Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

realme XT vs Vivo V17 Pro, Smartphone dengan Kamera Mumpuni 

Sekarang ini, smartphone di rentang harga Rp4-5 jutaan kualitasnya sudah sangat baik. Bahkan ada yang sudah tergolong high-end. Seperti produk terbaru realme XT dan Vivo V17 Pro. Kamera tetap menjadi fitur utama dari smartphone masa kini, tak terkecuali bagi dua produk tersebut.

realme sebagai brand smartphone yang masih baru, langsung melesat di pasar. Perusahaan yang awalnya merupakan sub-brand dari OPPO tersebut sekarang telah menyabet posisi lima besar di Indonesia dan nomor 7 di tataran global. Prestasi yang tidak main-main.

Sementara itu Vivo juga telah bertahun-tahun bercokol di pasar smartphone Tanah Air. Produsen asal negeri Tirai Bambu tersebut kini menduduki peringkat ketiga sebagai merek smartphone terbesar di Indonesia versi IDC serta nomor 4 menurut Canalys dan Counterpoint.

Produk teranyar dari realme adalah realme XT yang menyuguhkan kamera 64MP, pertama di tingkat global. Sementera itu Vivo V17 Pro lebih menonjolkan keunikan kamera depan ganda pertama dengan resolusi besar.

Dalam beberapa hal, kedua ponsel tersebut memiliki kemiripan. Namun juga tak sedikit yang berbeda dan bersaing satu sama lain. Bagaimana jika keduanya diadu? Yuk simak komparasi realme XT vs vivo V17 Pro berikut ini.

Desain

Vivo V17 ProVivo V17 Pro tampil dengan dua pilihan warna yaitu satin black (hitam) dan silk white (putih). Pilihan warnanya cenderung lebih elegan, tidak penuh warna seperti ponsel di kelas yang sama. Material polycarbonate atau plastic digunakan pada cover ponsel. Sebuah pillihan yang bisa diterima, mengingat Vivo sepertinya lebih menekankan pada fitur fungsi dari ponsel daripada kosmetik belaka. Sehingga dalam hal desain pun terlihat apa adanya.

Modul kamera depan berlensa ganda dengan teknologi pop-up memberi dampak signifikan pada dimensi ponsel ini. Membuat ponsel jadi lebih gemuk, sehingga agak kurang nyaman saat digenggam dengan satu tangan. Bila hard case tambahan dipasang, maka ketebalan makin bertambah.

Desain sisi frame pada ponsel juga tidak nampak elegan. Potongan layar dan frame membuat sudut genggaman jadi kurang nyaman. Bagaimanapun, desain pada Vivo V17 Pro terasa kurang berkesan. Memang konsumen kadang lebih mementingkan kamera atau prosesor sebagai perhatian utamanya ketika hendak membeli ponsel. Namun kesan pertama saat menggenggam sebuah ponsel mestinya juga tak boleh diabaikan begitu saja.realme XT

Sementara itu realme XT secara umum feel ketika memegang mirip dengan realme 5 Pro. Terlihat mewah dan elegan dengan built quality yang kokoh. Ukurannya terasa pas, digenggam pun cukup nyaman. Warna gradasi yang cerah mencerminkan kesan yang anak muda banget.

Kesan itu makin terpancar dengan konsep desain yang dinamakan Hiperbola dengan garis cahaya yang berkilau. Konsep ini banyak digunakan di bidang matematika, arsitektur, dan astronomi. realme XT menggabungkan elemen-elemen pada 3D hot bending Gorilla Glass 5 untuk desain visual yang elegan dan menarik.

realme XT memiliki dua pilihan warna, Pearl White dan Pearl Blue. Semua warna bagus menunjukkan karakter masing-masing penggunanya, Untuk unit yang saya review adalah Pearl Blue.

