alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Google Pixel Buds A, Earphone TWS Rp1 Jutaan dengan Adaptive Sound

Setelah acara tahunan Google I/O sudah rampung digelar, umumnya sudah waktunya bagi Google untuk perkenalkan hardware terbarunya, baik smartphone maupun AIoT. Namun kali ini, giliran wearables berjenis earphone TWS yang dihadirkan lebih dulu. Dinamakan Pixel Buds A, Google mencoba untuk hadirkan kualitas audio terbaiknya di harga terjangkau.

Sebelumnya, Google sendiri telah mencoba hadirkan dua earphone nirkabel, dengan Pixel Buds 2 yang sampai saat ini jadi penawaran termewah. Hanya saja kehadiran perangkat tersebut ‘diselimuti’ oleh isu hardware yang cukup mengganggu, utamanya pengguna yang keluhkan stabilitas koneksi Bluetooth. Pixel Buds A, sebagai penerus, tentunya telah mengoreksi isu tersebut.

Sejatinya, TWS Google satu ini bukanlah sepenuhnya penerus—dari namanya, sudah bisa diketahui bila aksesori mungil satu ini merupakan versi affordable atau terjangkau. Meski secara desain fisik dan fitur kunci banyak kesamaan. Mulai dari bentuk charging case hingga earbud yang dilengkapi karet tambahan agar benar-benar presisi saat dikenakan di telinga.

Baca juga: Google Photos Tak Lagi Gratis, Ini yang Harus Kamu Ketahui

Pixel Buds A Gunakan Material Lebih Sederhana

Google Pixel Buds A

Agar bisa hadir lebih murah, tentunya pemilihan material harus diubah di beberapa sisi. Seperti bagian earbud yang gunakan plastik glossy, hingga jumlah sensor dan pin untuk isi daya yang dikurangi—Google sendiri mengklaim bahwa dengan versi baru, hanya diperlukan lebih sedikit sensor untuk berikan pengalaman dan kualitas yang serupa generasi sebelumnya.

Menggunakan standar Bluetooth 5.0, perangkat ini mendukung protokol Google Fast Pair. Artinya, bila disambungkan ke Android baru, maka di layar smartphone akan langsung muncul pop-up dan siap dipasangkan, alias tak perlu masuk ke menu Bluetooth secara manual. Karena murah, TWS baru Google ini belum dilengkapi dengan active noise cancellation.

Namun raksasa asal Amerika Serikat tersebut mengklaim suara yang sudah cukup kedap berkat desain earbud yang presisi di telinga, ditambah dengan lubang aliran udara khusus untuk efek spasial saat digunakan di area luar ruangan. Dimensi speaker tiap earbud-nya sendiri cukup besar, memiliki driver dinamis dengan diameter 12mm.

Dilengkapi Sensor Canggih & Dua Mikrofon

Google Pixel Buds A

Terdapat dua mikrofon di tiap sisi telinga untuk tingkatkan kualitas panggilan suara. Dan fitur khas Pixel Buds A seperti Adaptive Sound juga dihadirkan, secara otomatis menentukan volume sesuai dengan tingkat keramaian sekitar. Sensor lain seperti proximity dan akselerometer juga hadir, untuk hadirkan kemampuan perangkat agar bisa secara otomatis hentikan musik saat perangkat terlepas.

Permukaan kapasitif di bagian luar bisa digunakan untuk kendalikan lagu, panggilan hingga memanggil asisten Google (selain menggunakan metode suara). Namun berbeda dengan Pixel Buds 2, Pixel Buds A tak memiliki gestur untuk atur volume dengan menggesernya ke depan dan belakang. Sertifikasi IPX4 membuatnya aman ketika digunakan sambil berolahraga.

Sementara untuk daya tahan baterainya sendiri tergolong biasa saja. Masing-masing earbud bisa memutar lagu dalam volume 50% hingga 5 jam non-stop, atau 2,5 jam untuk panggilan telepon. Sementara charging case-nya bisa berikan tambahan waktu 19 jam. Membuat Pixel Buds A punya total waktu pemakaian seharian penuh alias 24 jam.

Harga Google Pixel Buds A

Google Pixel Buds A

Pixel Buds A hadir dalam dua opsi warna, yaitu Clearly White dan warna baru Dark Olive—memiliki tampilan putih di luar dan hijau pada bagian dalam case serta earbud-nya. Perangkat ini sudah tersedia secara pre-order di Amerika Serikat, dan bisa dibeli langsung pada 17 Juni mendatang.

Harganya? USD99, alias kisaran Rp1,4 jutaan. Untuk sebuah earphone TWS rilisan Google, tergolong murah, meski belum ada fitur ANC. Kemungkinan kecil perangkat ini bisa hadir resmi di Tanah Air, kecuali pihak Google bekerja sama dengan situs e-dagang lokal seperti bagaimana Google Chromecast dulu dijual resmi.

Tinggalkan komen