alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Nokia C01 Plus Diresmikan, Smartphone Android Go Sejutaan

Pada bulan April 2021 lalu, HMD Global sebagai pemegang lisensi tunggal smartphone Nokia baru saja memperkenalkan tiga portofolio terbaru, plus umumkan jenis penamaan smartphone yang bakal digunakan ke depannya, menggunakan huruf dan dua angka. Jadi opsi yang paling murah, Nokia C01 Plus baru saja diperkenalkan di Rusia.

Tak pernah merilis flagship (kecuali Nokia 8.3 5G yang sejatinya juga bukan sepenuhnya flagship), HMD justru merilis cukup banyak smartphone dengan spesifikasi cekak. Mungkin mereka masih melihat potensi penjualan yang tinggi, terutama di wilayah negara berkembang. Nokia C01 Plus pun dihadirkan, dengan tampilan luar yang sama persis dengan Nokia C1 Plus.

Perbedaannya hanya ada pada opsi warna yang baru, dengan dua warna yang mirip seperti seri lebih mahal, Nokia 5.4. Desainnya sangat simpel menggunakan material plastik, serta setup satu kamera di belakang dan depan. Tidak ditemukan adanya sensor sidik jari, sementara permukaannya dibuat bertekstur serta tahan percikan air.

Baca juga: Lolos TKDN, Nokia G10 & G20 Bakal Segera Dijual Resmi di Indonesia?

Spesifikasi Nokia C01 Plus Masih Sederhana

Nokia C01 Plus

Tampilan depan smartphone Nokia murah ini juga bisa dibilang tertinggal, meski rival sekelasnya seperti Galaxy A01 Core dan Redmi Go juga masih punya bezel yang tebal. Dimensi layarnya juga tergolong mini untuk standar smartphone masa kini, yaitu 5,45 inci dengan rasio 18:9 serta resolusi HD+.

Bezel tebal di bawah hanya digunakan untuk logo Nokia, sementara di bagian atas memang cukup padat; kamera 5 Megapiksel, earpiece dan sebuah tambahan LED flash. Diletakkan bersebelahan, menjadi pembeda dari seri sebelumnya. Punya ketebalan 9,3mm, bobotnya tergolong ringan di kisaran 157 gram saja. Berkat hardware yang minimalis.

Nokia C01 Plus

Peningkatan yang dibawa ke Nokia C01 Plus ada pada sektor performa dan baterai. Masih gunakan cip dari UNISOC, kali ini seri yang digunakan adalah SC9863A. Meningkat dengan basis octa-core, dari yang sebelumnya masih quad-core. Kapasitas RAM-nya cukup cekak di 1GB, sementara penyimpanan internal 16GB bisa di-ekspansi menggunakan kartu microSD sampai kapasitas 128GB.

Lalu pada sektor baterai, meningkat 500 mAh, dari 2,500 mAh saja di C1 Plus, kini menjadi 3,000 mAh pada Nokia C01 Plus. Kapasitas yang memang sangat kecil, namun HMD mensiasatinya dengan menggunakan sistem operasi Android 11 Go edition. Supaya masih bisa berjalan optimal, meski kapasitas RAM hanya 1GB sekalipun.

Selain adanya kamera 5MP di sisi belakang, pada sektor konektivitas, Nokia C01 Plus mendukung Bluetooth 4.2 serta 4G LTE. Terdapat dua slot kartu nano SIM dan tentunya jack audio 3,5mm. HMD berikan aksesori termasuk silicone case dan pengisi daya dalam paket penjualan, meski arusnya hanya 5W saja, lewat port micro-USB.

Harga Nokia C01 Plus

Nokia C01 Plus

Hadir sebagai versi penyegaran yang sedikit lebih bertenaga, Nokia C01 Plus diresmikan pertama kali secara daring di situs resmi Nokia Rusia, lewat metode pre-order. Hadir dalam warna Purple dan Blue, harganya mencapai RUB6,490, atau kisaran Rp1,2 jutaan.

Secara chipset, smartphone ini lebih bertenaga dari penawaran termurah Samsung, hanya saja dengan kamera lebih sederhana. Namun bakal jauh tertinggal bila dibandingkan dengan Redmi 9A, yang kini harganya berada di kisaran sama. Punya layar dan baterai lebih besar plus chipset lebih kencang.

Tinggalkan komen