExpertBook P1440FA layarBeranjak ke bagian lain, yakni display laptop. ASUS ExpertBook P1440FA memiliki luas layar 14 inci dengan rasio 16:9. Terdapat perbedaan spesifikasi kualitas yang ditentukan harga dan penggunaan prosesor. Meski berbasis LED backlit, namun ada dua pilihan layar yakni High Definition (HD) dan Full-HD. Kedua jenis tersebut sama-sama memiliki refresh rate 60Hz dengan panel anti-glare, meredam pantulan cahaya, 45% NTSC.

Keberadan fitur anti-glare dalam sebuah layar laptop, sangat membantu mengurangi efek lelah pada mata saat menatap layar terlalu lama. Karena selain mereduksi refleksi cahaya pada layar, juga mampu menampilkan efek kontras dan ketajaman warna lebih baik. Terutama ketika laptop digunakan untuk bekerja luar ruang.

Port dan Konektivitas

Seperti sudah disinggung di atas, ASUS ExpertBook P1440FA  sangat memaksimalkan fungsionalitasnya untuk kebutuhan bisnis, dengan banyaknya beraneka colokan port di tiap bagian sisi laptop.

Ada tiga port USB di sebelah kiri, dan satu buah di sebelah kanan. Sisi sebelah kiri memang yang paling diprioritaskan untuk port. Karena selain USB, ada port LAN, HDMI, dan port VGA yang jarang ditemukan pada laptop lansiran terbaru. Juga port charging berbentuk bulan di paling ujung.

Port VGA dan LAN, meski sudah mulai usang, masih banyak digunakan dan kompatibel dengan ragam perangkat penunjang presentasi di berbagai tempat. Pada beberapa rancangan proyektor seri lama, bahkan belum menunjang konektivitas menggunakan HDMI. Meskipun demikian, Asus tetap menyertakan port HDMI ke dalam laptop ini sebagai penunjang multimedia bersamaan dengan port audio jack.

Pada kebutuhan akses lewat USB. Kamu dapat memanfaatkan empat buah port pilihan, yakni 3 buah port untuk USB type A 3.0 (3.1 Gen1) dan satu buah USB type A 2.0. Kesemuanya dapat dipakai untuk beragam perangkat pendukung presentasi bisnismu.

Sementara di sebelah kanan, selain satu buah USB, ada port jack audio. Tersisa ruang yang banyak, untuk menampung piringan DVD walau ini sifatnya opsional. Karena pada unit yang kami review, belum ada DVD player-nya.

Mouse, HDD eksternal, maupun DVD-ROM eksternal dapat dipasangkan bersamaan. Bila masih kurang, di sana masih ada satu port SD card reader. Satu hal yang absen di sini adalah tidak adanya port USB type C yang biasa ditemukan di laptop baru.

Kebutuhan konektivitas nirkabel dapat dipenuhi dari WiFi Integrated 802.11a/b/g/n. Dan tentu saja konektivitas via Bluetooth. Dua hal yang lazim kita temukan pada sebuah laptop peruntukkan bisnis seperti ini.

Sebelum melanjutkan, tonton dulu videonya berikut ini

Fitur Lain

Laptop bisnis milik Asus biasanya dilengkapi dengan standarisasi militer dalam aspek materialnya. Begitupun dengan seri ASUS ExpertBook P1440FA ini, yang telah menempuh pengujian perangkat militer MIL-STD 810G. Dari pengujian tersebut, Asus menjamin bahwa laptop seri bisnisnya ini mampu menghadapi kerasnya perjalanan hidup seorang businessman.

pengujian ala militer yang dilakukan antara lain, altitude operation (bertahan di bawah 15.000 kaki pada simulasi terbang), low temperature (di bawah -31°C dalam keadaan power on selama 3 hari), high temperature (bertahan pada suhu 43°C, power on selama 3 hari), serta humidty test.

Selain itu, storage laptop juga dilakukan pengujian tersendiri. Kurang lebih mirip seperti keseluruhan perangkat, yakni altitude, low dan high temperature operation. Untuk membuktikan bahwa datamu akan aman-aman saja dalam situasi ekstrim semacam itu. Keadaan yang rasanya agak jarang dipraktikkan para pebisnis modern, ya. Tapi siapa yang tahu, kan?ASUS ExpertBook P1440FA fitur

Asus juga menyediakan opsi tambahan berupa TPM atau Trusted Platform Module chip. Fungsinya untuk meningkatkan proteksi terhadap data dan transaksi yang dilakukan lewat laptop. Dengan membaca input pada password atau enkripsi sidik jari (yang juga bersifat opsional). TPM juga dapat berfungsi memblokir akses ke dalam laptop apabila ditemukan kejanggalan pada saat boot-up.

Kedua fitur tersebut, memang tidak hanya sekadar tambahan. Justru mungkin menjadi highlight terbaik dari laptop bisnis ASUSPRO P1440F. Karena tidak ada yang lebih berharga dari sebuah data bisnis yang tersimpan pada sebuah laptop.

Performa ASUS ExpertBook P1440FA

ASUS ExpertBook P1440FA memiliki tiga varian spesifikasi berbeda. Pilihan yang dibuat untuk memperluas rentang pasarnya. Dan perbedaan mendasar terdapat pada inti kerja laptop itu sendiri, meski semuanya berada di seri prosesor U alias Ultra Low Power.

Intel Core i7 10510U/8565U, i5 10210U/8265U, dan i3 10110U/8145U merupakan pilihan prosesor yang dapat kamu pilih. Sementara kartu grafisnya terintegrasi dengan basis arsitektur Intel UHD Graphic 620. Pada kesempatan pengujian ini, saya sendiri mendapatkan unit berasis prosesor Intel i5.

