Bocoran Pertama Google Pixel 6a, Tampil Identik dengan Cip Google Tensor

Jakarta, Gizmologi – Meski sudah lama tak pernah hadir resmi di Tanah Air, smartphone rilisan Google selalu punya daya tarik tersendiri. Setelah Pixel 6 diresmikan, kini giliran Google Pixel 6a yang sudah mulai muncul rumor kehadirannya. Alternatif smartphone terjangkau yang bakal rilis tahun 2022.

Sebelum Pixel 6, Google sudah rilis Pixel 5a pada pertengahan tahun 2021. Meski tergolong masih baru, perangkat tersebut masih berwujud dan mengusung spesifikasi mirip dengan Pixel 4a 5G—hanya dengan beberapa penyempurnaan seperti baterai lebih besar dan harga yang lebih terjangkau. Berikan value cukup tinggi dengan kualitas kamera khas Pixel.

Kini muncul tampilan render perdana Google Pixel 6, yang dibocorkan oleh 91Mobile bekerja sama dengan OnLeaks, di mana render-render sebelumnya tergolong cukup akurat. Tentu tidak mengejutkan bila tampilannya mirip dengan Pixel 6. Namun ini bisa menjadi nilai positif, karena akhirnya desain dari Pixel A series jadi jauh lebih modern.

Baca juga: Fingerprint Sensor Pixel 6 Kurang Responsif, Ini Alasan Resmi Google

Pixel 6a Tak Dilengkapi Jack Audio

Google Pixel 6a

Dari gambar di atas, Google Pixel 6a terlihat identik mulai dari material serta desain kamera belakangnya. Informasi dari OnLeaks sendiri, dimensi fisik dari Pixel 6a sedikit lebih kecil dari Pixel 6 reguler, memiliki ketebalan 8,7mm (dan maksimum 10,4mm pada bagian modul kameranya). Ada sedikit perbedaan pada bagian tersebut.

Selain tinggi modul kamera yang tidak sebesar Pixel 6, peletakan sensor kamera Pixel 6a juga sedikit berbeda. Terlihat dua sensor kamera yang peletakannya lebih mepet ke bagian kiri modul, sementara LED flash disematkan pada bagian pinggir kanan. Lalu bagaimana dengan setup sensor kameranya?

Google Pixel 6a

Belum ada informasi jelas, tentunya. Namun selama ini, Pixel A series selalu gunakan sensor yang sama dengan Pixel biasa. Rumor terbaru Pixel 6a yang muncul setelah foto render ini, sensornya bakal setingkat di bawah Pixel terbaru. Sehingga kemungkinan besar bakal tetap usung Sony IMX363.

Sementara bila ditilik dari bagian samping, terlihat bila Google Pixel 6a memiliki slot kartu SIM di sisi sebelah kiri. Lalu di seberangnya terdapat tombol power yang berada di atas tombol volume. Sayangnya, tidak terlihat keberadaan jack audio 3,5mm, padahal sebelumnya tak pernah absen untuk konsumen yang lebih senang dengarkan lagu menggunakan earphone kabel.

Gunakan Sensor Sidik Jari di Dalam Layar

Google Pixel 6a

Dengan dimensi fisik yang lebih kecil, dikabarkan bila Google Pixel 6a bakal mengusung layar yang juga lebih kecil, yakni 6,2 inci, lengkap dengan in-display fingerprint sensor. Tentu ini bakal menjadi angin segar bagi para peminat Pixel dengan dimensi lebih kompak, mengingat generasi-generasi sebelumnya selalu hadir dalam dua ukuran yang berbeda.

Kapasitas RAM-nya sendiri diperkirakan berkisar antara 6/8GB, dengan penyimpanan internal seluas 128GB. Sementara untuk chipset-nya sendiri, dari rumor lainnya, bakal sama-sama gunakan cip Google Tensor. Cip tersebut memang bukan yang terbaik secara benchmark, namun memiliki kemampuan AI yang sangat baik. Mampu berikan fitur seperti Magic Eraser untuk hapus obyek mengganggu pada foto.

Oh ya, bagi kamu yang menanti-nanti smartphone ini, perlu mengingat kalau baik Pixel 5a dan Pixel 6 membutuhkan waktu kurang lebih enam bulan sejak render perdananya bocor di internet. Jadi kalau bocoran Google Pixel 6a baru muncul sekarang, besar kemungkinan baru akan dirilis pada pertengahan tahun 2022.

Tinggalkan komen