OPPO A93s 5G Bawa Setup Tiga Kamera 48MP, Smartphone 5G Rp4 Jutaan

China, Gizmologi – Seolah masih belum cukup hadirkan pilihan smartphone 5G kelas menengah terjangkau, vendor asal China yang juga banyak luncurkan perangkat IoT seperti TWS dan wearables, OPPO kembali rilis perangkat baru di negara asalnya. Dinamakan OPPO A93s 5G, Spesifikasi yang diusungnya tergolong unik.

Pasalnya, meski penamaannya punya nominal angka lebih besar, tak membuatnya mutlak lebih baik dari OPPO A74 5G, sudah lebih dulu hadir resmi di Indonesia. OPPO A93s 5G adalah satu dari sekian banyak smartphone yang ditenagai oleh cip 5G paling populer dari MediaTek, menjadi salah satu cara untuk menekan harga jualnya.

Meski faktor tersebut tak kemudian membuat performanya jadi kurang. Secara tampilan, smartphone ini terlihat mirip dengan penawaran di Tanah Air, mulai dari modul kamera hingga peletakan sensor sidik jari yang berada di samping. Perbedaan mencolok hanya ada di logo 5G serta kombinasi warna berbeda.

Baca juga: Dijual Perdana di Indonesia, Ini Pertimbangan Pengguna Memilih OPPO Reno6

Secara dimensi, OPPO masih membuatnya relatif tipis dan ringan. Lebih ringan 2 gram dari A74 5G, OPPO A93s 5G memiliki bobot 188 gram, dengan ketebalan hanya 8,4mm. Relatif tipis, mengingat kapasitas baterai tergolong besar, dan dilengkapi sistem pendingin mutakhir untuk jaga performa lancar termasuk gaming.

Spesifikasi OPPO A93s 5G, Gunakan Cip MediaTek

OPPO A93s 5G 001

Tampak depan dari OPPO A93s 5G bisa dibilang persis dengan saudara sekelasnya, termasuk A93 5G yang rilis duluan awal tahun ini. Panel IPS yang diusungnya memiliki luas 6,5 inci, beresolusi full HD+ dan mampu menyala cukup cerah sampai 600 nits.

Tentunya supaya kekinian, sudah mendukung refresh rate hingga 90Hz dan touch sampling rate dua kali lebih tinggi. Mendukung standar warna 100% DCI-P3, disematkan sebuah sensor kamera 8MP berjenis punch-hole pada sudut atas kirinya. OPPO tak menyebutkan proteksi layar yang dimiliki perangkat 5G terjangkau satu ini.

Untuk urusan dapur pacu, cip Mediatek Dimensity 700 octa-core dipadukan dengan kapasitas RAM 8GB. Dan agar proses multitasking bisa berjalan lebih lancar, fitur memory expansion mampu mengambil porsi penyimpanan internal yang luas yaitu 256GB. Dengan jumlah VRAM maksimal 5GB, RAM pada OPPO A93s 5G dapat meningkat sampai 13GB.

Tak hanya itu, sistem pendinginnya juga cukup spesial, miliki lima lapis penyebar panas tiga dimensi untuk menekan panas temperatur hingga 12 derajat Celsius. Dan agar proses gaming tetap lancar, fitur HyperBoost dari ColorOS terbaru mampu atur penggunaan hardware agar lebih mengutamakan kelancaran gim.

Dan supaya proses bermain bisa berjalan lama, baterai berkapasitas 5,000 mAh di dalamnya diklaim sanggup dipakai untuk main gim hingga 9 jam. Pengisian dayanya pun sudah cukup kencang berkat fast charging 18 watt.

Harga OPPO A93s 5G Lebih Mahal dari A74 5G

OPPO A93s 5G

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, perangkat ini tak seutuhnya lebih unggul dari OPPO A74 5G. Yang paling terlihat adalah setup kamera belakangnya, hanya memiliki tiga sensor saja dengan sensor utama 48MP. Tanpa ultra wide-angle, dua lainnya hanyalah sensor 2MP untuk foto potret dan makro.

OPPO A93s 5G hadir dalam tiga warna berbeda, yang bila diterjemahkan menjadi Summer Night Star River (hitam), White Peach Soda (gradien putih) ­dan Early Summer Light Sea (biru). Terdiri dalam satu varian memori saja, harga jualnya mencapai CNY1,999 alias Rp4,4 jutaan.

Bakal dijual mulai akhir bulan Juli, harganya terpaut lebih mahal dari OPPO A74 5G, yang punya kamera lebih lengkap serta chipset Snapdragon terbaru yang efisien daya. Menurut Gizmo friends, perlukah seri ini hadir di Tanah Air?

Tinggalkan komen