Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Samsung Galaxy A80 Resmi Meluncur, Hadirkan Kamera Putar-Geser Inovatif

Laporan langsung A Galaxy Event dari Bangkok, Thailand

Di ajang A Galaxy Event yang digelar serentak di tiga negara Thailand (Bangkok), Brazil (Sao Paulo) dan Italia (Milan), Samsung meluncurkan produk terbarunya di jajaran Galaxy A. Smartphone dengan tipe Samsung Galaxy A80 ini diciptakan untuk para digital native yang ingin berinteraksi, bermain dan berbagi tanpa kehilangan momentum.

Menurut Samsung, kini semakin banyak orang menggunakan smartphone untuk berbagi interaksi secara langsung. Seperti mengambil foto spontan, streaming live video dan saling terhubung dalam suatu peristiwa dan dibagikan pada saat itu juga. Kita bergerak dari ‘era selfie’ ke ‘era live’, di mana orang-orang membina hubungan yang apa adanya dan bermakna.

Nah, Samsung Galaxy A80 menawarkan inovasi yang mendukung tren tersebut dengan display full-screen yang menawan, kamera berputar revolusioner pertama Samsung dan baterai cerdas.

Fitur Samsung Galaxy A80

Berbagai rumor yang bereda di dunia maya benar adanya. Galaxy A80 adalah smartphone pertama Samsung yang memiliki kemampuan geser-putar alias sliding-rotating. Tiga kamera secara otomatis pop-up dari bagian belakang smartphone ketika pengguna mengaktifkan aplikasi kamera, kemudian berputar ke arah depan.

Hal ini membuat baik kamera depan maupun belakang memiki kemampuan yang sama persis kualitasnya. Ada tiga kamera yang disertakan di ponsel ini, yaitu kamera utama 48MP, kamera ultra wide, dan sensor kamera 3D (ToF). Hal ini membuat Samsung Galaxy A80 menawarkan fitur Live Focus yang tidak hanya dapat diaplikasikan untuk foto tetapi juga video.

Kemudian terdapat Fitur Super Steady yang sebelumnya sudah diperkenalkan di Galaxy S10 series yang membantu menangkap konten dengan mudah, mengurangi guncangan dan memastikan gambar mulus layaknya kamera video pro.

Dengan fitur cerdas pada kamera seperti Scene Optimizer yang dapat mengenali dan meningkatkan hingga 30 adegan, dan Flaw Detection yang secara otomatis mengidentifikasi gangguan sebelum Anda menangkap gambar, Anda tidak akan pernah melewatkan hasil foto yang sempurna.

Layar Infinity Sepenuhnya

Kamera depan dianggap mengganggu penampilan, karena tidak bisa membuat layar bisa benar-benar penuh. Nah, tren yang mulai digunakan sekarang adalah dengan menyembunyikan kamera depan.

Related Posts
1 daripada 216

Samsung jelas bukan yang pertama, karena sebelumnya sudah ada Oppo dan Vivo yang menyembunyikan kamera depan dan akan muncul secara pop up ketika ditampilkan. Hanya saja, pendekatannya yang berbeda. Karena jika di Oppo dan Vivo kamera depan masih ada, sementara di Samsung Galaxy A80 tidak dibedakan.

Samsung Galaxy A80 memiliki layar FHD+ Super AMOLED 6,7-inci yang menyajikan tampilan dengan detail yang jelas. Kemudian untuk audio memakai Dolby Atmos yang memanjakan telinga. Ponsel ini memiliki baterai berukuran 3.700 mAh dilengkapi Super-Fast Charging 25W serta
fitur manajemen baterai cerdas.

Harga dan Ketersediaan

Samsung Galaxy A80 tersedia dalam tiga warna Angel Gold, Ghost White, dan Phantom Black dengan desain yang ramping dan ergonomis.

Sayangnya belum ada kabar mengenai kapan produk ini akan di Indonesia. Menurut Irfan Rinaldi, Product marketing manager Samsung Electronic Indonesia,  perangkat ini akan diluncurkan pada akhir Mei atau awal Juni setelah lebaran.

Harga Galaxy A80 pun masih belum diumumkan. Namun jika melihat produk tertinggi A sebelumnya yang diluncurkan tahun lalu yakni Galaxy A9, maka harganya pun tidak jauh di angka itu. Yakni di kisaran Rp7-8 juta. Bagaimanapun itu perkiraan kami, kita tunggu saja.

Btw, kamu bisa mendengarkan podcast kami yang membahas Galaxy A80 di Spotify.

 

Spesifikasi Samsung Galaxy A80