iQOO 8 Series Bawa Layar E5 AMOLED & Snapdragon 888+, Harga Mulai Rp8 Jutaan

China, Gizmologi – Rutin meluncurkan produk baru yang membawa kombinasi desain serta performa terbaik, sub-brand milik vivo, iQOO baru saja meluncurkan smartphone terbarunya untuk semester kedua 2021 ini. Membawa bahasa desain yang sejenis dengan generasi sebelumnya, iQOO 8 series diperbarui dengan chipset dan layar superior.

Seri iQOO sendiri bisa dibilang hadir dengan produk-produk flagship killer, membawa spesifikasi tinggi untuk masing-masing segmen harga, alias tidak hanya segmen menengah ke atas saja. Dan pada bulan Agustus ini, iQOO hadirkan opsi terbaru setelah rilis iQOO 7 Legend di bulan April lalu. Yang juga mengusung cip terbaik Qualcomm di masanya.

Sejak kehadiran Snapdragon 888 Plus, beberapa vendor memang perbarui produk terbaiknya, sebut saja ASUS yang juga baru meluncurkan ROG Phone 5s series. Namun iQOO 8 series hadir berbeda, membawa peningkatan yang lebih banyak dari seri sebelumnya. Meski tampil dalam kemasan yang familiar.

Baca juga: Vivo iQOO Neo5, Smartphone Gaming Snapdragon 870 Harga Rp5 Jutaan

Seperti tahun lalu, iQOO kembali bekerja sama dengan BMW, untuk hadirkan opsi warna khusus dengan aksen garis atau stripe khas BMW. Tak hanya itu iQOO 8 juga tersedia dalam opsi warna electrochromic yang bisa berubah dari putih ke jingga cerah. Sementara iQOO 8 Pro tersedia juga dalam edisi balap, mengusung desain carbon fiber berwarna hitam pada bodi belakangnya.

Spesifikasi iQOO 8, Gunakan Chipset Terbaik Qualcomm

IQOO 8

iQOO 8 tampil dengan layar flat 6,56 inci beresolusi full HD+. Layar tersebut sudah mendukung refresh rate 120Hz, cakupan warna DCI-P3 100% dan kecerahan layar 1200 nits. Disebutkan bila terdapat cip khusus yang mampu meningkatkan frame rate video dengan konsumsi daya minim, plus konversi konten SDR ke HDR.

Selain membawa Snapdragon 888 Plus, bodi perangkat ini juga dibuat lebih tipis di 9,6mm, dan tetap bisa mengusung baterai lebih besar yaitu 4,350 mAh. Dengan dukungan 120W fast charging, mengisi daya lewat kabel dari kosong hingga penuh hanya membutuhkan 18 menit saja.

Uniknya, bagian layar dilengkapi dua titik yang sensitif terhadap tekanan, sehingga pengoperasian empat jari bisa dilakukan lewat dua hari saja. Setup kameranya cukup efektif; 48MP Sony IMX598 dengan gimbal OIS, 13MP ultra-wide, dan 13MP portrait 2x optical zoom.

Karena diluncurkan di China, iQOO 8 series bakal jalankan OriginOS. iQOO berikan fitur khusus seperti AI subtitle—sejenis fitur Live Caption di Android 11, serta Smart Privacy Protection yang melindungi aplikasi pihak ketiga saat hendak mengakses data dari clipboard atau aplikasi pesan.

iQOO 8 Pro Punya Kamera Lebih Superior

IQOO 8 Pro

Hadir sebagai varian terbaik, iQOO 8 Pro tingkatkan kualitas layar dengan desain curved, dimensi 6,78 inci, plus yang pertama kali gunakan layar E5 AMOLED dari Samsung, meraih nilai A+ dari lembaga pengujian DisplayMate. Punya resolusi 1440p dengan dukungan warna 10-bit.

Meski sama-sama punya tiga kamera belakang, sensor yang digunakan sepenuhnya berbeda. Sensor utamanya beresolusi 50MP, gunakan Sony IMX766V f/1.75, sensor 48MP ultra-wide, dan telephoto 16MP. Sama-sama menggunakan in-display fingerprint sensor, bidangnya dibuat lebih luas.

Kapasitas baterainya sedikit lebih besar di 4,500 mAh. Selain fast charging lewat kabel, iQOO 8 Pro juga dilengkapi teknologi 50W wireless fast charging. Kecepatan tersebut hanya bisa dicapai lewat aksesori pengisi daya nirkabel khusus, yang memiliki kipas pendingin internal.

Tentunya, iQOO 8 series baru diluncurkan di negara asalnya terlebih dahulu. Varian standar dengan opsi memori 8/128GB dibanderol CNY3,799 (Rp8,4 jutaan). Sementara untuk iQOO 8 Pro, opsi tertinggi dengan memori 12/512GB dijual seharga CNY5,999 (Rp13 jutaan).

Tinggalkan komen