Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

5 Tips Tangkal Serangan Siber Berbasis Email di Indonesia

Cara lama yang masih efektif memakan banyak korban bagi yang tidak tahu atau lupa. Serangan siber berbasis email masih menargetkan korporat atau organisasi yang belum menerapkan kontrol keamanan email yang kuat dan prakter terbaik.

Menurut laporan Verizon Data Breach Investigations, dua-pertiga malware yang diinstal sebenarnya dikirim melalui email. Untuk mendapatkan akses ke jaringan organisasi, kriminal di dunia maya sering menggunakan teknik phishing atau teknik rekayasa sosial dalam email, sehingga menghitung kesalahan manusia atau kurangnya pengetahuan keamanan dunia maya untuk mengelabui pengguna agar memberikan kredensial masuk atau memulai transaksi penipuan, serta tanpa sadar meng-instal malware, ransomware, dan muatan berbahaya lainnya. Di sinilah peretas atau pelakon kejahatan dunia maya menemukan celah untuk melakukan serangan siber berbasis email.

“Perusahaan harus memastikan bahwa mereka memiliki kontrol keamanan yang kuat untuk mendeteksi dan mencegah serangan email ini,” kata Edwin Lim, Country Director Fortinet Indonesia.

Fortinet sendiri berbagi lima tips untuk menolak serangan siber berbasis email di bawah ini:

1.Filter Spam

Cara pertama untuk menangkal serangan siber berbasis email adalah dengan mencegah supaya spam tidak masuk ke dalam kotak masuk. Hal ini penting sebab sebagian besar penipuan email dimulai dengan email komersial yang tidak diminta. Sebagian besar aplikasi email dan layanan surat web menyertakan fitur penyaringan spam, atau cara dimana aplikasi email dapat dikonfigurasi untuk menyaring spam.

2.Waspadai Email yang Tidak Dikenal

Tips kedua mengatasi serangan siber berbasis email adalah dengan terlebih dahulu mewaspadai jika menerima email yang dikirim oleh individua tau organisasi yang tidak dikenal. Jangan membuka lampiran ke email yang tidak diminta, apalagi tautan yang tidak dikenal dalam email.

Tautan yang dibuat dengan baik dapat membawa pengguna ke alamat situs  palsu yang dibentuk untuk mengelabui mereka agar membocorkan informasi pribadi atau mengunduh virus, spyware dan perangkat lunak berbahaya lainnya.

Related Posts
1 daripada 3
Serangan siber bisa dicegah melalui langkah sederhana. Foto oleh cyberwdl.blog

3.Berhati-hati dengan Lampiran Email

Selain spam, jangan lupa juga memperhatikan lampiran dalam email sebab umumnya digunakan oleh scammer online untuk menyisipkan virus ke komputer. Virus tersebut dapat membantu scammer mencuri informasi penting dari komputer, mengorbankan komputer sehingga membuka ruang untuk serangan siber berbasis email dan penyalahgunaan lebih lanjut, bahkan mengubah komputer menjadi bot untuk dipakai dalam serangan denial-of-service dan kejahatan online lainnya.

Baca juga: Serangan Malware Targetkan Pengguna Mac, Perangkat Apple Tidak Lagi Aman?

4.Memasang Software Antivirus

Jangan lupa untuk mengunduh dan memasang program antivirus yang mempunyai fitur pembaruan otomatis. Melakukan hal ini dapat membantu pengguna mempunyai perlindungan termutakhir untuk menangkal virus yang secara langsung membantu mereka menolak serangan siber berbasis email.

5. Memasang Firewall Pribadi dan Selalu Update

Meski firewall tidak bisa mencegah masuknya email scam ke dalam kotak masuk surat pengguna, melakukan tips terakhir menangkal serangan siber berbasis email ini dapat membantu melindungi pengguna jika mereka tidak sengaja membuka lampiran penahan virus atau memperkenalkan malware ke komputer mereka. Firewall bisa berfungsi membantu mencegah lalu lintas keluar dari komputer pengguna ke penyerang. Ketika firewall pribadi mendeteksi komunikasi keluar yang mencurigakan dari komputer pengguna, itu bisa menjadi tanda bahwa pengguna secara tidak sengaja menginstal program jahat di komputernya.

 

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: