Sony WF-1000XM4 Diresmikan, Punya Noise Cancelling Terbaik

Setelah diluncurkan pertama kali secara global pada awal bulan Juni kemarin, Sony Indonesia bergerak cepat untuk hadirkan perangkat audio TWS paling canggih mereka untuk para konsumen di Tanah Air. Sony WF-1000XM4 pun diresmikan, dengan banderol harga yang kurang lebih sama seperti harga globalnya.

Earphone TWS memang menjadi jauh lebih populer, terutama dalam masa pandemi. Konsumen memerlukan aksesori audio yang praktis, berkualitas baik untuk mendengarkan musik serta untuk dampingi panggilan video, plus reliabilitas mikrofon dan baterai tentunya. Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia juga yakini bila headphone selalu menjadi perangkat yang temani kegiatan sehari-hari.

Baca juga: Update Sistem Playstation 5, Sony Harapkan Feedback dari Para Gamer

Sony WF-1000XM4 hadir dengan banyak peningkatan bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yang tidak di-diskontinyu, melainkan dijual sebagai opsi yang lebih murah. Sementara versi terbaru hadir bagi mereka yang inginkan teknologi noise cancelling terbaik, mikrofon berperforma tinggi serta peningkatan lainnya.

Punya Banyak Fitur Canggih Berkat Prosesor Baru

Sony WF-1000XM4
(kiri-kanan) Kazuteru Makiyama – President Director PT Sony Indonesia, Ali Ichsan – Product Manager Video & Sound PT Sony Indonesia, dan Abdurahman Tirza – Product Marketing Video & Sound PT Sony Indonesia.

Pertama kali di Sony WF-1000XM4, dibenamkan Integrated Processor V1 untuk berikan noise cancellation terbaik di industri, dipadukan dengan cip QN1e. Setiap earbud dilengkapi dengan dua mikrofon khusus untuk mendeteksi kebisingan, masing-masing menghadap ke luar dan ke dalam. Desain driver barunya juga turut andil dalam berikan noise cancelling terutama pada frekuensi rendah.

Lalu untuk berikan efek kedap lebih maksimal, material eartip kini menggunakan bahan busa poliuretan unik, memaksimalkan area kontak permukaan antara earbud dengan kanal telinga. Sementara untuk penggunaan luar ruangan dengan kondisi berangin, mode Automatic Wind Noise Reduction otomatis mendeteksinya, dan meredam kebisingan.

Meski dirancang kedap dengan bahan eartip khusus, Sony WF-1000XM4 juga dilengkapi dengan fitur canggih, Speak to Chat, dibawa dari lini headphone mereka. Ketika terdeteksi adanya percakapan dari pengguna dengan sekitar, secara otomatis perangkat akan menjeda musik, dan memperdengarkan suara sekitar layaknya ambient mode. Bila sudah selesai, musik akan otomatis berjalan kembali. Juga memanfaatkan fitur Precise Voice Pickup Technology.

Sony WF-1000XM4 Mendukung Codec LDAC

Sony WF-1000XM4

Untuk memaksimalkan kualitas suaranya, desain dari Sony WF-1000XM4 dirancang ulang, lebih ergonomis dan menyesuaikan rongga telinga. Bahkan terdapat fitur khusus pada aplikasinya untuk memastikan ukuran eartip yang sesuai. Desain earbud-nya sendiri 10% lebih kecil, sementara wireless charging case-nya 40% lebih kecil dari WF-1000XM3.

Lewat driver 6mm di tiap earbud, Sony WF-1000XM4 juga sudah mendukung 360 Reality Audio dari platform streaming tertentu. Standarnya sendiri sudah mendukung High Resolution Audio Wireless dengan codec LDAC, dapat menyalurkan data hingga 990kbps. DSEE Extreme juga hadir untuk tingkatkan kualitas musik digital yang terkompresi, secara real-time menggunakan AI.

Dan walaupun desainnya jauh lebih kompak, daya tahan baterainya cukup fenomenal. Mencapai 12 jam non-stop, atau 8 jam dengan ANC. Sementara charging case-nya bisa mengisi dua kali daya penuh, alias maksimum sampai 36 jam. Tentunya, juga mendukung pengisian daya nirkabel.

Harga TWS Sony WF-1000XM4

Sony WF-1000XM4

Di Indonesia, Sony WF-1000XM4 hadir dalam warna Hitam dan Silver. Konsumen bakal dapat membelinya secara langsung mulai Agustus 2021 mendatang, dengan banderol harga Rp3,999 juta. Ya, memang ada harga premium yang harus dibayar untuk perangkat yang punya sertifikasi IPX4 ini.

Namun bila konsumen ingin memesannya lebih dulu, program pre-order telah dibuka hingga 25 Juli mendatang. Selama masa tersebut, pelanggan mendapat special bundling berupa pengisi daya nirkabel. Bisa dilakukan secara luring dan daring lewat Sony Authorized Dealer.

Tinggalkan komen