Display

vivo v17 pro

Dalam hal layar, kedua ponsel ini memiliki kemiripan. Baik realme XT maupun Vivo V17 Pro sama-sama memakai layar Super AMOLED dengan resolusi Full HD+. Ada perbedaan sedikit pada ukuran di mana realme XT sedikit lebih kecil yakni 6,4” namun rasio layar-ke-bodi lebih besar 91.9%. Sedangkan Vivo V17 Pro berukuran 6,44 inci dengan aspek rasio layar-ke-bodi 91,65%.

Vivo V17 Pro menggunakan E3 OLED terbaru dengan gamut warna DCI-P3 sebesar 100%. Teknologi tersebut membuat kualitas gambar jadi lebih hidup dan otentik. Vivo juga memberikan kemampuan filter cahaya biru hingga 42%, yang mana sudah melalui uji sertifikasi TUV Rheinland.

realme XT
realme XT

Sementara realme XT menonjolkan Dark Mode yang lagi happening. Mode malam built-in akan melindungi mata Anda saat membaca atau bermain game dalam kondisi kurang cahaya. Layar Super AMOLED juga akan menghemat lebih banyak daya saat mode malam aktif.

Baik realme XT maupun vivo V17 Pro sama-sama menerapkan fitur in-display fingerprint. Keduanya juga sudah menggunakan panel Gorilla Glass generasi 6 untuk melindungi layar. Oh iya ada satu perbedaan kecil lainnya, yaitu realme XT masih menerapkan konsep waterdrop screen dengan sedikit poni di bagian atas. Sedangkan Vivo V17 Pro layarnya benar-benar penuh, sebagai efek dari kamera depan yang tersembunyi.

Kamera

Sektor kamera, inilah fitur utama yang paling ditunggu-tunggu. Kita mulai dengan realme XT yang memiliki sensor kamera resolusi ultra tinggi 64MP, sensor kamera resolusi tertinggi yang pernah ada di ponsel. Ponsel ini memakai sensor 1/1.72″ GW1 besutan Samsung dengan resolusi 64MP ultra-besar. Ukuran sensornya 34% lebih besar dari sensor 48MP yang disertai fitur binning piksel 4-in-1. Kamera menghasilkan aperture besar f/1.8, serta lensa 6P dengan kemampuan menangkap cahaya yang superior, memberikan realme XT kemampuan fotografi tingkat flagship.

Bersama dengan teknologi ISOCELL Plus, sensor Samsung GW1 64MP menggunakan teknologi piksel Tetracell 4-in-1 untuk menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi satu piksel besar berukuran 1.6μm. Teknologi Tetracell dan 3D HDR akan memungkinkan pengguna mengambil foto-foto yang jernih.

Pengaturan Quad Camera mampu mengambil foto beresolusi 9216×6912 yang sangat detail dalam mode Ultra 64MP. Ukuran foto akan 4 kali lebih besar dari pemotretan 16MP, memberikan detail yang sangat tajam saat diperbesar.

Selain itu, realme XT hadir dengan 3 lensa tambahan: lensa ultra wide-angle, lensa ultra macro, dan lensa potret. Kamera ultra wide-angle memiliki bidang pandang 119 derajat yang memiliki besaran hingga 50% lebih luas dari ukuran normal, dan mesin DLDC realme dengan cerdas mengoreksi distorsi pada bagian tepi. Lensa ultra macro memungkinkan pengguna untuk menemukan keindahan dunia mikro dengan jarak pemotretan 4cm.

Sektor kamera menjadi menu utama dari hadirnya Vivo V17 Pro. Enam buah lensa kamera ditanamkan pada ponsel ini memang menjadi highlight tersendiri. Dengan tiap lensa memiliki fungsi dan besaran kapasitas berbeda.

Fitur paling ditonjolkan adalah kamera dual pop-up menjadi yang terdepan. Ini salah satu fitur utama dari Vivo V17 Pro. Di kelasnya, keberadaan dua kamera depan jelas belum ada tandingan. Kamera depan Vivo V17 Pro memiliki kapasitas resolusi berbeda. Lensa wide-nya berukuran 32MP (f/2.0), sementara lensa ultra-wide berukuran 8 MP, 17 mm dengan sudut maksimal 105 derajat. Efek yang dihasilkan dua kamera swafoto tentu amatlah besar. Dalam artian kita bisa mengambil lebih banyak objek masuk dalam frame.

