Samsung Galaxy F42 5G Bawa Layar Besar 90Hz & Tiga Kamera 64MP

India, Gizmologi – Bila Gizmo friends sudah merasa seri smartphone Samsung di Indonesia terlalu banyak, maka bakal lebih kaget lagi bila berkunjung ke negara tetangga yaitu India. Selain seri A, S, M dan R Note, juga ada seri Galaxy F, dan Galaxy F42 5G jadi seru terbaru yang diluncurkan.

Menjadi merek smartphone yang paling tepercaya di India, tak heran bila Samsung bisa cukup jumawa untuk rilis banyak seri tanpa takut produknya tak laris di pasaran. Pilihan perangkat kelas entri hingga menengahnya pun punya spesifikasi yang lebih bersaing, terutama sejak satu tahun belakangan. Samsung Galaxy F42 5G sendiri didesain khusus konsumen Gen Z dan milenial.

Baca juga: Samsung Galaxy M52 5G Punya Profil Sangat Tipis, Baterai Tetap Prima

Menurut Aditya Babbar, Senior Director & Head, Mobile Marketing, Samsung India, Galaxy F42 5G adalah smartphone 5G pertama dalam seri Galaxy F, mendukung 12 band berbeda untuk kompabilitas tinggi. Serta mengusung beberapa keunggulan lain pada bagian layar, kamera dan chipset untuk berikan paket lengkap bagi konsumen.

Spesifikasi Galaxy F42 5G Mirip Seri Lainnya

Galaxy F42 5G

Kalau Galaxy M umumnya adalah Galaxy A yang lebih murah, apakah Galaxy F juga sama? Jawabannya benar. Karena Galaxy F42 5G sendiri merupakan wujud lain dari Galaxy A22 5G. Sedikit perbedaan ada pada opsi warna, serta desain modul kamera belakangnya yang punya aksen tambahan. Sama-sama mengusung sensor sidik jari pada samping bodi.

Mengingat lebih banyak pengguna smartphone kini habiskan waktu dengan streaming video, Samsung Galaxy F42 5G dilengkapi dengan layar besar 6,6 inci dengan resolusi full HD+. Menariknya, layar tersebut memiliki refresh rate 90Hz. Meski desainnya masih gunakan waterdrop notch, serta belum pakai panel AMOLED.

Notch tersebut digunakan untuk menyimpan sebuah sensor kamera 8MP. Sementara di belakang, setup tiga kamera Galaxy F42 5G tergolong cukup efektif; selain sensor utama 64MP yang mendukung mode malam, juga ada sensor ultra wide-angle 5MP dan sensor potret 2MP. Diberikan beberapa fitur ekstra seperti Pro Mode dan Hyperlapse, plus mode khusus untuk tingkatkan obyek makanan.

Untuk mendukung kegiatan streaming video, diberikan teknologi Dolby Atmos yang bekerja baik secara nirkabel lewat Bluetooth, maupun dengan earphone kabel lewat jack audio 3,5mm. Kapasitas baterai Galaxy F42 5G sendiri 5,000 mAh, mendukung fast charging 15W via port USB-C. Baterai yang cukup besar untuk smartphone dengan ketebalan 9mm.

Harga Lebih Murah Dari Galaxy A22 5G

Galaxy F42 5G

Sementara untuk menunjang performa, chipset MediaTek Dimensity 700 pada Galaxy F42 5G dipasangkan bersama kapasitas RAM sampai 8GB, plus penyimpanan internal luas 128GB. Dan bukan smartphone Samsung namanya kalau tak mendukung kartu microSD sampai kapasitas 1TB. Berikan keleluasaan dalam menyimpan file.

Jalankan Android 11 dengan tampilan antarmuka terbaru One Ui 3.1, Samsung Galaxy F42 5G hadir dalam dua opsi warna; Matte Black dan Matte Aqua. Keduanya bakal mulai dijual di India mulai 3 Oktober mendatang, hadir dalam dua pilihan RAM yaitu 6GB & 8GB.

Harganya? Masing-masing bakal dijual seharga INR17,999 & INR 19,999, atau bila dikonversikan ke rupiah menjadi sekitar Rp3,4 jutaan & Rp3,8 jutaan. Signifikan lebih murah dari harga Galaxy A22 5G di India, apakah juga bakal diboyong ke Tanah Air?

Tinggalkan komen