Prosesor pada ASUS ExpertBook P1440FA pada generasi Comet Lake (CML-U), sejak diumumkan pada Agustus 2019 lalu. Generasi ini memiliki kemiripan dengan prosesor era Whiskey Lake. Dengan kemampuan kerja antara 1.6 GHz sampai dengan 4.2 GHz, berkat dukungan penggunaan HyperThreading 8.

Dibantu memori RAM onboard sebesar 4/8 GB membuat proses menjalankan ragam aplikasi pada laptop dapat berlangsung lebih smooth. Memori tersebut masih dapat ditingkatkan hingga 20 GB sampai 24 GB SDRAM. Asus menyediakan slot tambahan yang mudah diakses pada bagian bawah casing laptop. Membukanya cukup melepas satu baut saja.

Bagian penyimpan menjadi salah satu kelebihan dari ASUSPRO P1440F. Pada unit yang saya ujikan, terdapat satu buah penyimpanan Solid State Drive (SDD) SATA 3.0 M.2 dengan memori sebesar 256 GB. Tidak hanya itu saja, karena Asus ternyata menyediakan sebuah port SATA yang belum terisi. Biasanya bagian tersebut digunakan sebagai tempat DVD-ROM.

Namun di unit yang saya uji sengaja dibiarkan kosong tertutup casing bawaan. Nah, bila kamu memilih “menanam” HDD, maka laptop ini akan memiliki dua buah penyimpanan memori internal. Hal tersebut akan meningkatkan efisiensi kerja karena memisahkan antara memori untuk aplikasi dan data pada dua tempat berbeda.

Konfigurasi tersebut didukung baterai berkekuatan 4-Cell Wh yang mampu bertahan sekitar 8-10 jam dalam pemakaian aplikasi kerja casual. Dalam praktiknya pun, laptop ini akan kesulitan menjalankan aplikasi gaming kelas berat. Maka lifetime baterai pun dapat digunakan lebih maksimal.

Kesimpulan

Laptop seri bisnis dalam perspektif Asus memang memiliki karakteristik berbeda dibandingkan seri lain. Pada ASUS ExpertBook P1440FA, karakter tersebut terlihat dari desain minimal namun dibekali kemampuan militer handal.

Konfigurasi perangkat pun dibuat dengan tujuan yang jelas. Tidak neko-neko, tanpa gimmick, namun tetap tepat guna sesuai peruntukkannya. Dengan harga jual yang relatif terjangkau di kisaran 7 sampai 13 juta rupiah, membuat laptop ini dapat menjadi opsi menarik.

Spesifikasi ASUS ExpertBook P1440FA

ASUS ExpertBook P1440FA
Klik pada gambar untuk spesifikasi detail

General

  • Device Type
    Laptop Bisnis
  • Model / Series
    ASUS ExpertBook P1440FA
  • Released
    11 September, 2019
  • Status
    Available
  • Price
    Rp8.490.000 ([Ci5-8265/256GB SSD/4GB), Rp6.999.000 (I3-8145 - 4GB - 1TB)

Platform

  • Processor
    Intel® Core™ i7 8565U / Intel® Core™ i5 8265U / Intel® Core™ i3 8145U
  • VGA (Graphic Card)
    Integrated Intel UHD Graphics 620
  • RAM (Memory)
    4 GB DDR4 2400MHz SDRAM Onboard memory, up to 24 GB SDRAM(Optional)
  • Storage
    Hard drive: 1TB 5400 rpm SATA HDD; Solid state drive: 512GB PCIe® Gen3 x2 SSD M.2 / 256GB
  • Operating System
    Windows 10 Home

Body

  • Dimensions
    340 x 250 x 23.2 mm, bobot 1.6 kg with battery
  • Display
    14.0" (16:9) LED-backlit HD (1366x768) Anti-Glare 60Hz Panel with 45% NTSC
    14.0" (16:9) LED-backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare 60Hz Panel with 45% NTSC
  • Battery
    44WHrs, 4S1P, 4 cell Li-ion

Connectivity

  • Webcam
    VGAWebcam HD 720p CMOS module
  • Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices.
    Built-in Bluetooth V4.1
  • Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world.
    Dual Band 802.11ac (WIDI Support)
  • NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
  • I/O Interface
    1 x COMBO audio jack
    1 x VGA port
    1 x Type-A USB2.0
    3 x Type-A USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1)
    1 x RJ45 LAN jack for LAN insert
    1 x HDMI
    1 x Fingerprint reader
    1 x SD card reader
    1 x AC adapter plug

Other

  • Audio
    Built-in 2 W Stereo Speakers with Microphone
  • Features
    Security: Kensington lock, TPM (Trusted Platform Module) (Optional), Fingerprint reader, fTPM (Firmware-based Trusted Platform Module)

    - Color: Grey
    - 3 tahun garansi hardware global. *berbeda di setiap negara

 

81%
Powerful!

Review ASUS ExpertBook P1440FA

Sebagai laptpo bisnis, ASUS ExpertBook P1440FA memiliki karakter desain minimal namun dibekali kemampuan militer handal. Dengan harga jual yang relatif terjangkau di kisaran 7 sampai 13 juta rupiah, membuat laptop ini dapat menjadi opsi menarik bagi para pebisnis.

Beli
ASUS ExpertBook P1440FA di Blibli
  • Design
  • Display
  • Port & Connectivity
  • Features
  • Performance

Tinggalkan Balasan