Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Bocoran Nubia Z18 Ikuti Tren Desain Tanpa Bezel

“Membuka masa depan”. Begitulah terjemahan bahasa Mandarin dari undangan peluncuran Nubia Z18 yang akan berlangsung. Bocoran sebagaimana terkandung dalam teaser tersebut mengkonfirmasi fitur yang sebelumnya sudah wara-wiri di media, salah satunya desain tanpa bezel.

Setelah beberapa produsen smartphone lainnya, seperti VIVO dengan VIVO NEX S-nya, memilih semakin mengurangi porsi bezel, kini Nubia Z18 mencoba menawarkan desain yang tanpa bezel sekali pun.

Seperti dilaporkan oleh gsmarena.com dengan mengacu pada situs ini, Nubia Z18 kemungkinan besar akan mengusung susunan kamera ganda yang tertata horizontal dengan pembaca sidik jari berupa di samping kiri ponsel. Kunci volume dan daya terdapat pada sisi ujung kanan sedangkan wadah USB Type-C, mic, hingga speaker pada dasar gawai ini.

Beberapa fitur penting sebagaimana terlihat dalam sertifikasi keluaran TENAA adalah Snapdragon 845 SoC buatan Qualcomm, display berbentang 5,99 inci dengan resolusi 1080p. Lalu ada varian pilihan 6/8GB RAM dan 64/128GB sebagai ruang penyimpanannya.

Related Posts
1 daripada 215
Bocoran sketsa Nubia Z18. Foto oleh playfuldroid.com

Bagian kamera Nubia Z18 akan menghadirkan kamera belakang ganda 24MP + 8MP dan kamera depan berkekuatan 8 MP. Sistem operasional pun dipercayakan kepada Android 8.0 Oreo. Belum ada tanggal resmi hingga kini tetapi adanya undangan tersebut mengindikasikan waktu tunggu perkenalan Nubia Z18 tak akan lama lagi.

Display yang tanpa bezel akan semakin memberi ruang pengalaman bagi pengguna untuk menonton video, film hingga bermain game. Sebelum Nubia Z18, Lenovo Z5 sempat dirumorkan akan menjadi yang pertama tanpa bezel dan “poni” sebelum akhirnya ia masih menawarkan fitur “poni” dengan bezel dipindahkan ke bagian bawah ponsel.

Xiaomi sendiri telah mengawali rancangan tanpa bezel melalui rilis seri Mi Mix dan Mi Mix 2 miliknya. Lalu VIVO baru saja memperkenalkan VIVO NEX S, yang meniadakan “poni” dan masih menyisakan “dagu” mungil di bawah display­-nya. Sayangnya jika benar-benar mempunyai ukuran layar 5,99 inci, Nubia Z18 masih kalan “longgar” dengan smartphone premium lainnya, yang sudah menawarkan layar melampaui 6 inci, lagi-lagi demi mengajak pemakai menyelami pengalaman visual lebih optimal lagi.

Baca juga: Nubia Red Magic, Smartphone Pemuas Dahaga Para Gamers