Untuk memaksimalkan kamera depan ini juga diperlukan kombinasi dengan fitur yang menyertai. Salah satunya adalah nightmode, yakni kemampuan menangkap cahaya dari AI kamera untuk menghasilkan gambar lebih terang di lingkungan minim cahaya. Selain itu, keberadaan fitur bokeh dan beauty pada kamera depan membuatnya jadi lebih menyenangkan. Juga ada banyak fitur lain seperti AR sticker, live photo, sampai panorama. Asyik juga sih.

Dari kamera depan kaya fitur, kita beralih ke kamera utama di belakang yang powerful. Lensa utamanya berkekuatan 48 MP (f/1.8), PDAF. Kamera utama ini dilengkapi dengan sensor Sony IMX582. Hasil foto kamera dengan sensor Sony sudah diakui mampu memberi kualitas mumpuni. Terutama ketika mengambil gambar di lingkungan minim cahaya.

Selanjutnya adalah lensa kamera untuk opsi foto yang berbeda. Pertama untuk hasil foto ultrawide melalui resolusi 8 MP (f/2.2), yang mampu menangkap sudut hingga 120 derajat. Sangat luas. Kemudian ada kamera bokeh 2 MP yang memberi efek blur sebagaimana sudah kita ketahui bersama.

Satu fungsi lain ialah super makro yang bisa didapat dari lensa 2 MP. Inilah fitur kamera terbaru yang banyak ditemui pada ponsel berkonsep empat kamera belakang. Penggunaannya sangat bergantung pada kreativitas pengguna. Terutama bila hendak mengambil foto dari jarak sangat dekat. Dibutuhkan kreativitas di sana.

Tentu saja ke semua fungsi kamera tersebut sudah ditunjang dengan lampu flash yang terletak di antara deretan lensa. Belum lagi fitur-fitur berbasis AI kamera yang menyertai, seperti posture, panorama, sampai beauty.

Dan bicara kamera Vivo, tak sekadar bicara kemampuan untuk fotografi. Tapi juga ada fitur video di sana. Bagusnya, Vivo V17 Pro sudah mengakomodir kemampuan rekam gambar bergerak hingga resolusi 4K. Itupun masih ditambah dengan kemampuan rekam gerak lambat (slow motion), maupun cepat (time lapse).

Performa

Vivo V17 Pro memakai pilihan chipset populer dari Qualcomm Snapdragon 675. Meski terlihat tanggung karena ponsel pesaing lain sudah memakai Snapdragon seri 7xx. Dari pengujian yang digelar situs Versus.com pun, menunjukkan keunggulan telak dari seri 7. Di antaranya CPU lebih cepat 2,82 %, sampai kemampuan download  yang juga lebih cepat hingga 33,3 %. Lumayan signifikan terutama bila kamu cukup chipset-minded saat hendak membeli ponsel.

Chipset tadi masih didukung memori RAM 8 GB dan ROM internal 128 GB. Pengguna bisa sangat leluasa untuk menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan. Ditambah menyimpan ribuan file di satu ponsel yang sama. Tapi tunggu dulu, meski terasa ideal Vivo V17 Pro ternyata tidak dilengkapi dengan slot untuk micro SD eksternal. Jadi tak ada pilihan untuk menambahkan kapasitas memori di sana.

Kemudian pasokan daya bisa didapatkan lewat baterai berkapasitas 4.100 mAh dengan fitur dual engine fast charging 18 W. Mampu menjadikan proses pengisian baterai menjadi lebih cepat. Menariknya Vivo membekali baterainya dengan sembilan layer pelindung untuk pengisian baterai yang lebih aman.

realme XT menjadi pembuktian bahwa realme terus berusaha meningkatkan kemampuan produk-produknya tapi tetap dengan rentang harga paling pantas. Salah satu contoh dari peningkatannya adalah di bidang performa. realme tidak mau main-main dalam melempar produk. Mereka selalu berikan performa yang mumpuni seperti melalui chipset dan kapasitas memori setingkat flagship.

