Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Nokia C1 Plus, Android 4G Sejutaan Terbaru dari HMD Global

0 4.133

Dengan adanya sistem operasi Android Go, para pembuat smartphone bisa hadirkan Android dengan harga yang sangat murah. Karena tak memerlukan prosesor serta memori yang besar untuk performa yang optimal. HMD Global, selaku pemegang lisensi merk smartphone Nokia, kembali rilis produk low-end yaitu Nokia C1 Plus.

Menyasar mereka yang mencari smartphone 4G murah, Nokia C1 Plus adalah seri terbaru dari lini C series yang membawa misi untuk berikan pengalaman smartphone terjangkau ke semua orang. Secara desain, terlihat identik dengan Nokia C1 yang hadir tahun lalu. Namun HMD berikan beberapa peningkatan seperti versi Android dan tampilan layarnya.

Lewat sebuah rilis di situs resminya, Juho Sarvikas, Chief Product Officer dan VP of North America untuk HMD Global, menyatakan bila Nokia C1 Plus teruskan kesuksesan Nokia C1 yang hadir tanpa konektivitas 4G. dengan tetap menawarkan nilai kepercayaan dan reliabilitas khas smartphone Nokia, bodinya diklaim cukup tangguh, meski hanya terbuat dari polikarbonat.
Baca juga: Review Nokia C3: Rumput Tetangga Jauh Lebih Hijau

Spesifikasi Nokia C1 Plus

Nokia C1 Plus

Desain bodi belakangnya memang terlihat polos, hanya ada logo Nokia dengan satu sensor kamera di tengah. Setidaknya HMD berikan dua opsi warna yang cukup menarik untuk Nokia C1 Plus, yaitu biru dan merah. Dimensinya cukup kecil, dengan ketebalan 8,75mm dan bobot 146 gram, cocok untuk smartphone sekunder.

Karena dimensinya yang kecil, otomatis ukuran layarnya pun tergolong mini. Ditambah lagi bezel atas dan bawah yang masih cukup tebal, sehingga hanya memiliki bentang luas 5,45 inci. Setidaknya, resolusinya meningkat menjadi HD+, untuk kerapatan piksel yang lebih baik. Yang cukup unik, HMD sematkan lampu kilat di sebelah kamera depannya.

Baik kamera depan maupun belakang punya resolusi 5MP, meski hanya sensor kamera belakang yang dilengkapi autofocus. Walau terjangkau, HMD masih bisa sematkan fitur seperti HDR. Dan dalam rilis, mereka cukup pede untuk menyebutkan bila smartphone murah terbarunya sudah pas untuk kebutuhan konten TikTok.

Untuk urusan dapur pacu, HMD sendiri tak menyebutkan jenis chipset yang diusung. Namun clock-speednya mencapai 1,4GHz dengan konfigurasi quad-core, meningkat sedikit dari 1,3GHz pada Nokia C1. Sementara kapasitas RAM-nya 1GB, dengan penyimpanan internal 16GB. Masih bisa ditambah kartu microSD yang dukung kapasitas hingga 128GB.

Supaya tidak memberatkan kinerja, sistem operasi Android 10 Go edition digunakan di Nokia C1 Plus. Selain aplikasi-aplikasinya yang lebih ringan memori, aplikasi seperti YouTube Go juga bisa dimanfaatkan untuk menekan kuota, supaya lebih hemat paket data.

Dan walaupun kapasitas baterainya hanya 2,500 mAh, HMD berani mengklaim bila Nokia C1 Plus sanggup digunakan seharian. Untuk opsi keamanan, kamera depannya bisa dimanfaatkan sebagai pendeteksi wajah saat membuka kunci layar. Sementara spesifikasi sisanya tergolong standar, termasuk penggunaan port micro-USB dan kehadiran jack audio 3,5mm.

Harga Nokia C1 Plus

Nokia C1 Plus

Nokia C1 Plus bakal mulai masuk ke pasar global mulai Desember ini. Menjadi smartphone 4G termurah dari HMD, harga ritel yang ditawarkan adalah 69 Euro, atau sekitar Rp1,1 jutaan. Umumnya, harga Euro bakal sedikit lebih mahal dari harga ketika sudah masuk resmi di pasar Asia Pasifik.

Dengan begitu, otomatis smartphone ini bakal berkompetisi bersama dengan Samsung Galaxy A01 Core, yang sudah hadir resmi di Tanah Air. Bila dibandingkan, layar Nokia sedikit lebih besar. Namun kalah unggul dalam sektor kamera utama, resolusi perekaman video sampai kapasitas baterainya.