Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Dari Desain Flip Sampai 5G, Ini 5 Tren Smartphone yang akan Booming pada 2019!

Gizmolovers, sudah mulai menebak apa saja tren smartphone 2019 belum? Pesatnya kemajuan teknologi dan ketatnya persaingan antar vendor ponsel pintar bikin pasar gawai cukup panas sepanjang 2018. Makanya bukan hal aneh kalau sejumlah perusahaan smartphone ambil ancang-ancang dengan membaca prediksi tren yang bakal digemari pangsa pasar.

Related Posts
1 daripada 173

Beberapa inovasi baru untuk ponsel pintar lahir pada 2018. Namun, pada 2019, 5 fitur berikut ini diramal bakal jadi tren di pasar smartphone. Apa saja itu? Yuk simak di bawah ini.

Tren Smartphone 2019

1 Ponsel pintar lipat

Ponsel pintar lipat
Ponsel lipat (Foto: Ist)

Desain flip phone atau ponsel pintar sempat booming pada awal 2000-an sebelum meredup di akhir dekade tersebut. Akan tetapi, Gizmolovers, siapa sangka kalau vendor ponsel pintar mulai berlomba-lomba mengeluarkan gawai dengan desain serupa!

Samsung, Xiaomi, Oppo, dan Huawei adalah empat perusahaan yang telah mengumumkan rencana untuk merilis flip smartphone. Sejauh ini, desain dari Samsung, Oppo, dan Huawei yang sudah tersebar. Apa kamu penasaran dan tertarik mencoba ponsel pintar lipat tersebut tahun depan?
Baca juga: 5 Produsen Smartphone Ini Dikabarkan Siap Merilis Ponsel Pintar Lipat pada 2019

2 Hilangkan poni dengan kamera pop-up & pinholes

Hilangkan poni dengan kamera pop-up & pinholes

Vivo Nex dan Oppo Find X merupakan dua smartphone yang sudah menghadirkan inovasi kamera geser atau pop-up. Vivo Nex memakai mekanisme geser pada kamera swafoto saja, begitupun Oppo Find X menggeser sebagian bodi atas saat kamu mengaktifkan kamera depan. Berkat fitur tersebut, kamera yang dipakai buat swafoto disembunyikan saat tidak diaktifkan. Konsep itu pula yang akan membuat fungsi notch atau ‘poni’ pada ponsel layar penuh dihilangkan. Tidak menutup kemungkinan kamera geser bakal diaplikasikan pada lebih banyak smartphone pada 2019.

Selain itu, upaya untuk meniadakan poni pada layar bezel-less alias FullView adalah dengan memilih desain berbentuk lubang (pinhole) pada sisi kiri atas display ponselnya untuk menaruh kamera depan.  Bocoran ponsel yang akan mengusung konsep ini adalah Huawei Nova 4. Selain itu, Samsung belum lama ini mengumumkan display Infinity-O terbaru yang menerapkan konsep serupa. Bahkan, rumor menyebut Samsung Galaxy S10 sudah akan menggunakan konsep desain ini nantinya.

Nah, kamu lebih suka model kamera pop-up atau pinhole?
Baca juga: Tidak Pakai Poni, Begini Desain “Lubang” untuk Kamera Depan Huawei Nova 4 

3 Jumlah kamera semakin banyak

Jumlah kamera semakin banyak

Masih menyoal kamera, Gizmolovers. Ternyata para vendor ponsel pintar tergoda menambah jumlah kamera pada produk mereka. Tren smartphone 2019 ini sebenarnya sudah muncul pada Samsung Galaxy A9 edisi 2018 yang menyematkan empat kamera di bagian belakang! Setiap kamera mempunyai fungsi masing-masing, antara lain telephoto, wide, RGB/monokrom, dan lain sebagainya.

Sayangnya, konsep ini dianggap ‘boros’ karena bakal membebani spesifikasi smartphone. Beberapa ponsel pintar dengan kamera tunggal juga masih bisa menghasilkan jepretan berkualitas, salah satunya Google Pixel 3. Namun alih-alih untuk hanya satu atau dua kamera saja, beberapa produsen ponsel seperti LG dan Nokia dikabarkan akan merilis ponsel dengan banyak sensor kamera sekaligus pada ponselnya. Hmmm..

Baca juga: Mantap! LG Kantongi Paten untuk 16 Lensa Kamera Smartphone

4 Sensor fingerprint pada layar

Sensor fingerprint pada layar

Jenis sensor yang satu ini dianggap sebagai salah satu solusi terbaik untuk keamanan smartphone pada 2018. Vivo V11 Pro termasuk ponsel pintar yang membenamkan sensor fingerprint pada layar alih-alih di bawah atau bagian belakangnya.

Akurasi yang dihasilkan juga cukup tinggi, sehingga kamu tak perlu cemas bakal ada orang asing yang ‘iseng’ mengakses ponselmu. Teknologi ini disebut-sebut akan terus berkembang dan diadaptasi vendor lainnya. Bahkan tak sedikit pakar yang menyebut sensor fingerprint sebagai alternatif Face Unlock.
Baca juga: Vivo V11 Pro Tampil Pede dengan Terobosan Fitur Screen Touch ID

5 Menyokong jaringan 5G

Menyokong jaringan 5G

Nah, fitur satu ini sedang kencang-kencangnya diperbincangkan di kalangan pegiat teknologi. Jaringan 5G mengalami perkembangan pesat dan menjanjikan, sehingga kemungkinannya diaplikasikan ke ponsel pintar semakin besar juga, Gizmolovers.

Xiaomi malah sudah mempunyai rencana membenamkan jaringan 5G pada Mi Mix 3 tahun depan. Pemain besar lainnya seperti Oppo, Samsung, LG, dan Vivo tak mau kalah dan dikabarkan siap menghadirkan smartphone 5G dalam waktu terdekat. Hal ini tak terlepas dari implementasi 5G yang sudah dilakukan di Tiongkok, Eropa, dan Amerika Serikat.


Melihat kelima fitur di atas, produksi ponsel pintar tahun depan ditaksir kian bergairah. Jika sudah keluar nanti, apa kamu berencana menjajal tren smartphone 2019 secepatnya?

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More