Pada bagian dapur pacunya, realme XTmemakai prosesor Snapdragon 712 AIE. Chipset generasi baru besutan Qualcomm ini memiliki proses 10nm dan meningkatkan kecepatan clock menjadi 2,3 Ghz.

Pihak Qualcomm mengklaim peningkatan tersebut mengarah pada 10% peningkatan kinerja keseluruhan dan 35% peningkatan kinerja grafis jika dibandingkan dengan generasi chipset sebelumnya. Selain itu, keberadaan mesin AI 3.0 sangat meningkatkan efisiensi dalam pengenalan suara, pemrosesan gambar, dan optimalisasi.

Belum lagi kekuatan chipset itu dikombinasikan dengan kapasitas memori yang tergolong besar di kelasnya. realme XT menawarkan memori dalam dua pilihan konfigurasi memori di ponsel ini, salah satunya adalah dengan kombinasi RAM 8GB + 128GB.

Jenis memori internalnya juga UFS 2.1 sehingga bisa memberikan kecepatan membaca dan menulis lebih cepat. Dengan dua pilihan kapasitas RAM, memungkinkan para calon pengguna untuk lebih fleksibel dalam memilih konfigurasi yang sesuai dengan kebutuhan. Jika memori internalnya masih kurang cukup, jangan khawatir, karena masih bisa diperbesar dengan penggunaan kartu memori microSD sampai 256GB.

Performa kencang diikuti dengan performa pengisian daya baterai yang juga kencang. realme XT dibekali baterai 4000mAh serta telah tertanam teknologi VOOC Flash Charge 3.0. Meskipun cepat, namun teknologi pengisian daya ini bisa mempertahankan performa maksimal baik ponsel maupun pengisian daya.

Tidak seperti kompetitor yang kebanyakan masih berada di angka 18 W, teknologi VOOC Flash Charge 3.0 memiliki keluaran 20W. Jadi hanya perlu bawah satu jam setengah saja untuk mengisi penuh realme XT. Saat bermain game berat terus menerus selama 1 jam, teknologi pengisian daya ini bahkan dapat mengisi ulang ponsel hingga 51%, 5 kali lebih cepat dari pengisian normal sambil menjaga ponsel tetap dingin. Fitur hemat daya layar dan pendinginan AI semakin mengurangi konsumsi daya dan memperpanjang usia baterai.

Kesimpulan

Vivo V17 Pro merupakan ponsel yang jelas-jelas hadir untuk memenuhi hasrat fotografi. Enam buah lensa kamera di belakang dan depan berpadu menyajikan konsep fotografi yang makin kaya. Pop-up motorik kamera depannya mampu membuat layar terbebas dari notch yang mengganggu. Dan kamera inilah yang jadi kekuatan utama ponsel.

Hanya saja, Vivo V17 Pro yang dibanderol di harga Rp5 jutaan seperti mengorbankan sektor dapur pacunya. Meski masih memanfaatkan chipset populer namun dengan seri lebih rendah untuk pasar menengah. Maka ada yang ditingkatkan, ada pula yang dikurangi. 

Sementa itu realme XT memang memiliki keunggulan utama di kamera utamanya yang beresolusi 64MP. Tapi tidak hanya itu, realme XT turut berikan performa yang super cepat dalam bidang komputasi hingga pengisian daya baterai. Ini menjadikannya kandidat yang sangat tepat dimiliki oleh pengguna aktif yang tidak suka membuang-buang waktunya.  Semuanya serba maksimal. Dengan harga jual Rp4 jutaan untuk varian 8GB+128GB, realme XT menjadi smartphone terbaik di kelasnya saat ini.